Aplikasi e-Uji Emisi, Tampilkan Lokasi Resmi Uji Emisi Kendaraan

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
uji emisi kendaraan
Uji Emisi Kendaraan (Medcom.id)

OTOmart – Setelah mengeluarkan instruksi gubernur beberapa hari yang lalu mengenai uji emisi kendaraan yang akan mulai diterapkan pada tahun ini. Kali ini Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan aplikasi e-Uji Emisi. Aplikasi ini akan menunjukkan lokasi uji emisi kendaraan yang ada di wilayah DKI Jakarta.

“Dengan diluncurkannya aplikasi ini, tentunya akan memudahkan masyarakat dalam mengetahui lokasi bengkel untuk mengecek uji emisi kendaraannya. Sekarang, di Jakarta telah ada sekitar 150-an bengkel, dan nantinya akan kita dorong lagi,” ucap Anies, seperti dilansir laman Detik.com.

Baca Juga: Kurangi Polusi, Dishub DKI Jakarta Wacanakan Perluasan Ganjil-Genap

Aplikasi e-Uji Emisi yang diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta tersebut dikeluarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta. Namun sayangnya, aplikasi tersebut hanya dapat Anda temukan di ponsel Android saja.

Selain menampilkan lokasi uji emisi kendaraan, aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur menarik, seperti riwayat pengujian emisi dan hasilnya. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga menyediakan berbagai informasi mengenai aturan-aturan tentang uji emisi.

Di aplikasi ini, data pengguna akan langsung disambungkan dengan sistem lain, sehingga para pengguna kendaraan akan mendapatkan beberapa keuntungan melalui aplikasi ini, seperti potongan harga parkir.

“Pembuatan aplikasi ini harus dilihat secara perspektif lebih luas. Jadi bukan hanya daftar lokasi uji emisi saja, namun juga dapat mencatat hasil uji emisi, dan nantinya aplikasi ini akan disambungkan dengan sistem perpajakan, perparkiran, serta smart city,” terang Anies lagi.

Berdasarkan instruksi gubernur beberapa waktu lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mulai melakukan uji emisi kendaraan di tahun 2020 nanti. Jika kendaraan tidak melakukan uji emisi, maka akan langsung diblokir sehingga pemilik kendaraan tidak akan dapat mengurus pajak kendaraan bermotor.

“Tahun ini merupakan tahun terakhir kelonggaran uji emisi. Nanti di tahun 2020, pemprov hanya akan memproses (pajak) kendaraan yang telah dilakukan uji emisi,” pungkas Anies.

Baca Juga: Ini Gerbang Tol Yang Ikut Skema Perluasan Ganjil Genap

Saat peluncuran aplikasi ini, Anies langsung memeriksakan beberapa kendaraan untuk diuji kadar emisinya. Dalam pemeriksaan uji emisi tersebut, Anies ditemani langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Syafrin Liputo, serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH), Andono Warih.

Dalam pengecekan tersebut, Anies mengecek uji emisi mobil dinasnya, serta bus kecil atau angkot JakLingko. Hasil dari pengecekan menunjukkan jika dua mobil tersebut mempunyai emisi gas buang yang bagus dan dinyatakan lulus.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan. Segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Nissan Terrano, SUV Bekas Nan Tangguh Dibanderol Mulai Rp80 Juta

OTOmart – Ketika pertama kali meluncur pada tahun 1995 lalu, Nissan Terrano langsung membuat...

Kaca Depan Mobil Anda Mengalami Baret? Ternyata Ini Penyebabnya!

OTOmart – Ketika musim hujan tiba, visibilitas kaca depan mobil sangatlah penting untuk dapat...

Ignis Facelift Meluncur Di India, Ini Spesifikasi Lengkapnya

OTOmart – Pada awal tahun 2020 ini, beberapa produsen mobil kenamaan mulai menampilkan produk...

Ertiga GL, Mobil Bekas Suzuki Dengan Interior Termewah!

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Suzuki Ertiga GL bertransmisi manual lansiran tahun 2014...

Daihatsu Rocky Segera Meluncur, Indonesia Belum Bisa Masuk

OTOmart – Pada ajang Tokyo Motor Show (TMS) tahun 2019 lalu, Daihatsu telah membangkitkan...

Seltos X-Line Meluncur Di India, Berikut Spesifikasinya!

OTOmart – KIA Seltos merupakan salah satu dari beberapa mobil terbaru yang meluncur di...