Inilah Kendaraan Ramah Lingkungan Antar Pabrikan Mobil

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

kendaraan ramah lingkungan

Otomart, Jakarta – Gelaran Gaikindo International Auto Show 2017 lalu sebenarnya bukan hanya menjadi ajang pamer otomotif serta teknologi terbaru dari berbagai produsen kendaraan konvensional. Bahkan ada beberapa produsen yang membawa hasil kreasinya berwujud kendaraan yang diklaim sebagai kendaraan ramah lingkungan, mulai dari mobil hybrid hingga ke mobil listrik.

Saat gelaran GIIAS kemarin, terdapat beberapa pabrikan yang menawarkan berbagai solusi tentang kendaraan ramah lingkungan. Mulai dari BMW, Toyota, Mercedes-aBenz, dan Nissan. Akan tetapi semua pabrikan tersebut hanya memamerkan produknya saja dan tidak mempunyai niatan untuk menjualnya.

Berikut ini adalah beberapa produsen yang telah memamerkan produk kendaran ramah lingkungan saat gelaran GIIAS lalu.

BMW

BMW Group Indonesia saat GIIAS 2017 memamerkan kendaraan listrik mereka, yaitu i3. Kendaraan listrik ini muncul setelah tahun lalu mereka memamerkan serta menjual mobil plug-in hybrid i8.

I3 merupakan mobil bersegmen city car serta dilengkapi dengan sistem penggerak roda belakang. BMW mengklaim bahwa mobil listrik ini mempunyai bobot yang ringan. Hal ini sengaja dilakukan oleh BMW agar mobil i3 dapat menjaga antara keseimbangan dengan sensasi berkendara, jarak tempuh hingga bobot kendaraan secara menyeluruh.

 

kendaraan ramah lingkungan

BMW menyematkan mobil listrik ini dengan sistem penggerak BMW eDrive milik mereka, yaitu sebuah motor listrik BMW I dengan standar terbaru namun tetap dalam kepadatan serta mempunyai daya yang efisien. Motor listrik sinkron hibrida yang dikembangkan dan telah disematkan pada BMW i3 ini, ternyata mampu menghasilkan output sebesar 170 dk dengan torsi maksimal yang dihasilkan sebesar 250 Nm (184 lb-ft) sejak mobil ini bergerak.

Mobil ini mampu menjangkau jarak 0 hingga 100 Km/jam (62 mph) dalam 7,2 detik, setelah melakukan akselerasi dari nol ke 60 km/ jam (37 mph) hanya dalam waktu 3,7 detik. Dan mampu melaju dengan kecepatan 80 sampai 120 km/jam hanya dalam waktu 4,9 detik. Melihat statistik tersebut, tentunya mobil ini menawarkan sebuah performa mobil sport namun bermesin konvensional sehingga tenaganya jauh lebih besar.

Mempunyai mesin yang ringkas serta dapat digunakan sebagai penambah jarak tempuh (Rex) dengan kapasitas baterai listrik yang lebih besar, yaitu 94 ah menjadikan kendaraan ini mampu melaju sejauh 330 km. Dengan begitu, BMW mengklaim bahwa mobil ini sangat mumpuni untuk menjalani mobilitas sehari-hari di kota-kota metropolitan seperti Jakarta.

Mobil listrik besutan BMW ini dibanderol dengan harga Euro 35 ribu atau sebesar Rp. 600 juta. Sedangkan di Singapura, mobil ini dijual dengan harga Rp 2,5 hingga 2,6 miliar.

Nissan

Nissan menghadirkan salah satu kendaraan ramah lingkungannya, yaitu sebuah mobil listrik yang diberi nama Nissan Note e-Power. Mobil ini mempunyai sistem penggerak listrik e-Power yang serupa dengan teknologi pada mobil listrik besutan Nissan lainnya, yaitu Leaf.

Seperti Leaf, Nissan e-Power juga menggerakkan roda mobil ini menggunakan motor listrik dengan baterai lithium-ion on-board. E-Power juga tidak memerlukan charger eksternal, namun tetap menggunakan mesin bensin yang berukuran kecil untuk dapat mengisi daya baterai ketika mobil berjalan.

kendaraan ramah lingkungan

Mesin bensin yang terdapat pada mobil listrik ini tidak akan menggerakkan roda kendaraan seperti pada kendaraan konvensional dan hanya beroperasi jika diperlukan saja. Dengan sistem tersebut, Nissan mengklaim dapat menghemat dan mengefisiensi bahan bakar secara optimal. Nissan e-Power sendiri mempunyai beberapa komponen utama, seperti compact Lithium-ion battery, motor listrik dengan output tinggi, generator listrik inverter dan mesin bensin berukuran kecil.

Dalam berakselerasi, e-Power tetap dapat diandalkan, sebab e-Power mampu menghasilkan torsi yang sangat besar dalam waktu yang cepat. Selain itu, dapat meningkatkan kualitas respon dalam mengemudi sehingga dapat menghasilkan akselerasi yang terbilang mulus.

Masayuki Ohsugi, General Manajer R&D NMI, mengatakan bahwa bahan bakar mobil listrik besutannya dapat mengefisiensi bahan bakar. Bahkan dirinya mengklaim hal ini sebanding dengan mobil hybrid konvensional, terutama saat berkendara di perkotaan.

“Pada saat mengurangi kecepatan, mesin akan berhenti dan daya regeneratifnya digunakan untuk mengisi baterai sampai kendaraan benar-benar dalam keadaan berhenti. Hal ini tentu menyebabkan energi yang dikeluarkan tidak sia-sia selama pengurangan kecepatan” ucap Masayuki.

Toyota

Sebelum rival yang lain mengenalkan kendaraan ramah lingkungan atau Hybrid. Toyota Astra Motor sebelumnya telah memasarkan kendaraan hybrid, yaitu Alphard dan Camry. Akan tetapi, saat ini TAM ingin mengenalkan dua produk hybrid terbarunya yang akan mengaspal di tanah air, yaitu Toyota Prius Gen 4 dan C-HR.

Dua model yang baru lahir ini merupakan generasi pertama yang berasal dari platform yang serupa, yaitu Toyota New Global Architecture (TNGA). Saat ini, Prius Gen 4 ataupun S-HR memakai sistem hybrid yang sama, yaitu Hybrid Synergy Drive.

kendaraan ramah lingkungan

Prius Gen 4 dibekali oleh Toyota mesin berkapasitas 1.800 cc. sedangkan dalam pengetesannya, generasi terbaru prius ini dapat mencapai jarak sejauh 40 km per liter. Mobil ini dilengkapi dengan pilihan baterai lithium ion atau nickel hydre.

Sedangkan C-HR selain menggunakan sistem hybrid, mobil tersebut juga dilengkapi dengan motor listrik dengan nickel metal hydride. Mobil ini mempunyai daya jelajah sejauh 560 hingga 610 km dengan komposisi 13 sampai 19 km per liter untuk C-HR varian 1,2L dan 24 hingga 29 km per liter untuk varian hybrid. Hal ini berdasarkan uji coba yang telah dilakukan oleh Toyota dengan minimnya konsumsi bahan bakar.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...