Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Pada Kendaraan Anda

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
lampu led
Penggunaan lampu LED pada mobil rupanya memberikan kelebihan dan kekurangan tersendiri bagi para pengemudi (Visicom LED)

OTOmart – Saat ini telah banyak mobil yang menggunakan lampu LED (light emitting diode) sebagai pengganti dari lampu standar sebelumnya, seperti lampu bohlam dan HID.

Akan tetapi sebelum Anda mengganti lampu kendaraan Anda dengan lampu LED, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari lampu LED yang saat ini tengah marak digunakan.

Baca Juga: Lampu Mobil Anda Redup? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Direktur CV SPN, distributon lampu merek Autovision, Lily Hernawan menjelaskan bahwa kekurangan LED adalah ketika kendaraan yang Anda gunakan tengah melaju dalam kondisi cuaca yang sedang tidak bersahabat sehingga menurunkan performa penerangan, seperti hujan dan saat turun kabut.

Pada kedua kondisi tersebut, justru pencahayaan menggunakan LED akan membuat pandangan pengemudi menjadi bias. Sedangkan jika menggunakan lampu kuning, justru akan membantu para pengemudi dalam mengantisipasi jalan yang berada di depannya.

“Untuk kelemahannya yaitu saat cuaca sedang hujan atau kabut,” ucap Lily pada acara peluncuran LED Autovision yang berlangsung dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang dilangsungkan di ICE BSD, Tangerang, seperti dilansir laman CNN Indonesia.

Karena itu menurut Lily, para pemilik kendaraan harus lebih jeli dan tepat dalam memilih LED. Sebab, ketepatan pemilihan LED dapat dilihat berdasarkan satuan kevin. Lily juga menjelaskan lagi jika pencahayaan dikatakan cukup baik jika kendaraan mempunyai 6.000 kelvin.

“Dengan pencahayaan sebesar itu, LED akan tetap mempunyai warna kuning demi menghindari atau mengatasi pembiasan pandangan ketika kondisi cuaca hujan atau berkabut,” terangnya.

Baca Juga: 5 Etika Pemasangan Lampu Kabut Yang Wajib Dipenuhi

Selain itu, Lily juga memaparkan bahwa penggunaan LED terhadap kendaraan karena LED merupakan komponen elektronik yang terbilang solid, tahan terhadap guncangan serta mempunyai dimensi kecil daripada bohlam sehingga penempatannya menjadi lebih praktis.

Walaupun begitu, tetap saja dalam suatu kondisi tertentu piranti ini akan mempunyai masalah, seperti penurunan kinerja LED jika suhu yang ada di sekitarnya melebihi batas kemampuan dari daya tahan lampu tersebut. Perlu diketahui jika LED akan berfungsi dengan sangat baik jika mempunyai suhu kurang dari 70 derajat.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

3 Langkah Mudah Usir Udara Panas Pada Kabin Mobil Anda

OTOmart – Pernahkah Anda memarkir mobil Anda di lahan terbuka? Apalagi saat waktu siang...

Punya Tombol Tersembunyi, Begini Cara Mematikan Sistem Alarm C-HR

OTOmart – Seperti kebanyakan mobil pada umumnya, Toyota C-HR juga tentunya telah dibekali dengan...

Selain Pedal Rem, Ini Beberapa Jenis Rem Yang Perlu Anda Tahu!

OTOmart – Seperti rem pada umumnya, rem tangan atau sering disebut juga dengan rem...

4 Faktor Penyebab Kendaraan Jadi Boros Konsumsi Bahan Bakar

OTOmart – Bagi pengendara kendaraan bermotor, baik kendaraan beroda dua maupun beroda empat, tentunya...

Mobil Sudah Gunakan Emisi Euro 4, Sebaiknya Gunakan BBM Jenis Ini

OTOmart – Sejak menerapkan standar emisi Euro 4 di Indonesia sejak Oktober 2018 kemarin...

Begini Cara Membedakan Mobil Bekas Taksi Online Dengan Yang Tidak

OTOmart – Saat Anda membeli mobil bekas, tentunya Anda ingin mendapatkan mobil bekas dengan...