Pertama Kali Dalam Sejarah Mobil Low MPV, Xpander Kalahkan Avanza

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

mpv

OTOmart – Untuk pertama kalinya dalam sejarah persaingan mobil Low MPV, penjualan Toyota Avanza berhasil disalip oleh rival terberatnya, yaitu Mitsubishi Xpander. Hanya dalam kurun waktu enam bulan saja sejak diluncurkan pertama kali pada Agustus 2017 lalu, Xpander berhasil meraih posisi pertama mobil keluarga terlaris di Indonesia.

Hal ini berdasarkan data penjualan wholesales Gaikindo yang menunjukkan peningkatan penjualan Mitsubishi Xpander pada Februari 2018 yang mencapai angka 7.400 unit. Angka ini lebih tinggi dari pada Toyota Avanza yang hanya berhasil terjual sepanjang Februari kemarin sebanyak 6.773 unit.

Sebelumnya pihak MMKSI sangat optimis bahwa hasil ini dapat tercapai, apalagi seiring dengan terus terdistribusinya pesanan Xpander ke beberapa konsumen yang telah menumpuk. “Ekspetasi tentu volumenya akan semakin bertambah, seiring dengan meningkatnya kapasitas produksi ini setiap harinya,” ujar Head of Sales & Marketing Region 2 MMKSI, Amiruddin, seperti dilansir laman Oto.com.

Baca Juga: Ini Perbandingan Uji Tabrak Xpander vs Para Rivalnya

Dengan hasil yang fenomenal ini tentu saja membuat terjadinya perubahan standar baru di kelas Low MPV, dimana sebelumnya Avanza sejak pertama kali meluncur tahun 2003 lalu seolah-olah menetapkan standar terbaru dalam rekor penjualan untuk model kendaraan roda empat di Indonesia. Bahkan kala itu, Toyota Avanza berhasil meraih angka penjualan sebanyak 100 ribu unit di tahun pertama perjualannya. Data ini pun belum termasuk penjualan Daihatsu Xenia yang merupakan kembaran dari Toyota Avanza dan diproduksi dari tempat yang sama, yaitu pabrik Daihatsu Indonesia. Dari sinilah sebutan mobil sejuta umat pun melekat untuk duo produk ini. Apalagi kedua produk ini hanya membutuhkan waktu beberapa tahun saja untuk berhasil meraih angka total penjualan sebanyak satu juta unit.

Sejak saat itulaha para produsen mobil satu persatu mulai mencoba untuk merilis produk Low MPV lainnya, seperti Nissan Grand Livina, Chevrolet Spin, Suzuki Ertiga hingga Honda Mobilio. Beberapa mobil tersebut mencoba untuk menggoyang dominasi dari Avanza-Xenia dengan mesin berkapasitas 1,5 liter dan daya angkut penumpang sebanyak 7 orang.

Dan kompetitor terakhir di kelas Low MPV adalah produsen mobil asal Cina, yaitu Wuling Confero yang memberikan pendekatan berbeda untuk menggoyang dominasi Avanza-Xenia dengan menawarkan harga yang hanya setengahnya dari produk sekelasnya namun mempunyai fitur yang cukup banyak. Akan tetapi, model transmisi yang ditawarkan hanya manual saja.

mpv

Dengan melihat rivalnya yang menawarkan berbagai hal tersebut di atas, membuat Mitsubishi akhirnya mengeluarkan kendaraan terbarunya, yaitu Mitsubishi Xpander dengan menawarkan mobil keluarga namun mempunyai daya angkut yang optimal, daya jelajah yang tinggi, berbagai taburan fitur yang cukup banyak serta komposisi desain yang cukup aktraktif.

Namun, siapa yang menyangka ternyata dengan penawaran tersebut membuat kendaraan ini direspons cukup baik oleh para konsumen. Bahkan, masa inden yang berbulan-bulan untuk Xpander sampai tidak dipedulikan lagi demi mendapatkan mobil ini.

Baca Juga: Akibat Wuling, Harga Mobil Bekas Avanza Terjun Bebas

Padahal jumlah produksi pabrik Mitsubishi hanya mampu memproduksi 8.000 unit saja per bulannya, meskipun masih dapat ditingkatkan hingga mencapai 10.000 unit dengan pertimbangan alokasi untuk pasar ekspornya.

Meskipun saat ini penjualan Low MPV telah mengalami perubahan, bukan berarti Avanza dikatakan tersingkir dari segmen ini tanpa perjuanga sama sekali. Bahkan pihak Toyota Astra Motor berdalih bahwa menurunnya angka penjualan Avanza diakibatkan karena fokus penjualan mereka sedang dititikberatkan pada mobil Rush terbaru.

Avanza memang saat ini sedang dihadapkan dengan para rivalnya yang terbilang cukup berat, seperti Wuling Confero dan Xpander. Apalagi sekarang besaran pasar pertumbuhannya sudah tidak seiring dengan jumlah pemainnya. Karena itu, memang sudah waktunya bagi Avanza-Xenia untuk berganti generasi yang lebih modern dan berteknologi tinggi untuk mengejar ketertinggalan mereka.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Harga Toyota Sienta Bekas Agustus 2018

OTOmart – Toyota dikenal sebagai pabrikan otomotif yang mempunyai banyak pilihan model mobil, mulai...

Toyota Berikan Diskon Besar Bagi Avanza di GIIAS 2018

OTOmart – Momen pameran otomotif GIIAS 2018 tidak disia-siakan oleh para pabrikan otomotif untuk...

Siapa Sangka Ternyata Hawa Udara Pemicu Bodi Mobil Berkarat

OTOmart – Karat atau korosi yang terjadi pada mobil merupakan salah satu masalah yang...

5 Mobil City Car Terpopuler di Gelaran GIIAS 2018

OTOmart – Walaupun bukan termasuk ke dalam pasar utama otomotif Indonesia, city car serta...

Suzuki Jimny Jadi Bintang di Gelaran GIIAS 2018

OTOmart – Sebagai salah satu mobil klasik di era 80-an, Suzuki Jimny tampil kembali...

Keistimewaan Daihatsu Terios Custom di GIIAS 2018

OTOmart – Dalam gelaran GIIAS 2018 kemarin, Terios Custom untuk pertama kalinya ditampilkan oleh...