Sering Lupa Ganti Oli? Siap-Siap Transmisi Matik Sering Nyangkut

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
matik
Sistem Transmisi Matik (Carmudi)

OTOmart – Salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh pembeli mobil bekas adalah kurangnya melakukan perawatan, terutama pada mobil yang menggunakan sistem transmisi otomatis. Pada mobil bekas yang sistem transmisinya adalah otomatis, sebaiknya tidak melakukan perawatan secara asal agar tidak menjadi masalah.

Salah satu masalah yang sering timbul jika perawatan pada transmisi matik dilakukan secara asal, yaitu proses perpindahan transmisi matik yang menyangkut atau tertahan pada gigi tertentu.

Baca Juga: Alasan Mengapa Ganti Oli Transmisi Matik lebih Cepat Dari Manual!

“Sekarang ini banyak pemilik mobil seken atau bekas yang menganggap remeh mengenai penggantian oli transmisi matik, baik telat atau jarang ganti,” ucap salah satu pemilik bengkel yang berada di wilayah Bintaro, Tangerang Selatan, Hermas Efendi Prabowo, seperti dilansir laman Otoseken.

Jika kelamaan, maka senyawa yang terkandung di dalam oli lama-kelamaan akan berubah selama masa pemakaian sehingga membuat daya lubrikasi menjadi berkurang.

Saat daya lubrikasi oli mulai berkurang, maka antar komponen yang bergesek akan menimbulkan partikel atau serpihan-serpihan kotor sehingga menimbulkan terjadinya endapan.

Endapan-endapan inilah yang nantinya akan menjadi penyebab terjadinya “nyangkut” yang terjadi pada komponen dalam girboks.

“Dasarnya dari nyawa transmisi otomatis itu kan oli transmisi, karena kerja serta perpindahannya membutuhkan tekanan oli,” tegas Hermas lagi.

Karena itu, perlu bagi Anda untuk melakukan penggantian oli transmisi matik secara rutin setiap menempuh jarak mulai dari 25 ribu hingga 30 ribu kilometer.

“Jika kondisi mobil ideal, agar mobil sering lancar dapat diganti setiap 50 ribu hingga 60 ribu kilometer,” ucap Hermas.

Baca Juga: Ini Yang Bikin Biaya Servis Avanza Manual dan Matik Berbeda

Jika Anda merupakan salah satu pecinta mobil bekas, maka sebaiknya benar-benar memperhatikan hal ini agar tingkat kenyamanan berkendara Anda tidak terganggu. Selain itu, melakukan penggantian oli mobil bertransmisi matik juga berfungsi untuk meningkatkan fitur keamanan di dalam mobil.

Sebaiknya Anda rutin dalam melakukan pergantian oli transmisi matik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, Anda juga sebaiknya mengerti dan paham bagaimana cara merawat transmisi matik sehingga meminimalisir pengeluaran biaya Anda.

Jika Anda mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan. Segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...

Tips Mencegah Warna Putih Pada Cat Mobil Berubah Menguning

OTOmart – Pernahkah Anda mengalami atau melihat mobil yang dulunya berwarna putih namun kini...

Tips Memilih Cairan Carbon Cleaner Yang Bagus Untuk Mesin Anda

OTOmart – Dalam membersihkan jeroan mesin, seorang teknisi pada umumnya menggunakan cairan pembersih yang...

Perbedaan Mesin Diesel dan Bensin Yang Perlu Diketahui Konsumen!

OTOmart – Mesin merupakan salah satu elemen penting pada suatu kendaraan. Sebab, tanpa menggunakan...