Kendaraan Pedesaan Siap Diluncurkan Bulan Agustus Mendatang

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
pedesaan
Sumber: Antara News

OTOmart – Program kendaraan pedesaan yang diprogramkan oleh Pemerintah dalam hal ini Kemenperin (Kementerian Perindustrian) menargetkan akan secepatnya diluncurkan. Ditargetkan peluncuran kendaraan ini pada bulan Agustrus 2018 mendatang.

Berdasarkan keterangan dari Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Harianto menyatakan bahwa saat ini ada tiga model kendaraan pedesaan yang sedang dikembangkan. Ketiga produk tersebut yaitu Wintor yang berasal dari Astra Otopart, KHS dari CV Karya Hidup Sejahtera dan Mahesa yang berasal dari Kiat Motor.

Baca Juga: Tertangkap Kamera, Kapan Mobil Buatan Indonesia Ini Meluncur?

“Ya kami rencanakan pada bulan Agustus ini. Saya lakukan akselerasi jadi bulan Agustus ini bisa selesai, ini baru hanya perkirakan. Tergantung dari produksinya, akan tetapi mereka mengatakan bahwa di bulan Agustus sudah siap, sebab produksi itu memang enggak gampang. Selain itu, untuk regulasi kita akselerasi dengan berbicara dengan Perhubungan dan lainnya untuk dapat mengaturnya. Jadi dari sisi regulasi dan sisi produksi bisa berbarengan,” ucap Harjanto, seperti dilansir laman Detik.com.

Harjanto juga mengungkapkan bahwa dari ketiga model yang disiapkan tersebut, KHS telah memproduksi dan memasarkan. Namun, untuk Wintor juga sudah diproduksi dan sekarang sedang dilakukan pengembangan. Sedangkan, untuk Mahesa sedang dalam tahap pengembangan.

Dan nantinya, ketiga model kendaraan pedesaan itu ditargetkan akan dapat diluncurkan secara resmi sekaligus.

“Nanti akan langsung di launching tiga-tiganya sekaligus. Karena itu, dikumpulin dulu setelah mereka semua siap, baru nanti kita launching. Kita bukan bicara prototype di sini, kita bicarakan mengenai produksi. Jadi bukan prototype lagi, jadi ini bukanlah produksi yang siap untuk dipasarkan,” terang Harianto.

Baca Juga: Tak Hanya Pikap, Melainkan Ada Mobil Penumpang Esemka

Harjanto juga mengatakan bahwa Kemenperin juga sedang menyiapkan regulasi mengenai kendaraan pedesaan ini. Untuk mengatur kendaraan ini, Kemenperin akan menggandeng berbagai pihak terkait seperti Kementerian Perhubungan dan lain-lainnya.

“Termasuk nanti sistem distribusinya dengan teman-teman yang nantinya akan kita libatkan dan akan kita bicarakan, tapi itu kan business to business, kita nggak akan melakukan intervensi, kita hanya sekedar memfasilitasinya saja. Kita memfasilitasi hanya untuk bertemu dengan beberapa industry supaya jadi. Setelah itu hanya tinggal peran pemerintah agar regulasi yang diperlukan itu dapat masuk ke pasar enggak ada masalah mulai dari laik jalan serta mengenai perpajakannya,” ucapnya lagi.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Suzuki Luncurkan Program Trade-In Saat GIIAS 2019 Besok

OTOmart – Menjelang digelarnya pameran otomotif terkemuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019,...

Airbag Mobil Toyota Rush Bermasalah, Toyota Lakukan Recall

OTOmart – Salah satu pabrikan otomotif terkemuka asal Jepang, Toyota Motor Corporation melalui PT...

Teaser Mobil Juke Terbaru Resmi Dirilis, Ini Prediksi Perubahannya

OTOmart – Jelang peluncuran perdananya pada September 2019 mendatang, Nissan Motors telah membocorkan sedikit...

Tengah Naik Daun, Ini Harga Kamera 360 Aftermarket Xpander dan Livina

OTOmart – Di antara berbagai macam fitur yang disematkan pada beberapa bagian mobil, fitur...

Dilengkapi Voice Command, Almaz 7 Seater Bisa Dipesan Hanya Rp 5 juta

OTOmart – Almaz 7 Seater baru saja diperkenalkan oleh produsennya, Wuling Motors Indonesia, kemarin,...

Fitur Motorized Back Door Ini Bikin Bagasi Xpander Makin Keren

OTOmart – Mitsubishi Xpander hingga kini masih menjadi salah satu kendaraan favorit masyarakat Indonesia....