Rutin Konsumsi BBM Berkualitas Buruk, Innova Diesel Bakal Alami Hal Ini

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
innova diesel
Toyota Innova (Kaskus)

OTOmart – Salah satu mobil medium MPV yang hingga kini masih menjadi incaran para pembeli mobil bekas adalah Toyota Innova. Salah satu di antara dua pilihan varian yang paling banyak dicari adalah Innova Diesel karena dikenal irit serta mudah dalam perawatannya. Meski begitu, jangan pernah mengisi Toyota Innova diesel dengan solar berkualitas buruk.

Layaknya manusia, jika tubuhnya sering diisi dengan makanan atau minuman yang tidak baik, tentunya akan berpengaruh pada kesehatan. Hal yang sama juga berlaku bagi mobil, jika kualitas bahan bakar yang dikonsumsinya tidak baik atau buruk, maka tentu saja akan berpengaruh pada kinerja mesin dan beberapa komponen di dalamnya.

Baca Juga: Mesin Toyota Kijang Innova Diesel Sering Pincang? Ini Penyebabnya!

Seperti diketahui, bahan bakar diesel terdiri dari beberapa jenis dan setiap jenisnya mempunyai kualitas yang berbeda-beda. Hal ini banyak dipengaruhi oleh angka cetane pada bahan bakar tersebut yang cukup beragam antara satu dengan lainnya.

Contohnya adalah bahan bakar diesel Pertamina jenis Bio Solar yang mempunyai angka cetane paling rendah dibandingkan dengan jenis lainnya, yaitu berada di angka 48, dengan kandungan sulfur tercatat sebesar 3.500 Part Per Million (ppm).

Di atas Bio Solar, terdapat Pertamina Dexlite dengan angka cetane mencapai 51 dengan kandungan sulfur sebesar 1.500 ppm. Setelah itu, terdapat Pertamina DEX dengan perolehan angka cetane tercatat sebesar 53 dengan kandungan sulfur berada di bawah 300 ppm yang seringkali digunakan untuk mesin diesel modern dan telah menggunakan teknologi common-rail.

Jika Toyota Innova diesel Anda menggunakan mesin diesel berteknologi common-rail, maka sebaiknya Anda jangan menggunakan bahan bakar diesel dengan angka cetane rendah. Sebab, hal tersebut dapat membuat masa pakai beberapa komponen di dalam mesinnya akan berlangsung lebih cepat dibandingkan biasanya.

Kondisi ini terjadi karena kebanyakan mobil diesel yang telah berteknologi common-rail diatur secara elektronik sehingga akan membuat beberapa komponen di dalamnya menjadi lebih cepat rusak karena menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai.

“Tentunya mesin bakal cepat rusak jika antara jenis bahan bakar yang digunakan dengan jenis mesinnya tidak sesuai. Sebab, akan membuat filter bahan bakar diesel bekerja sangat keras untuk dapat menyaring bahan bakar dengan cetane rendah. Ini karena jelaganya sangat tinggi,” ucap salah satu pemilik bengkel mobil di wilayah Bekasi, Andrie, seperti dilansir laman Otoseken.com.

“Selain itu, kandungan sulfur berkualitas buruk dari bahan bakar diesel atau cetane yang rendah akan membuat penyaringan filter menjadi lebih cepat ditumpuki jelaga dan berbagai kotoran bahan bakar lainnya,” terangnya lagi.

Baca Juga: Mau Beli Kijang Innova Bekas? Perhatikan Beberapa Hal Ini!

Jika kondisi ini dibiarkan, tentunya akan membuat usia pakai filter bahan bakar pada Toyota Innova diesel menjadi lebih cepat. Padahal, waktu ideal untuk penggantian filter bahan bakar diesel itu sekitar 10.000 km sekali. Nah, jika Anda menggunakan bahan bakar diesel dengan kualitas yang buruk, maka penggantian filternya akan lebih cepat, yaitu 5.000 kilometer.

Apabila Anda tidak melakukan penggantian filter tersebut, maka jelaga dan kotoran akan menumpuk. Kondisi ini tentu akan membuat pasokan bahan bakar tersendat yang menyebabkan gangguan mesin, seperti mogok dan lain-lain.

“Karena itu, sebaiknya menggunakan bahan bakar dengan kualitas baik atau sesuai dengan spesifikasi pada buku manual. Hal ini untuk mencegah agar kandungan sulfur dan jelaga menjadi semakin sedikit,” terang Andrie.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Kartu Tol Hilang Saat Berada Di Jalan Tol? Ini Cara Penyelesaiannya

OTOmart – Diberlakukannya sistem pembayaran cashless pada pengguna jalan tol, tentunya perlu disadari secara...

Ford Everest Bekas, Tenaga Badak Harga Mulai Rp 70 Jutaan

OTOmart – Meski telah lama hengkang dari pasar otomotif tanah air, beberapa produk dari...

Chevrolet Trax Bekas Kini Harganya Mulai Dari Rp 150 Jutaan

OTOmart – Anda sedang mencari mobil SUV bekas namun tidak ingin agar bodinya tidak...

Resmi Meluncur, Berikut Spesifikasi dan Harga Lengkap KIA Seltos

OTOmart – Di awal tahun 2020, PT Kreta Indo Artha (KIA) melakukan gebrakan dengan...

Model Mobil Ini Harganya Anjlok Tapi Banyak Peminat

OTOmart – Sejumlah model mobil baik MPV ataupun SUV yang berasal dari berbagai merek...

Ini Perubahan Yang Dilakukan Suzuki Pada All New Ertiga 2020

OTOmart – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di awal tahun 2020 melakukan gebrakan dengan...