Ini Kelemahan Kunci Mobil Canggih Immobilizer Pada Mobil Anda

posted in: Artikel Mobil | 3 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
kunci mobil
Sumber: Getty Images

OTOmart – Sekarang ini hampir semua mobil keluaran terbaru telah dibekali dengan berbagai fitur canggih. Salah satu fitur canggih tersebut adalah kunci immobilizer. Kunci mobil ini dirancang menggunakan sistem enkripsi elektronik sehingga jauh berbeda dari berbagai model standar yang pada umumnya ada.

General Repair Service Manager Toyota Astra Motor, Iwan Abdurrahman menjelaskan bahwa meskipun telah disematkan dengan teknologi canggih, namun kunci immobilizer ini tetap saja mempunyai kekurangan dan kelebihan.

Baca Juga: Bukan Airbag, Ternyata Ini Loh Fitur Keselamatan Utama Pada Mobil

“Keuntungan menggunakan kunci ini adalah aman. Sebab mobil hanya dapat dihidupkan menggunakan anak kunci yang sudah terdaftar di ECU mobil. Jadi mesin mobil tidak akan hidup jika dibobol menggunakan obeng,” ucapnya, seperti dilansir laman Viva News.

Sekilas sistem kerja kunci berteknologi canggih hampir mirip dengan kunci mobil dengan menggunakan alarm konvensional. Akan tetapi yang membedakan adalah, pada immobilizer ditanamkan sebuah enkripsi, yang berarti terdapat sinyal atau frekuensi yang mampu dikirim, diterima, dan diacak yang hanya bisa diterjemahkan oleh alat yang telah ditentukan sebagai pasangannya.

“Pastinya susah dibobol, sebab itu tadi, kalau kunci yang dimasukkan tidak di kenali oleh mobil, maka mesin enggak akan mau hidup (hanya starter saja yang menyala),” ungkap Iwan.

Berbicara mengenai kelemahan, Iwan mengatakan bahwa komponen yang terdapat pada kunci ini sangat mahal daripada kunci biasanya. Karena itu, jika disematkan menjadi fitur standar, maka dapat membuat harga mobil mengalami peningkatan.

Tidak hanya itu, resikonya pun cukup tinggi jika sampai kunci immobilizer hilang, sebab Anda tidak dapat menduplikatnya secara sembarangan, sebab kunci tersambung dengan ECU mobil.

Baca Juga: Bersiaplah! Ponsel Pintar Akan Gusur Keberadaan Kunci Mobil

“Kerugian menggunakan kunci ini tentu adalah biayanya yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kunci biasa. Akan tetapi hal ini sebanding dengan manfaat yang didapatkan oleh pemilik kendaraan,” ucap Iwan.

Namun hal terbaik yang harus tetap Anda lakukan adalah tetap menjaga kunci mobil immobilizer tidak jatuh ke tangan orang lain. Sebab, jika sampai jatuh atau tercecer ke tangan orang lain, maka bukan tidak mungkin dapat disalahpergunakan sehingga membuat Anda kehilangan kendaraan impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Harga Mitsubishi Xpander Bekas Mulai Dari Rp 200 Jutaan

OTOmart – Dibandingkan versi terbarunya, harga jual Mitsubishi Xpander bekas justru lebih menarik. Di...

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...