Komparasi Mesin Brio vs Jazz 2016, Mana Yang Cocok di Perkotaan?

posted in: Berita Mobil | 3 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
brio
Honda Brio vs Honda Jazz

OTOmart – Dalam beberapa bulan belakangan ini, mobil di segmen city car mulai banyak digemari, khususnya oleh para kaum urban. Alasannya cukup menarik, yaitu ingin mempunyai mobil yang gesit, kompak dan yang paling utama adalah irit bahan bakar. Hal ini cukup wajar, mengingat faktor kemacetan serta kapasitas ruang parkir yang terbatas.

Dari banyaknya mobil city car yang dijual di pasar, Honda Jazz dan Brio merupakan yang paling banyak dicari. Apalagi di pasar mobil bekas, perbandingan harga kedua mobil ini tidak begitu jauh, dimana Honda Brio RS matik dibanderol dengan harga Rp 190 juta, sedangkan Honda Jazz RS matik keluaran tahun 2016 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 190 hingga Rp 200 jutaan. Lalu bagaimana dengan performa kedua kendaraan ini?

Baca Juga: Perbandingan Tingkat Efisiensi Bahan Bakar Dari Agya, Brio dan Ayla

Honda Brio disematkan dengan mesin berkapasitas 1,2 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 90 PS dan torsi puncak mencapai 110 Nm. Selain itu, kapasitas tangkinya pun cukup besar, yaitu sebanyak 35 liter. Sedangkan Honda Jazz lansiran 2016, mempunyai mesin berkapasitas 1,5 liter dengan teknologi yang cukup modern. Melalui mesin tersebut, Honda Jazz lansiran 2016 mempunyai tenaga yang tidak kalah besar, yaitu sebesar 120 PS dengan dorongan torsi puncak mencapai 145 Nm. Selain itu, kendaraan ini mempunyai kapasitas tangka yang cukup besar, yaitu sebanyak 45 liter.

Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan jika mesin Honda Jazz tentu jauh lebih unggul dibandingkan Brio. Namun dari segi efektivitas bahan bakar, manakah yang lebih irit dari kedua mobil ini?

Memang untuk penilaian tingkat keiritan bahan bakar sangat tergantung dari gaya mengemudi setiap pengendara. Meski begitu, berdasarkan situs Oto.com yang telah melakukan pengujian tingkat konsumsi bahan bakar kedua kendaraan ini pada jalan tol sejauh 100 km, ditemukan fakta yang cukup menarik.

Dari hasil pengujian yang dilakukan tersebut, Honda Jazz mampu mengkonsumsi bahan bakar sebanyak 19,5 km per liter. Sedangkan tingkat konsumsi bahan bakar Brio Satya cukup jauh berbeda, dimana hanya mengkonsumsi bahan bakar sebanyak 23,8 km per liter. Pengujian yang dilakukan pun menggunakan metode yang sama, yaitu full to full.

Berdasarkan pengujian tersebut, Honda Brio rupanya mempunyai tingkat konsumsi bahan bakar yang terbilang irit jika dibandingkan dengan Honda Jazz. Meski begitu, Honda Jazz lansiran 2016 mempunyai handling yang lebih baik jika dibandingkan dengan Honda Brio terbaru sekalipun. Selain itu, bantingan suspensi, sensibilitas dalam mengemudi dan tingkat kesenyapan kabin, Honda Jazz lebih unggul dibandingkan Brio. Apalagi jika Anda membawanya ke luar kota, tentu akan semakin terlihat perbedaan kedua kendaraan ini.

Baca Juga: Sensor ABS Honda Jazz Anda Bermasalah? Jangan Panik!

Jika Anda ingin mendapatkan berita-berita terbaru seputar Otomotif atau ingin mencari dan melakukan kredit mobil bekasberkualitas terbaik di seluruh dealer mobil bekas di Indonesia, kunjungi situs Otomart.id. Kami siap membantu Anda mewujudkan impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Penyelenggara IIMS 2019 Sediakan Free Shuttle Bus Menuju Pameran

OTOmart – Hari ini, Kamis (25/4), pameran otomotif terbesar di Indonesia, Telkomsel Indonesia International...

Cortez CT dan Confero S ACT Siap Tampil di Ajang IIMS 2019

OTOmart – Wuling Motors sepertinya bakal memberikan kejutan pada ajang IIMS 2019. Jika sebelumnya...

Mitsubishi Siapkan Xpander AP4 Concept di IIMS 2019

OTOmart – Menyambut gelaran IIMS 2019, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI)...

Sambut Hari Bumi, Toyota Siap Luncurkan C-HR Hybrid Hari Ini

OTOmart – Pameran otomotif terbesar di Indonesia, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 sebentar...

Lexus Luncurkan LM 300h, MPV Alphard Versi Mewah

OTOmart – Setelah memberikan sedikit bocoran untuk MPV mewahnya, Lexus akhirnya resmi memperkenalkan LM...

Khusus Indonesia, “Panoramic Roof” Hilang di Nissan Serena Terbaru

OTOmart – Nissan telah memperkenalkan MPV All New Nissan Serena 2019 pada Februari lalu...