Wuling Cortez vs Toyota Kijang Innova, Mesin Mana Yang Lebih Unggul?

posted in: Artikel Mobil | 4 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
toyota kijang innova
Sumber: Youtube

OTOmart – Wuling telah meluncurkan mobil terbarunya bersegmen MPV menengah. Meskipun baru diluncurkan, namun mobil ini sudah digadang-gadang akan menjadi penantang bagi Toyota Kijang Innova. Saat ini tidak banyak produk mobil lainnya yang mampu bersaing dengan Innova. Meskipun ada, namun bentuk bodinya akan sedikit berbeda jika dibandingkan dengan Innova. Akan tetapi kali ini Wuling Cortez mempunyai bentuk yang hampir sama dengan Innova, lalu apa perbedaannya dari Innova?

Wuling Cortez

Dari bentuk bodi, Wuling Cortez hampir sama dengan Toyota Kijang Innova. Namun, dari segi performance, terutama mesin mobil, Wuling Cortez dan Kijang Innova mempunyai mesin yang berbeda. Wuling Cortez dibekali dengan mesin bensin dengan 4 silinder, 1,8L (1.798 cc) DOHC yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 129 Hp pada kecepatan 5.600 rpm dengan torsi puncak mencapai 174 Nm yang tersedia dalam rentang 4.600 – 5.600 rpm. Mesin yang digunakan Cortez kabarnya merupakan teknologi kepunyaan General Motors (GM) yang telah dikembangkan sendiri oleh Wuling.

Baca Juga: Ini Fitur Keren Dari Spesifikasi Mobil Wuling Cortez Terbaru

Untuk mendistibusikan tenaga sebesar itu, Wuling memberikan Cortez transmisi otomatis i-AMT (Intelligent Automated Mechanical Transmission) dengan 5 percepatan yang dapat dioperasikan secara manual. Selain itu, transmisi ini juga tersedia dengan dua pilihan mode berkendara, yaitu Eco (E) dan Sport (S) dengan sistem penggerak roda depan.

Teknologi i-AMT yang disematkan pada Cortes, sebenarnya juga sudah digunakan pada Suzuki Karimun Wagon R AGS yang tentunya sudah dipercanggih, sehingga sensasi jeda saat perpindahan gigi yang menjadi distraksi khasnya dapat tereduksi dengan sistem yang ada pada Wuling. Transmisi ini merupakan ciptaan AISIN yang manufakturnya ada di Indonesia.

Toyota Kijang Innova

Baca Juga: Ketahui Spesifikasi Kijang Innova Tipe Q Sebelum Membelinya

Kijang Innova merupakan pemain lama untuk segmen MPV menengah. Mobil ini dibekali dengan mesin berbahan bakar bensin dengan 4 silinder 2.0L (1.998 cc) dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 137 hp pada kecepatan 5.600 rpm dengan torsi maksimal mencapai 183 Nm pada kecepatan 4.000 rpm. Untuk menyalurkan daya sebesar itu, Toyota Kijang memberikan dua pilihan transmisi, yaitu manual dengan 5 percepatan dan otomatis dengan 6 percepatan. Untuk perpindahan manualnya, Toyota menyematkan Sport Sequential Switchmatic pada Kijang Innova. Daya yang dihasilkan oleh mesin itu akan disalurkan ke penggerak roda belakang.

Kesimpulan

Jika dilihat dari segi tenaga dan torsi sangat jelas bahwa Kijang Innova jauh lebih unggul, karena mesin yang disematkan sangat besar. Sedangkan untuk menghemat bahan bakar, Cortez menggunakan Variable Valve Technology (VVT) pada camshaft intake, dimana respon pedal gas akan disalurkan melalui throttle by wire yang sudah cukup ketinggalan zaman jika dibandingkan dengan Innova yang telah mempunyai katup variable ganda atau dikenal dengan sebutan Dual VVT-i, bahkan Innova juga telah dilengkapi dengan turbocharged untuk mobil bermesin dieselnya.

Semoga informasi ini dapat menjadi alternatif pilihan Anda dalam memilih mobil yang berkualitas serta efektif untuk digunakan untuk Anda dan keluarga. Semoga bermanfaat.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Update Terbaru Harga Avanza Bekas Desember 2019

OTOmart – Hingga saat ini, Toyota Avanza masih menjadi salah satu mobil bekas yang...

Harga Mitsubishi Xpander Bekas Mulai Dari Rp 200 Jutaan

OTOmart – Dibandingkan versi terbarunya, harga jual Mitsubishi Xpander bekas justru lebih menarik. Di...

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...