Jangan Sepelekan Krikil Pada Ban Mobil, Bisa Bahaya!

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
ban
Ban Mobil (OOWOO)

OTOmart – Meski terbuat dari karet dan berbentuk bundar. Akan tetapi, ban mempunyai peranan yang cukup penting bagi kendaraan. Sebab, tanpa komponen ini maka kendaraan Anda tidak akan dapat bergerak dan meliak-liuk dengan gesit di jalan.

Maka sudah sewajibnya bagi para pemilik kendaraan agar tetap menjaga kondisi agar tetap prima dan selalu dapat diandalkan untuk melibas segala jenis medan. Selain itu, merawat komponen ini tentu tidak sesulit yang Anda bayangkan dan cukup hanya menyediakan waktu selama beberapa menit saja.

Baca Juga: Kenali Fungsi Pola Tapak Ban Mobil Ini Agar Aman Berkendara

Hendra Himawan, General Manager Sales Planning and Administration PT Sumi Rubber Indonesia yang merupakan pemegang merek ban Dunlop di Indonesia mengatakan agar para pemilik kendaraan tidak meremehkan komponen ini. Alasannya karena komponen tersebut selalu bersentuhan dengan kotoran yang terdapat di jalanan, baik genangan air atau dari benda-benda tajam.

“Karena itu, sebaiknya Anda selalu melakukan pengecekan secara rutin. Yang perlu dilakukan pertama kali adalah melihat apakah terdapat keretakan atau tidak. Selanjutnya adalah mengecek tekanan angin dan terakhir adalah membersihkan material yang biasanya menempel di sela-sela alur. Sebab, tanpa Anda sadari lama kelamaan permukaannya akan robek,” terangnya seperti dilansir laman Viva News.

Hendra juga mengatakan bahwa perawatan ini juga tidak berlaku untuk mobil saja, namun juga untuk kendaraan roda dua. Ini juga dikarenakan kemungkinan kerusakan yang timbul berbeda-beda.

Sebagai informasi, Dunlop dipercaya oleh beberapa pabrikan mobil sebagai salah satu penyedia ban resmi kendaraan bagi produk yang telah mereka buat, seperti Enasave EC300, Grandtrek AT25, Sport Maxx 050 dan Grandtrek ST30 menjadi beberapa tipe yang berasal dari Dunlop yang paling banyak digunakan oleh beberapa pabrikan mobil.

Baca Juga: Jalan Aspal atau Jalan Beton yang Bikin Ban Mobil Cepat Aus?

“Saat ini sudah ada lebih dari 28 model kendaraan yang telah menggunakan Dunlop sebagai ban resmi kendaraannya,” terangnya lagi.

Karena itu, sebaiknya Anda selalu berusaha untuk mencermati dan merawat ban mobil Anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan suatu hari nanti. Jika kempes atau kurang angin, sebaiknya segera Anda pompa agar kestabilan mobil tetap terjaga.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Oktober Mendatang, Registrasi Kendaraan Wajib Cantumkan Nomor HP

OTOmart – Mulai bulan Oktober 2018 nanti, masyarakat yang akan membeli kendaraan baru wajib...

Mitsubishi Bocorkan Desain Mitsubishi Triton Terbaru

OTOmart – Demi menjaga persaingan serta membuat para konsumen tidak cepat bosan dengan model...

5 Produk Daihatsu Terlaris Periode Januari-Agustus 2018

OTOmart – Hingga Agustus 2018 kemarin, Daihatsu berhasil mencatatkan angka penjualan produk Daihatsu yang...

Tilang Elektronik Mulai Diuji Coba di Jakarta Oktober Mendatang

OTOmart – Setelah tahun lalu sempat menjadi wacana, maka Oktober mendatang, tilang elektronik atau...

Resmi, Toyota Lakukan Perubahan Pada Sienta 2018 Versi Facelift

OTOmart – Setelah menunggu sekian lama, akhirnya Toyota Motor Corporation (TMC) memberikan sedikit perubahan...

Toyota Indonesia Punya Cara Tersendiri Hadapi Pelemahan Rupiah

OTOmart – Menghadapi pelemahan rupiah yang hampir menembus angka Rp15 ribu per dolar Amerika...