Hati-Hati! Kondisi ‘Microsleep’ Ketika Berkendara di Jalan Tol

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
microsleep
Waspadai kondisi microsleep ketika sedang berkendara di jalan tol (Morguefile)

OTOmart – Seperti biasanya, banyak orang yang menjalankan tradisi mudik Lebaran menggunakan kendaraan pribadi. Namun, banyak juga di antara kita yang disibukkan dengan beragam kesibukan sebelum melakukan mudik Lebaran.

Hasilnya adalah jam istirahat tidur berkurang. Kondisi ini juga diperburuk dengan adanya fakta bahwa ketika berpuasa, maka secara otomatis jam biologis manusianya ikut berubah sehingga menyebabkan sulitnya seseorang mendapatkan istirahat tidur yang optimal.

Baca Juga: Mengantuk Saat Berkendara? Sebaiknya Lakukan Tips Ini

Hal ini tentunya berefek pada munculnya rasa ngantuk yang berlebihan di luar waktu istirahat. Ketika kondisi ini terjadi, maka otak akan merasakan kelelahan, akan tetapi otak akan mencoba bertahan agar Anda tetap berjaga.

Resiko yang terjadi tentunya adalah microsleep atau tertidur secara tiba-tiba dalam waktu yang cukup singkat, yaitu antara sekitar satu hingga 30 detik. Kondisi Microsleep sendiri seringkali terjadi ketika Anda melakukan pekerjaan yang monoton, seperti berkendara dalam kurun waktu yang cukup lama, seperti mudik ke kampung halaman.

Karena itu, para pengemudi harus selalu waspada atas terjadinya resiko microsleep ini. Mengapa? Sebab, saat ini di pulau Jawa hampir seluruh rute mudiknya akan tersambung melalui jalan tol. Jalan tol yang panjang ini tentunya akan membuat para pengemudi terlena sehingga membuat tingkat kewaspadaannya menjadi ikut menurun akibatnya kondisi microsleep bisa saja terjadi.

Ketika Anda terserang kondisi microsleep, maka akan ada banyak hal yang dapat terjadi selama kurun waktu tersebut, seperti mobil berpindah jalur tanpa disadari dan lain-lain.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menghindari kondisi microsleep, seperti dilansir laman Auto2000, yaitu:

1. Perhatikan Respon Tubuh

Selama berkendara, sebaiknya Anda perhatikan respon tubuh Anda. Jika Anda pernah melakukan suatu kesalahan kecil, seperti salah menyalakan lampu sein atau kesulitan dalam memacu mobilnya di jalur yang benar, atau berkaitan dengan kondisi fisik tubuh, seperti kepala dan kelopak mata yang terasa berat sehingga membuat Anda menguap dengan durasi yang cukup panjang atau kepala mengangguk tanpa disengaja, tentunya akan membuat daya reflex menurun drastis sehingga koordinasi antar tubuh melemah sehingga sulit bagi Anda untuk mengantisipasi potensi terjadinya masalah yang ingin diselesaikan saat ini.

2. Meningkatkan kewaspadaan saat jam kritis atau saat berkendara dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Ngantuk? Sebaiknya Bawa Camilan Sehat Ini Di Mobil Anda

Selama perjalanan mudik yang tentunya mempunyai rute perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan serta menguras waktu. Tentunya Anda perlu untuk meningkatkan kewaspadaan dan respon Anda dengan cara beristirahat atau meminta kepada rekan atau pun keluarga Anda untuk menggantikan posisi Anda sebagai pengemudi.

3. Istirahat dan Tidurlah yang cukup

Jika Anda sudah merasa sangat lelah dan tidak mempunyai driver pengganti, maka satu-satunya jalan agar perjalanan mudik Anda tetap nyaman adalah dengan berhenti sejenak untuk beristirahat dan tidur. Berikanlah rentang waktu sekitar 30 menit agar istirahat tidur Anda cukup. Selain itu, gunakan rest area sebagai pilihan lokasi terbaik untuk beristirahat ketika sedang melaju di jalan tol.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Spesifikasi dan Daftar Harga Terios Bekas Agustus 2018

OTOmart – Demi terus bersaing di pasar otomotif Indonesia, Daihatsu akhirnya melakukan penyegaran kepada...

3 Mobil Pick-Up Terbaik dan Termurah di Indonesia

OTOmart – Bagi para pengusaha, bisnis akan berjalan dengan lancar jika ditunjang dengan sarana...

Daftar Harga Grand Max Minibus Daihatsu Agustus 2018

OTOmart – Hingga kini, Daihatsu Grand Max masih menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia....

Daftar Harga Toyota Kijang Innova Bekas Agustus 2018

OTOmart – Salah satu produk unggulan Toyota di mobil bersegmen medium MPV, Toyota Kijang...

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Pada Kendaraan Anda

OTOmart – Saat ini telah banyak mobil yang menggunakan lampu berjenis light emitting diode...

Komparasi Brio RS dengan Ignis Sport Edition, Mana Yang Lebih Baik?

OTOmart – GIIAS 2018 baru saja berakhir namun terdapat beberapa produk baru yang muncul...