Kini Bisa Ganti Rugi Mobil yang Tertimpa Pohon

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Jakarta – Saat memasuki musim penghujan, tentu kita harus lebih berhati-hati dalam berkendara. Hujan disertai angin kencang dapat membuat pohon tumbang, bahkan sampai menghantam kendaraan dan memakan korban.

Kini Bisa Ganti Rugi Mobil yang Tertimpa Pohon
http://lampung.tribunnews.com/

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, Ratna Diah Kurniati mengatakan, bagi pengendara yang kendaraannya rusak karena pohon tumbang bisa mengajukan ganti rugi mobil ke pihaknya.

Pemilik harus menyertakan beberapa syarat, yakni surat laporan kepolisian, kartu identitas (KTP, SIM, STNK), rincian kerusakan dari bengkel, foto bukti kerusakan, surat permohonan dari korban, surat pengantar dinas di kawasan pohon tumbang.

Selanjutnya, petugas bidang peran serta masyarakat Dinas Pertamanan DKI Jakarta akan memberikan surat pengantar untuk dibawa ke pihak asuransi.

Namun perlu diperhatikan, tidak semua pohon di Jakarta terkait dengan klaim ini. Hanya di beberapa tempat tertentu saja.

“Kalau ada yang tertimpa pohon tumbang, memang ada asuransinya. Syaratnya cuma harus ada laporan ke polisi soal kronologis. Kemudian kita akan urus nanti. Kan ada tim asuransi dari swasta yang kerja sama dengan kita,” ujar Djafar Muchlisin, Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta.

Ia menambahkan, ganti rugi tersebut hanya akan diberikan bagi mobil yang tertimpa pohon di bahu jalan. Sementara pohon yang berada di wilayah perkantoran swasta atau pun bukan wilayah Dinas Pertamanan, tidak bisa diklaim. Besaran uang ganti rugi pun akan diberikan bervariasi tergantung pada kerusakan yang dialami.

“Ganti rugi yang kita kasih terutama yang tertimpa pohon milik pemda. Jadi hanya pohon rawatan pemda di sepanjang jalur. Kalau di rumah atau swasta enggak kita ganti. Penggantiannya juga tergantung pada kerusakan yang dialami,” ujar Djafar.

Dana maksimal asuransi untuk kendaraan dan bangunan yaang rusak tertimpa pohon adalah Rp15 juta. Sementara untuk korban meninggal adalah Rp50 juta.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Di WTC Mangga Dua, Mobil SUV Bekas Mulai Alami Kelangkaan

OTOmart – Mobil Sport Utility Vehicle (SUV) akhir-akhir ini semakin digemari dan dicari oleh...

Datsun Cross Gunakan Platform Berbasis Datsun GO+ Panca

OTOmart – Setelah lama vakum, akhirnya Datsun Indonesia telah secara resmi merilis produk terbarunya yang...

Sepanjang Tahun 2017 Honda Kuasai Semua Segmen Pasar Otomotif

OTOmart – Produk-produk Honda sepanjang tahun 2017 kemarin berhasil menguasai penjualan pada beberapa segmen...

BMW 520i Luxury Line Diproduksi Lokal Oleh BMW Indonesia

OTOmart – Setelah sukses dengan lineup mobil BMW 530i dan 520d dan telah berstatus...

Resmi! Datsun Cross Meluncur di Indonesia, Ini Harga Datsun Cross

OTOmart – Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya Datsun secara resmi meluncurkan produk ketiganya di Indonesia pada...

Toyota All New Rush Terbaru Capai 7.120 Unit SPK

OTOmart – Setelah diluncurkan pada November tahun lalu, All New Toyota Rush langsung mencuri...