Kementerian Perhubungan Gelar Program Mudik Gratis 2018

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
perhubungan
Sumber: NTMC Polri

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H yang akan jatuh pada pertengahan Juni 2018, Kementerian Perhubungan akan mengadakan program Mudik Gratis 2018 untuk para pemudik yang biasanya menggunakan transportasi roda dua alias motor.

Program mudik gratis ini dilakukan untuk mewujudkan lalu lintas yang aman, selamat dan lancar ketika musim angkutan Lebaran tiba.

Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Dara mengatakan bahwa program mudik gratis khusus untuk para pemudik yang menggunakan sepeda motor tahun 2018 ini berjumlah 1.130 bus dan 70 truk untuk moda jalannya, dengan daya angkut sekitar 50.000 orang serta 3.200 unit motor.

Bagi moda kapal penyeberangan, rute yang akan dilewati meliputi tiga lintasan, antara lain yaitu Jakarta-Semarang, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Lampung. Ketiga rute tersebut mempunyai kapasitas masing-masing sebanyak 1.000 orang serta 500 unit sepeda motor.

Baca Juga: Jasa Raharja Gelar Program Mudik Gratis, Catat Tanggal Pendaftarannya

Namun kabarnya, Direktoran Jenderal Perhubungan Darat akan memperluas titik tujuan, jadi tidak hanya terfokus pada area Pulau Jawa saja, melainkan juga area luar Pulau Jawa. “Untuk lokasi tujuan mudik gratis tanpa menggunakan sepeda motor di tahun ini akan meliputi 32 kabupaten/kota yang berada di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung dan Sumatera Barat,” ucap Budi seperti dilansir laman Kontan News, pada keterangan resminya.

Sedangkan bagi para pemudik yang menggunakan sepeda motor akan meliputi sembilan kabupaten/ kota yang meliputi wilayah Tegah, Semarang, Solo, Yogyakarta, Magelang, Wonogiri, Kebumen, Wonosobo dan Purwokerto.

Bagi para masyarakat yang ingin mengikuti program mudik gratis yang dilakukan oleh Departemen Perhubungan, Anda dapat melakukan pendaftaran online melalui situs mudikgratis.dephub.go.id atau Anda dapat melakukan pendaftaran secara langsung (offline) melalui kantor pusat Kemenhub Jakarta, kantor Dishub Kota Bogor, kantor Dishub Kota Depok, kantor Dishub Kabupaten Tangerang dan Dishub Kabupaten Bekasi.

Untuk persyaratan wajib yang perlu dilengkapi oleh para calon penumpang adalah, mempunyai SIM dan STNK yang masih berlaku serta wajib membawa STNK, SIM, KTP, KK asli serta tiga lembar fotokopi dari masing-masing persyaratan tersebut. Selain itu, tidak boleh ada modifikasi ataupun aksesoris tambahan pada sepeda motor Anda.

Untuk memanfaatkan kapasitas yang masih tersedia, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan para paguyuban perantau yang berada di Jakarta untuk membantu sosialisasi serta mendukung pelaksanaan kegiatan Mudik Gratis yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan.

“Berdasarkan hasil rapat koordinasi sementara, tercatat ada sekitar 21.500 orang yang telah siap untuk ikut serta program mudik gratis yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan,” ucapnya.

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran, Harga Sewa Mobil Alami Peningkatan

Selain melaksanakan program Mudik Gratis untuk para pengguna Sepeda Motor pada angkutan Lebaran Tahun 2018/ 1439 H, Kementerian Perhubungan juga tengah melakukan pemantauan terhadap berbagai kegiatan mudik gratis yang dilakukan oleh pihak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Swasta. Sebab, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan para pihak BUMN dan mitra kerja swasta, rencana untuk melakukan program mudik gratis tahun 2018 ini tercatat ada sekitar 3.000-an bus yang telah terdaftar.

Karena itu, dengan dilakukannya program mudik gratis ini diharapkan mampu mengalihkan minat masyarakat yang tadinya ingin melaksanakan mudik menggunakan sepeda motor, beralih menggunakan moda transportasi yang telah disediakan, sehingga akan dapat menekan angka kecelakaan sepeda motor yang biasanya terjadi selama masa angkutan lebaran 2018, serta memberikan kemudahan kepada para masyarakat yang ingin bersilaturahim dan bertemu dengan seluruh keluarganya yang berada di kampung halaman.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Gunakan Per All New Rush, Modifikasi Avanza Ini Justru Lebih Elegan

OTOmart – Toyota Avanza hingga saat ini masih menjadi salah satu kendaraan yang paling...

Sambut HUT RI Ke-74, Auto2000 Gelar Promo Mobil Toyota

OTOmart – Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Auto2000 yang merupakan diler resmi untuk...

Aplikasi e-Uji Emisi, Tampilkan Lokasi Resmi Uji Emisi Kendaraan

OTOmart – Setelah mengeluarkan instruksi gubernur beberapa hari yang lalu mengenai uji emisi kendaraan...

Mau Lulus Uji Emisi Kendaraan? Coba Lakukan Tips Ini

OTOmart – Setelah DKI Jakarta masuk ke dalam kota dengan kualitas udara terburuk di...

Auto2000 Usulkan Toyota HiAce Jadi Kendaraan Pengganti Angkot

OTOmart – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mulai mensosialisasikan perluasan sistem ganjil genap...

Ini Keuntungan Menggunakan Garansi Mobil Bekas

OTOmart – Hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah mengenai perbedaan antara...