Di Gelaran CES 2018, Honda Bawa Konsep 3E Untuk Robot Terbarunya

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
konsep
Sumber: The Drive

OTOmart – Salah satu pabrikan mobil asal Jepang, Honda pada gelaran International Consumer Electronics Show 2018 (CES) yang berlangsung pada tanggal 9-12 Januari di Las Vegas, Amerika Serikat mulai memperkenalkan berbagai fungsi serta desain robot Artificial Intelligence (AI). Robot AI buatan Honda ini dikembangkan menggunakan konsep 3E (Empower, Experience, Empathy). Honda sengaja menampilkan robot Ai yang telah dikembangkannya guna memaparkan kepada semua orang visi Honda, dimana teknologi robot dan AI dapat membantu manusia dalam berbagai situasi apapun.

Fokus utama Honda pada gelaran CES 2018 adalah prinsip 3E yang dianutnya dalam teknologi pembuatan robot, yaitu robotika, mobilitas serta manajemen energi. Selain itu, Honda juga bertujuan untuk meningkatkan berbagai aspek tersebut melalui kerjasama dengan rekan-rekannya yang mempunyai visi yang sama dalam membangun teknologi.

Baca Juga: Nissan Intelligent Mobility Buat Manusia Mengemudi Melalui Pikiran

Selain robot, Honda juga telah mendirikan booth Mobile Power Pack World yang dapat menampilkan berbagai macam alat bertenaga baterai yang dapat diganti serta dilakukan pengisian ulang dan exchanger system yang dapat memudahkan penyimpanan untuk suplai listrik berlebih. President & CEO Honda R7D Yoshiyuki Matsumoto menjelaskan, “Saat ini kita telah memasuki era dimana robot akan menjadi esensial di berbagai keseharian kita serta mempunyai kemampuan dalam meningkatkan kualitas hidup para manusia,”

Konsep ‘Empower’ yang dicetuskan oleh Honda merupakan suatu konsep dimana robot dan manusia dapat saling bekerjasama dengan cara masing-masing dapat saling memperkuat. Dengan melakukan demonstrasi ide ini melalui 3E-D18 yang merupakan salah satu seri robot otonom berteknologi AI dan telah dilengkapi dengan drivetrain bertenaga listrik sehingga dapat membantu berbagai aktifitas manusia, seperti Search and Rescue (SAR), konstruksi, pemadam kebakaran, pekerjaan rumah tangga dan agrikultur.

Selain robot dengan seri 3E-D18, Honda juga menampilkan robot seri 3E-B18 dengan perangkat tambahan yang dapat digunakan sebagai kereta barang. Sebab dengan ukuran kompaknya membuat robot ini dapat melakukan navigasi meskipun di tempat yang sempit sekalipun. Robot ini juga telah dilengkapi dengan kursi yang ketinggiannya dapat diatur sekaligus dapat dikendarai pada jalan yang menanjak atau menurun.

Baca Juga: Honda Akan Rilis Produk Honda Insight Tahun 2018 Mendatang

Konsep ‘Experince’ yang diklaim Honda menggambarkan ide dimana robot dan manusia dapat tumbuh bersama dan saling melakukan interaksi satu sama lain. Konsep ini didemonstrasikan oleh robos berseri 3E-C18 yang merupakan robot elektrik dengan ukuran kecil sebagai pendukung aktifitas manusia. Robot ini dapat belajar untuk melakukan observasi serta menganalisa bagaimana orang-orang melakukan interaksi dan beroperasi secara otonom. Platform yang digunakan pada robot ini mempunyai bentuk seperti kereta dan dapat berfungsi sebagai pembawa barang karena telah dilengkapi dengan kanopi yang mempunyai fungsi sebagai setir.

Konsep Honda selanjutnya adalah ‘Empathy’ merupakan konsep dimana robot dapat mempunyai empati ketika melakukan kegiatan bersama manusia. Karena itu, untuk mewujudkan hal ini, Honda telah mengaplikasikan AI ke sebuah robot dengan seri 3E-A18 yang dapat menjadi pemandu di beberapa tempat, seperti bandara dan pusat-pusat perbelanjaan, sebab kemampuannya dalam memberikan informasi serta mempunyai kepedulian terhadap kebutuhan individu dan kelompok dengan melakukan analisa terhadap ekspresi wajah serta lingkungan yang ada di sekitarnya.

Sumber: Oto Finance

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Suzuki Luncurkan Program Trade-In Saat GIIAS 2019 Besok

OTOmart – Menjelang digelarnya pameran otomotif terkemuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019,...

Airbag Mobil Toyota Rush Bermasalah, Toyota Lakukan Recall

OTOmart – Salah satu pabrikan otomotif terkemuka asal Jepang, Toyota Motor Corporation melalui PT...

Teaser Mobil Juke Terbaru Resmi Dirilis, Ini Prediksi Perubahannya

OTOmart – Jelang peluncuran perdananya pada September 2019 mendatang, Nissan Motors telah membocorkan sedikit...

Tengah Naik Daun, Ini Harga Kamera 360 Aftermarket Xpander dan Livina

OTOmart – Di antara berbagai macam fitur yang disematkan pada beberapa bagian mobil, fitur...

Dilengkapi Voice Command, Almaz 7 Seater Bisa Dipesan Hanya Rp 5 juta

OTOmart – Almaz 7 Seater baru saja diperkenalkan oleh produsennya, Wuling Motors Indonesia, kemarin,...

Fitur Motorized Back Door Ini Bikin Bagasi Xpander Makin Keren

OTOmart – Mitsubishi Xpander hingga kini masih menjadi salah satu kendaraan favorit masyarakat Indonesia....