Titik Mudik Ini Bisa Akibatkan Kejadian di Tol Brebes Terulang

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
tol brebes
Pintu Tol Brebes Timur (Republika)

OTOmart – Para pemudik tentunya ingat dengan kejadian dua tahun lalu, dimana para pengguna Tol Cipali harus menghadapi kejadian yang kurang menyenangkan sepanjang 27 kilometer, dimana antrean kendaraan yang hendak keluar dari pintu tol Brebes mengular antri, sehingga perjalanan dari Jakarta ke Brebes harus terpaksa ditempuh selama 24 jam.

Melihat hal itu, PT Pejagan Pemalang Toll Road yang merupakan operator Jalan Tol Pejagan-Pemalang untuk ruas Pejagan Brebes Timur telah melakukan langkah antisipasi dengan membuka seluruh gardu yang terdapat di gerbang tol untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan akibat dari padatnya kendaraan pemudik yang melintasi ruas tol tersebut. Namun yang terjadi kondisinya tetap macet.

Baca Juga: Hati-Hati! Melintas di Tol Fungsional Kecepatan Maksimal 40 KM/Jam

Bahkan kendaraan baru dapat bergerak setiap 20 hingga 30 menit. Dan dalam kurun waktu tersebut, kendaraan yang berasal dari Pejagan hingga menuju tol Brebes Timur benar-benar dalam kondisi terhenti dan nampak seperti parkir berjamaah.

Lalu di tahun berikutnya, ruas tol tersebut aman dilewati oleh para pemudik karena dilakukannya beberapa langkah antisipasi oleh pihak-pihak terkait. Kemudian untuk tahun ini, Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa pintu keluar tol Brebes tidak akan lagi menjadi masalah seperti tahun-tahun sebelumnya.

Akan tetapi, diprediksi kemacetan akan berpindah ke pintu keluar tol lain. Hal ini disampaikan langsung oleh Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan di kantor tvOne, Jakarta Timur

“Untuk sementara, titik kemacetan yang menjadi pusat perhatian kami adalah di pintu tol terakhir yang berada di Tegal. Hal itu kemungkinan akan sama dengan kejadian Brexit (Brebes Exit) dahulu,” ucap Budi, seperti dilansir laman Viva News, Kamis (7/6) kemarin.

Meski begitu, Budi juga mengakui bahwa pihaknya telah melakukan beberapa langkah antisipasi. Salah satunya adalah dengan menyediakan banyak gerbang tol untuk memudahkan kendaraan keluar dari Cipali.

“Sekarang ini pintunya ada 13, jadi kalau perkiraan kami tidak akan terjadi kejadian yang sama seperti dua tahun lalu,” terangnya.

Baca Juga: 3 Tips Mudik Aman Lewat Jalan Tol Jakarta – Surabaya

Langkah ini diambil guna mengurai simpul kemacetan yang biasanya terjadi. Sebab, para pemudik merasa jika waktu tempuh mereka dapat lebih cepat jika melintas di tol ketimbang melalui jalur arteri. Budi juga menghimbau kepada para pemudik yang hendak menuju ke Jawa Tengah untuk memanfaatkan pintu keluar tol sebelum wilayah Tegal.

“Masyarakat dapat keluar di Pejagan, Brebes Barat dan Brebes Timur bagi para pemudik yang mengarah ke selatan,”terangnya lagi.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Confero Bertahan Di Tengah Sengitnya Persaingan Mobil LMPV

OTOmart – Para pecinta otomotif tentu setuju jika persaingan mobil di segmen LMPV merupakan...

Calya Jadi Mobil Low Cost Green Car Terlaris September 2018

OTOmart – Sejak dimunculkan regulasi tahun 2013 mengenai mobil murah oleh Kementrian Perindustrian (Kemenperin),...

Sejak Diluncurkan, Pesanan All New Honda Brio Membludak

OTOmart – Setelah resmi diluncurkan dan diperkenalkan ke publik pada ajang Gaikindo Indonesia Motor...

Penjualan Mobilio Turun, Honda Bakal Siapkan Mobil Low MPV Terbaru?

OTOmart – Dikenal sebagai salah satu produk unggulan dari Honda untuk segmen mobil low...

Hanya Bulan Ini, Pembelian Mobil di Auto2000 Cuma Rp73 Ribuan

OTOmart – Demi memberikan kemudahan kepada para konsumen setianya untuk dapat mempunyai kendaraan Toyota...

Selama Bulan September, Rush-Terios Kuasai Pasar Mobil Low SUV

OTOmart – Mobil low SUV (Sport Utility Vehicle) dalam beberapa bulan terakhir tengah mencuri...