Market Share Toyota Terus Perkasa

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Jakarta – PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali mengumumkan terkait hasil penjualannya dalam sepuluh bulan pertama di tahun 2016. Dari data Toyota tercatat bahwa total ritel di bulan Oktober mencapai 34.499 unit atau mengalami kenaikan 19.5%, dibanding tahun 2015 sebesar 28.880 unit. Kenaikan penjualannya ini lantaran adanya respon positif konsumen terhadap produk baru yang diluncurkan, sehingga hingga kini masih menjaga laju pertumbuhan penjualan Toyota sepanjang 2016.

Melalui data penjualan di bulan Oktober lalu, maka capaian penjualan Toyota pada Januari-Oktober 2016 adalah 314.678 unit atau tumbuh 18,8%, dibandingkan Januari-Oktober 2015 sebesar 264.847 unit. Selama sepuluh bulan di tahun 2016, Toyota berhasil mempertahankan dan memperkuat posisi sebagai pemimpin pasar dengan market share 36,1%. Diharapkan pertumbuhan market share Toyota akan terus perkasa di tahun-tahun selanjutnya.

market-share-toyota-terus-perkasa

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, menyebutkan kondisi pasar otomotif nasional masih belum begitu positif, kendati sudah menunjukkan tren pertumbuhan. Hal itu terlihat dari pertumbuhan pasar nasional pada Januari-Oktober 2016 yang hanya naik 2,9% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2015.

“Kita berharap dalam dua bulan ke depan atau sampai akhir tahun, pasar otomotif dapat tetap terus meningkat. Toyota berhasil mencatatkan pertumbuhan yang cukup signifikan sehingga kami sangat berterimakasih dan memberikan apresiasi kepada pelanggan yang telah memberikan kepercayaannya terhadap produk, teknologi, dan servis yang kami hadirkan dalam semangat Let’s Go Beyond,” ujar Henry.

Sama seperti tren pasar nasional secara keseluruhan, pertumbuhan penjualan Toyota didominasi segmen MPV dan SUV. Di segmen MPV, penjualan Toyota pada Januari-Oktober 2016 di pasar ritel mencapai 197.036 unit atau naik 34,9% dibandingkan periode yang sama pada 2015 sebesar 146.075 unit. Ini membuat pangsa pasar Toyota di segmen MPV naik dari 48,3% menjadi 55,3%.

Dominasi Toyota di MPV, dimulai dari entry MPV yaitu Calya, low MPV dengan adanya Avanza & Veloz, serta Sienta, medium MPV yaitu Kijang Innova, high MPV yaitu NAV1, dan luxury MPV yaitu Alphard. Pada periode yang sama, melalui Rush di segmen medium SUV dan Fortuner di segmen high SUV membukukan total penjualan ritel 42.265 unit, atau tumbuh 32,9% dibandingkan periode yang sama pada 2015 sebesar 31.806 unit.

Toyota Fortuner berhasil tampil sebagai motor penggerak di segmen high SUV dengan akumulasi penjualan ritel Januari-Oktober 2016 sebanyak 21.745 unit atau naik 112,8% dibandingkan Januari-Oktober 2015 sebesar 10.220 unit. Pencapaian ini berhasil menempatkan Fortuner sebagai market leader dengan pangsa pasar 44,9%.

Sementara, untuk Toyota Rush angka penjualan relatif terbilang stabil yaitu 20.520 unit dibandingkan tahun lalu 21.586 unit. Segmen hatchback dan sedan secara nasional penjualannya mengalami kelesuan. Pada periode Januari-Oktober 2016, total penjualan ritel sedan secara nasional tercatat sebanyak 11.369 unit atau turun 20,3% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2015 sebanyak 14.266 unit.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Begini Cara Mencegah Radiator Rusak Usai Kredit Mobil Lunas

Otomart – Saat ini telah banyak diler yang memberikan kredit mobil bagi para para konsumennya. Hal ini tentu sangat membantu para konsumen untuk mendapatkan mobil yang diinginkannya. Pada umumnya diler akan memberikan kredit kepada para konsumen selama 5-7 tahun. Namun, … Lihat Selengkapnya

Ingin Beli Mobil Bekas Jakarta, Sebaiknya Lakukan Tips Ini

Otomart – Bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah, membeli mobil bekas merupakan pilihan terbaik jika dibandingkan dengan membeli mobil baru. Apalagi dengan kondisi jalanan Jakarta yang terkenal macet, tentu akan membuat Anda berpikir untuk membeli mobil bekas saja yang murah … Lihat Selengkapnya

Mau Beli Mobil? Sebaiknya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Dulu

Otomart – Pengaturan sistem keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah mudah, semua membutuhkan pengalaman dan pembelajaran. Apalagi jika kita melakukan pembelian beberapa barang mewah, seperti rumah, motor, mobil atau barang bernilai tinggi lainnya. Khusus untuk mobil, Anda dapat mengantisipasi rasa … Lihat Selengkapnya