Ini Kelemahan Kunci Mobil Canggih Immobilizer Pada Mobil Anda

posted in: Artikel Mobil | 3 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
kunci mobil
Sumber: Getty Images

OTOmart – Sekarang ini hampir semua mobil keluaran terbaru telah dibekali dengan berbagai fitur canggih. Salah satu fitur canggih tersebut adalah kunci immobilizer. Kunci mobil ini dirancang menggunakan sistem enkripsi elektronik sehingga jauh berbeda dari berbagai model standar yang pada umumnya ada.

General Repair Service Manager Toyota Astra Motor, Iwan Abdurrahman menjelaskan bahwa meskipun telah disematkan dengan teknologi canggih, namun kunci immobilizer ini tetap saja mempunyai kekurangan dan kelebihan.

Baca Juga: Bukan Airbag, Ternyata Ini Loh Fitur Keselamatan Utama Pada Mobil

“Keuntungan menggunakan kunci ini adalah aman. Sebab mobil hanya dapat dihidupkan menggunakan anak kunci yang sudah terdaftar di ECU mobil. Jadi mesin mobil tidak akan hidup jika dibobol menggunakan obeng,” ucapnya, seperti dilansir laman Viva News.

Sekilas sistem kerja kunci berteknologi canggih hampir mirip dengan kunci mobil dengan menggunakan alarm konvensional. Akan tetapi yang membedakan adalah, pada immobilizer ditanamkan sebuah enkripsi, yang berarti terdapat sinyal atau frekuensi yang mampu dikirim, diterima, dan diacak yang hanya bisa diterjemahkan oleh alat yang telah ditentukan sebagai pasangannya.

“Pastinya susah dibobol, sebab itu tadi, kalau kunci yang dimasukkan tidak di kenali oleh mobil, maka mesin enggak akan mau hidup (hanya starter saja yang menyala),” ungkap Iwan.

Berbicara mengenai kelemahan, Iwan mengatakan bahwa komponen yang terdapat pada kunci ini sangat mahal daripada kunci biasanya. Karena itu, jika disematkan menjadi fitur standar, maka dapat membuat harga mobil mengalami peningkatan.

Tidak hanya itu, resikonya pun cukup tinggi jika sampai kunci immobilizer hilang, sebab Anda tidak dapat menduplikatnya secara sembarangan, sebab kunci tersambung dengan ECU mobil.

Baca Juga: Bersiaplah! Ponsel Pintar Akan Gusur Keberadaan Kunci Mobil

“Kerugian menggunakan kunci ini tentu adalah biayanya yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kunci biasa. Akan tetapi hal ini sebanding dengan manfaat yang didapatkan oleh pemilik kendaraan,” ucap Iwan.

Namun hal terbaik yang harus tetap Anda lakukan adalah tetap menjaga kunci mobil immobilizer tidak jatuh ke tangan orang lain. Sebab, jika sampai jatuh atau tercecer ke tangan orang lain, maka bukan tidak mungkin dapat disalahpergunakan sehingga membuat Anda kehilangan kendaraan impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...

Sering Lupa Ganti Oli? Siap-Siap Transmisi Matik Sering Nyangkut

OTOmart – Salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh pembeli mobil bekas adalah...

Tips Mencegah Warna Putih Pada Cat Mobil Berubah Menguning

OTOmart – Pernahkah Anda mengalami atau melihat mobil yang dulunya berwarna putih namun kini...

Tips Memilih Cairan Carbon Cleaner Yang Bagus Untuk Mesin Anda

OTOmart – Dalam membersihkan jeroan mesin, seorang teknisi pada umumnya menggunakan cairan pembersih yang...