Kenali Yaris 2017 Terbaru Sebelum Anda Membelinya

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
yaris 2017
Sumber: Net Car Show

OTOmart – Seperti tidak mau kalah dengan para rivalnya yang telah memproduksi mobil di segmen hatchback, Toyota akhirnya memproduksi Yaris bermesin 1,5 liter pada tahun 2006 lalu. Dengan berkembangnya segmen mobil ini, membuat Yaris menjadi salah satu produk yang melejit namanya di puncak daftar pilihan mobil kompak. Saat ini Yaris 2017 merupakan generasi ketiga dari Toyota Yaris versi lama.

DI Indonesia, penjualan Yaris dimulai pada generasi keduanya, dimana menggunakan versi hatchback dari Vios serta mempunyai platform dan mesin yang sama. Untuk Yaris 2017 yang sedang dipasarkan merupakan generasi ketiganya. Pada tahun lalu, mobil ini mendapat beberapa perubahan lagi dari sisi mekanisnya. Nah, bagi Anda yang ingin membeli mobil Toyota Yaris, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini,

Jumlah Varian Yaris 2017

Baca Juga: Toyota Motor Luncurkan Yaris Terbaru, Begini Spesifikasinya

Yaris 2017 mempunyai 4 varian utama yang didasarkan pada pilihan transmisi, yaitu: E, G, TRD Sportivo dan TRD Sportivo Heykers. Untuk harganya pun berbeda pada setiap variannya. Untuk tipe E yang merupakan varian termurah dibanderol dengan harga Rp 232,4 juta untuk transmisi manual dan Rp 244,2 juta untuk transmisi otomatisnya. Sedangkan untuk tipe G M/T dibanderol dengan harga Rp 240,7 juta dan CVT Rp 251,7 juta. Untuk tipe TRD Sportivo M/T dibanderol dengan harga Rp 262,6 juta dan CVT Rp 274,4 juta. Untuk persaingan harganya sangat bersaing dengan Honda Jazz namun dari jumlah pilihan varian, Toyota Yaris masih lebih unggul.

Yaris Heykers

yaris 2017
Sumber: Indian Autos Blog

Diantara empat varian di atas, masih terdapat satu varian lagi yang merupakan versi upgrade dari Yaris TRD Sportivo, yaitu Heykers. Varian ini akan membuat penampilan Yaris menjadi lebih gagak layaknya mobil crossover. Heykers menempati strata tertinggi pada mobil Yaris, sama halnya seperti Veloz pada Avanza dan Venturer di Innova.

Dibagian eksterior, Yaris Heykers ini mempunyai beragam aksesoris penunjang, namun hal yang paling berbeda terdapat di sektor suspensinya. Hal ini dapat terlihat dari pemasangan per dan shock absorber racikan TRD (Toyota Racing Development) yang mempunyai bentuk lebih panjang sehingga membuat ground clearance menjadi tinggi sebanyak 184 mm.

Baca Juga: Toyota Yaris “Supercharged Limited Edition”

Dibagian ban, Toyota memberikan Yaris Heykers dengan pelek besar dengan ban profil tebal yang mampu menjulangkan mobil ini 35 mm dari versi standarnya. Racikan suspensi yang dilakukan Toyota membuat suspense mobil ini terasa lebih nyaman dan cocok untuk beragam kontur jalan. Yaris Heykers dibanderol dengan harga Rp 269,6 juta M/T dan Rp 281,4 juta untuk CVT.

Yaris di Asia

Sejatinya Yaris bukanlah produk global yang model serta bentuknya sama di setiap negara. Hal ini terlihat dengan berbedanya bentuk antara versi Indonesia dan versi Jepang. Meskipun di tanah air Yaris dirakit di Karawang dengan kode XP150 serta berbasis Toyota Vios NCP150. Sedangkan penyebarannya ke berbagai wilayai Asia mulai dari Cina, Thailand, Singapura, Vietnam, Taiwan dan Filipina. Sedangkan untuk versi Jepang, Yaris lebih dikenal dengan sebutan Vitz dan di ekspor ke berbagai negara Eropa dan Amerika.

Mesin Baru

Pada September tahun 2016 lalu, Toyota mengganti mesin serta transmisi milik Yaris lama dengan mesin baru 2NR-FE yang juga dipakai oleh Avanza Veloz, Sienta dan Vios. Mesin baru Yaris 2017 ini tetap mempertahankan konfigurasi 4-silinder berkapasitas 1,5 liter sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 107 PS dan 140 Nm sedikit di bawah mesin lamanya, yaitu 109 PS dan 141 Nm. Untuk keandalan mesin ini belum cukup terbukti seperti mesin 1NZ-FE pada Vios generasi pertama 2003 silam.

Transmisi CVT Terbaru

yaris 2017
Sumber: Carscoops

Mengikuti tren yang sedang berkembang saat ini, transmisi mobil Yaris juga mengalami perubahan, dimana otomatis konvensional torque converter 4-percepatan berganti dengan Continously Variable Transmission (CVT) yang telah banyak dipakai pada berbagai model Toyota lainnya.

Transmisi CVT dipercaya lebih efektif dan efisien dalam menyalurkan tenaganya namun sensasi berkendara menjadi hambar karena karakter transmisi CVT yang sangat halus. Selain itu, mobil ini juga menyediakan sequential shift yang berfungsi untuk mode perpindahan manual sehingga mampu untuk digunakan jika ingin menyalip atau menemui tanjakan serta turunan yang tajam.

Selain Yaris 2017 baru, Anda juga dapat membeli mobil Yaris bekas dengan berkunjung ke laman OTOmart.id atau mengklik di sini

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Spesifikasi dan Harga Mobil Avanza Bekas Juli 2018

OTOmart – Tidak dapat dipungkiri lagi jika mobil Avanza merupakan salah satu mobil buatan...

Jaga Persaingan, Mitsubishi Luncurkan Pajero 2019 di Cina

OTOmart – Guna menjaga pasar agar tetap kondusif hingga munculnya model terbaru, membuat Mitsubishi...

Perbedaan Mesin Avanza dan Mesin Xenia yang Perlu Diketahui

OTOmart – Ketika Anda berkendara di jalanan, tentu Anda tidak akan asing lagi dengan...

Mau Beli Mobil? Sebaiknya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Dulu

Otomart – Pengaturan sistem keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah mudah, semua membutuhkan pengalaman...

Waspada! Bahaya Menaruh Botol Plastik Dalam Kabin Mobil

OTOmart – Jika Anda seringkali meninggalkan air minum dalam kemasan botol plastik di dalam...

5 Etika Pemasangan Lampu Kabut Yang Wajib Dipenuhi

OTOmart – Lampu kabut (fog lamp) merupakan salah satu komponen tambahan (aksesori) yang biasanya...