Kini Bisa Ganti Rugi Mobil yang Tertimpa Pohon

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Jakarta – Saat memasuki musim penghujan, tentu kita harus lebih berhati-hati dalam berkendara. Hujan disertai angin kencang dapat membuat pohon tumbang, bahkan sampai menghantam kendaraan dan memakan korban.

Kini Bisa Ganti Rugi Mobil yang Tertimpa Pohon
http://lampung.tribunnews.com/

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, Ratna Diah Kurniati mengatakan, bagi pengendara yang kendaraannya rusak karena pohon tumbang bisa mengajukan ganti rugi mobil ke pihaknya.

Pemilik harus menyertakan beberapa syarat, yakni surat laporan kepolisian, kartu identitas (KTP, SIM, STNK), rincian kerusakan dari bengkel, foto bukti kerusakan, surat permohonan dari korban, surat pengantar dinas di kawasan pohon tumbang.

Selanjutnya, petugas bidang peran serta masyarakat Dinas Pertamanan DKI Jakarta akan memberikan surat pengantar untuk dibawa ke pihak asuransi.

Namun perlu diperhatikan, tidak semua pohon di Jakarta terkait dengan klaim ini. Hanya di beberapa tempat tertentu saja.

“Kalau ada yang tertimpa pohon tumbang, memang ada asuransinya. Syaratnya cuma harus ada laporan ke polisi soal kronologis. Kemudian kita akan urus nanti. Kan ada tim asuransi dari swasta yang kerja sama dengan kita,” ujar Djafar Muchlisin, Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta.

Ia menambahkan, ganti rugi tersebut hanya akan diberikan bagi mobil yang tertimpa pohon di bahu jalan. Sementara pohon yang berada di wilayah perkantoran swasta atau pun bukan wilayah Dinas Pertamanan, tidak bisa diklaim. Besaran uang ganti rugi pun akan diberikan bervariasi tergantung pada kerusakan yang dialami.

“Ganti rugi yang kita kasih terutama yang tertimpa pohon milik pemda. Jadi hanya pohon rawatan pemda di sepanjang jalur. Kalau di rumah atau swasta enggak kita ganti. Penggantiannya juga tergantung pada kerusakan yang dialami,” ujar Djafar.

Dana maksimal asuransi untuk kendaraan dan bangunan yaang rusak tertimpa pohon adalah Rp15 juta. Sementara untuk korban meninggal adalah Rp50 juta.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Bursa Mobil Bekas Non-Jepang Harga Di Bawah Rp.100 Juta

Otomart – Saat ini, mobil bekas banyak diminati oleh para masyarakat kalangan menengah ke bawah, terutama untuk mobil bekas yang mempunyai rentang harga Rp.50 juta – Rp.100 juta. Berdasarkan data dari bursa mobil bekas, terdapat beberapa merek non-Jepang seperti Mercedes-Benz … Lihat Selengkapnya

Kapan Pertamina Terapkan Pembayaran Non Tunai Di Semua SPBU?

Otomart – Penggunaan transaksi uang elektronik (pembayaran non tunai) di SPBU telah mulai dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) melalui kerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak dan Bank Indonesia. Bahkan Pertamina mulai merencanakan pemberlakukan non tunai di semua SPBU di Pontianak … Lihat Selengkapnya

Wuling Motor Mulai Kirimkan Mobilnya Ke Bali, Ini Daftar Harganya

Otomart – Setelah pada GIIAS 2017 lalu sempat memberikan kejutan dengan meluncurkan MPV pertamanya, Wuling Confero S yang banyak diminati para konsumen. Saat ini, Wuling Motor mulai berekspansi ke beberapa daerah yang ada di Indonesia, salah satunya adalah dengan mendirikan … Lihat Selengkapnya