Enam Konsep Kemenhub Bagi Semua Moda Transportasi Jelang Mudik

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

moda transportasi

OTOmart – Guna menghadapi arus mudik lebaran tahun 2018/ 1439 H, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan enam konsep dalam menghadapi hal tersebut. Enam konsep tersebut meliputi semua moda transportasi, mulai dari darat, laut dan udara.

Budi Karya Sumadi sebagai Menteri Perhubungan mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan komunikasi informal dengan pihak-pihak terkait, seperti Kementerian PU, Polri dan berbagai instansi lainnya terkait persiapan mudik 2018. Seperti biasanya, transportasi yang digemari oleh para pemudik yaitu pesawat dan kereta api.

Baca Juga: Kementerian Perhubungan Gelar Program Mudik Gratis 2018

Berikut ini adalah enam konsep yang telah dipaparkan oleh Kemenhub pada Senin, 19 Maret 2018 lalu dalam menghadapi mudik lebaran 2018, antara lain yaitu:

  1. Menginstruksikan kepada seluruh pengelola untuk mengoperasikan bandara hingga pukul 24.00 termasuk yang ada di daerah. Hal ini dilakukan agar rotasi pesawat yang akan kembali ke Jakarta menjadi lebih leluasa. “Jadi Jakarta itu merupakan kota prioritas, sebab kebanyakan pergerakan arus mudik berasal dari Jakarta,” ucapnya.
  2. Maskapai harus menggunakan pesawat widebody (berukuran besar) bagi penerbangan yang menuju ke daerah tertentu, seperti Bali, Surabaya dan Medan. “Kita akan melakukan efisiensi jumlah pergerakan yang ada agar transportasi udara ini dapat tertangani dengan sangat baik,” terang Budi.
  3. Kementerian Perhubungan telah melakukan koordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia untuk memberikan penambahan kapasitas penumpang sebanyak 4-5 persen. “Namun biasanya memang Kereta Api itu selalu penuh sehingga untuk sisanya akan kita persiapkan pada dua moda transportasi lainnya, yaitu darat dan laut,” ujar Budi. Hal ini dilakukan berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, dimana pada umumnya lonjakan yang paling signifikan terjadi pada moda transportasi darat. Karena itu menurutnya, dibutuhkan persiapan yang sangat matang untuk terus memantau pergerakan para pemudik, terutama yang berada di wilayah Jabodetabek ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.
  4. Kementerian Perhubungan telah melakukan kerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dalam melakukan manajemen waktu, seperti yang telah diketahui bersama, bahwa libur bersama telah ditetapkan pada dua hari menjelang Lebaran hingga dua hari setelah Lebaran. Maka ada waktu tujuh hari yang membuat tekanan mudik ini tidak hanya berfokus pada H-1 menjelang Lebaran sjaa/ “Kita tentunya juga ingin melakukan koordinasi agar libur anak sekolah dapat terjadi pada dua hingga tiga hari lebih awal. Hal ini bertujuan agar para saudara kita yang ingin melakukan mudik tidak hanya dilakukan pada H-1 saja, tapi dapat dilakukan sejak H-7 hingga H-8. Karena itu perlu kita lakukan relaksasi,” ungkap Budi.
  5. Untuk menguraikan kepadatan pergerakan di darat, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan program mudik gratis dengan menggunakan 20 kapal perintis. Mudik gratis menggunakan kapal laut ini akan dioperasikan rute mulai dari Jakarta menuju Semarang. “Jadi mudik gratis menggunakan transportasi laut ini akan menampung sekitar 20.000 hingga 30.000 orang,” ucapnya.
  6. Kementerian Perhubungan telah menyediakan jasa angkut sepeda motor gratis. Hal ini bertujuan untuk meminimalisasi pemudik untuk mudik menggunakan sepeda motor. Moda transportasi darat beroda dua tersebut dianggap paling rawan untuk mengalami kecelakaan ketika melakukan mudik. Namun, meskipun begitu jatah pengangkutan sepeda motor gratis yang akan diangkut menggunakan kereta api saat ini telah habis, dan saat ini Kementerian Perhubungan juga telah meminta PT KAI untuk memberikan penambahan jatah sebanyak 5.000 sepeda motor lagi.
temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...