LEMTEK UI Lakukan Uji Konsumsi BBM Mirage

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Jakarta – Kemarin,  PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengumumkan hasil pengujian konsumsi BBM pada city car mereka. Model New Mirage berhasil mencatat konsumsi pemakaian bahan bakar minyak (BBM) 24,2 km/liter. Hasil ini dicapai dari pengujian yang dilakukan oleh tim dari Lembaga Teknologi Fakultas Teknik (LEMTEK) Universitas Indonesia.

LEMTEK UI Lakukan Uji Konsumsi BBM Mirage
https://www.oto.com

“Kami sangat bangga dengan hasil ini, dengan ini terbukti bahwa Mirage dengan segala pengembangan terbarunya tetap berhasil mempertahankan keunggulan efisiensi bahan bakarnya, yang tentunya menjadi nilai tambah yang baik sebagai referensi bagi para konsumen kami di Indonesia,” papar Hisashi Ishimaki, Presiden Direktur KTB, di Pulomas, Rawamangun, Jakarta Timur

Pengujian ini sepenuhnya dilakukan oleh pihak LEMTEK UI yang berpengalaman di bidang pengujian konsumsi bahan bakar. Proses pengujian dilakukan selama dua hari yakni 26-27 Oktober 2016 lalu. Adapun proses yang digunakan untuk menghitung konsumsi BBM Mirage adalah full-to-full.

Selama dua hari tersebut, enam unit Mirage dengan dua jenis transmisi (CVT dan MT) dari berbagai varian digunakan untuk pengujian menggunakan bahan bakar RON 92. Keenam mobil tersebut diuji oleh mahasiswa UI yang telah tergabung dalam tim LEMTEK UI dan tercatat sebagai pengemudi-pengemudi yang hemat dalam mengelolah bahan bakar kendaraan. Pengujian dilakukan pada jarak tak kurang dari 407 km yang dibagi dalam 7 etape dengan berbagai kondisi.

Tujuh etape itu disimulasikan dalam 4 skenario yakni jalan tol (highway), berbukit (hillway), luar kota (country) dan dalam kota (city). Dari enam kendaraan, diperolehlah data komprehensif mengenai pengujian di berbagai rute. Dan hasil terbaik dicapai oleh transmisi manual dengan konsumsi bahan bakar rata-rata selama perjalanan 28,7 km/liter.

LEMTEK UI Lakukan Uji Konsumsi BBM Mirage
https://www.oto.com

Mobil Mirage bertransmisi manual ini membutuhkan hanya 14,7 km/liter untuk menempuh jarak 407 km dari Jakarta-Ciawi-Puncak-Bandung-Bandung-Subang-Purwakarta-Bekasi-Jakarta. Sementara itu,  Mirage bertransmisi CVT tercatat mendapatkan perolehan terbaik dengan nilai efisiensi 24,95 km/liter.

Hasil pengujian Mirage di tahun ini berhasil melampaui hasil pengujian yang sama di tahun 2012 ketika Mirage pertama diluncurkan. kala itu Mirage mencatat konsumsi rata-rata 21,93 km/liter (manual) dan 19 km/liter (CVT).

Berbagai perubahan yang dibenamkan pada Mirage di sektor eksterior, interior hingga performanya, ternyata sukses membuat Mirage lebih bernilai efisiensi bahan bakarnya. Saat ini New Mirage dijual dalam tiga varian Exceed (Rp 196 juta), GLS (Rp 183,5 juta) dan GLX (Rp 171,5 juta). *on the road Jabodetabek.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...