Kenali 5 Masalah Pada Honda Brio Ini, Sebelum Membelinya!

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
brio bekas
Honda Brio 1.3 E

OTOmart – Anda ingin membeli Honda Brio bekas untuk beraktifitas sehari-hari? Sebaiknya Anda mengetahui berbagai masalah yang sering terjadi pada Honda Brio agar Anda dapat langsung mengantisipasinya jika hal itu terjadi.

Honda Brio merupakan salah satu dari sekian banyak mobil berjenis hatchback yang terbilang cukup laris, baik di pasar mobil baru, maupun pasar mobil bekas. Saat ini, kendaraan ini telah memiliki dua generasi.

Baca Juga: Honda Brio RS vs Honda Brio Satya, Mana Yang Lebih Karismatis?

Untuk generasi pertama, desainnya terlihat lebih kecil dibandingkan generasi terbarunya yang bentuknya membulat dan nampak lebih mewah. Hatchback buatan Honda ini mempunyai 3 varian tipe yang berbeda, antara lain yaitu S M/T, E M/T, E CVT, RS M/T, dan RS CVT.

Meski begitu, Honda Brio mempunyai fitur yang lebih sedikit dibandingkan mobil LCGC lainnya. Selain itu, kendaraan ini juga mempunyai beberapa masalah sejak generasi pertama hingga model terakhirnya. Berikut ini adalah beberapa masalah yang seringkali terjadi pada Honda Brio, antara lain yaitu:

Terdapat Suara pada Bagian dasbor dan interior

Masalah utama dan seringkali dialami para pengguna Honda Brio, baik berjenis hatchback ataupun LCGC adalah suara bising yang muncul dari bagian dasbor yang kurang rapat. Biasanya, suara bising tersebut terjadi pada panel penutup airbag penumpang di bagian dasbor yang kurang rapat. Bahkan celah pada bagian ini bisa Anda temukan dengan mudah.

Selain dasbor, bagian lain yang sering menimbulkan suara bising adalah bagian bodi. Pemasangan yang kurang rapat membuat interior di dalamnya sangat bising. Kondisi ini biasanya terjadi pada Brio Satya yang merupakan segmen LCGC. Kondisi ini akan jauh lebih tidak nyaman saat Anda melewati jalan yang rusak.

Boros konsumsi bahan bakar

interior honda brio
Honda Brio 1.3 E
Baca Juga: Punya Postur Baru, Apakah Akomodasi Honda New Brio 2018 Lebih Baik?

Sejak awal diluncurkan, Honda mengklaim jika konsumsi BBM dari Honda Brio ini sangatlah irit. Namun faktanya, konsumsi BBM kendaraan ini sangatlah boros, terutama bagi pemilik Honda Brio bekas generasi pertama. Dilansir laman Carmudi.co.id, Honda Brio generasi pertama yang menggunakan mesin berkapasitas 1.3 L mempunyai konsumsi bahan bakar mulai dari 8-10 km/ liter untuk pemakaian dalam kota. Sedangkan untuk pemakaian luar kota, maka konsumsi bahan bakar yang diserap sebanyak 14 km/ liter.

Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu melakukan penyetelan klep ketika servis rutin, jika tidak terjadi masalah di bagian mesin atau suplai bahan bakar. Selain itu, Anda juga bisa menekan konsumsi bahan bakar Brio dengan berusaha berkendara secara konstan di kecepatan 60 hingga 80 km/jam atau tidak lebih dari 3.000 rpm.

Tidak mempunyai kamera mundur dan sensor parkir

Keluhan lain yang seringkali terlontar dari para pemilik Honda Brio generasi kedua adalah tidak adanya kamera mundur serta sensor parkir pada kendaraan ini.  Namun hal ini masih cukup dimaklumi karena untuk menekan harga jual.

Honda Brio RS dan Brio Satya saat ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal dibandingkan para kompetitornya, yaitu mulai dari Rp 140 juta hingga Rp 163,5 jutaan. Banderol harga ini jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan produk sejenisnya, yaitu Suzuki Ignis.

Kabin kurang senyap

Baca Juga: Modifikasi Honda Brio Bergaya Street Racing Untuk Trackday

Dibandingkan dengan kompetitor lainnya, peredaman kabin Honda Brio kurang baik. Hal ini bisa Anda jumpai pada bagian karet pintu yang kurang tebal. Solusinya adalah dengan mengganti karet pintu dengan produk aftermarket yang bahannya lebih tebal.

Namun, jika Anda melakukan hal tersebut, akan membuat akselerasi mobil menjadi sedikit lambat karen berat bobotnya yang mengalami penambahan.

Tidak ada soket charger di baris kedua

Gadget saat ini tidak bisa dilepaskan dari gaya hidup modern. Karena itu, dibutukan fitur yang menunjang untuk pemakaian gadget. Salah satunya adalah soket charger. Di Honda Brio, soket charger hanya terletak di bagian depannya saja.

Hal ini membuat penumpang yang berada di baris kedua harus terpaksa kerepotan saat ingin mengisi daya gadget atau smartphone mereka. Kondisi ini dapat diubah dengan memasang fitur tersebut di baris kedua agar penumpang tetap merasa nyaman.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Model Mobil Ini Harganya Anjlok Tapi Banyak Peminat

OTOmart – Sejumlah model mobil baik MPV ataupun SUV yang berasal dari berbagai merek...

Ini Perubahan Yang Dilakukan Suzuki Pada All New Ertiga 2020

OTOmart – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di awal tahun 2020 melakukan gebrakan dengan...

Tips Agar Performa Turbo Kijang Innova Diesel Meningkat

OTOmart – Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa mesin Toyota...

Ketahui Ciri-Ciri Mobil Yang Terendam Banjir Dengan Trik Ini

OTOmart – Di hari pertama tahun 2020, banjir melanda sebagian besar wilayah di Jakarta...

Mau Campur Angin Nitrogen Dengan Angin Biasa? Ini Penjelasannya

OTOmart – Anda biasa mengisi tekanan ban mobil Anda dengan angin nitrogen dan ingin...

Interior Mobil Anda Rusak Akibat Banjir, Segini Biaya Perbaikannya

OTOmart – Salah satu mimpi buruk para pemilik mobil yang terendam banjir adalah kotoran...