Ingat! Kebijakan Ganjil Genap Mulai Diberlakukan Hari Ini

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
ganjil
Kebijakan sistem ganjil genap diperpanjang hingga akhir tahun 2018 (Intersport.id)

OTOmart – Setelah terjadi banyak perdebatan mengenai kebijakan ganjil genap di sejumlah ruas jalan yang ada di wilayah DKI Jakarta setelah berakhirnya event Asian Games, akhirnya pemerintah provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk memperpanjang pemberlakuan sistem lalu lintas ini hingga akhir tahun 2018 mendatang.

Baca Juga: Jenis Kendaraan yang Kebal Aturan Lalu Lintas Ganjil-Genap

Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 106 Tahun 2018 mengenai Pembatasan Lalu Lintas Sistem Ganjil Genap. Berdasarkan keputusan tersebut, maka sistem ganjil genap akan mulai diberlakukan mulai dari tanggal 15 Oktober hingga 31 Desember 2018. Dan mulai hari ini, kebijakan sistem ganjil genap tersebut akan mulai diterapkan dua kali dalam sehari, yaitu pada pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 16.00 hingga 20.00 WIB.

Sigit Wijatmoko, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengatakan jika ruas-ruas jalan yang nantinya akan diberlakukan sistem ganjil genap, sebelumnya akan diberikan penyesuaian lanjutan dibandingkan sebelumnya.

Beberapa ruas jalan yang nantinya diterapkan kebijakan sistem lalu lintas ganjil genap mulai Senin, (15/10/2018) antara lain yaitu, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan MH Thamrin serta Jalan Jenderal Sudirman.

Selain jalan-jalan protokol yang terdapat di ibu kota, beberapa ruas jalan lainnya yang termasuk ke dalam kebijakan pembatasan lalu lintas ini yaitu, sebagian Jalan S. Parman (mulai dari Jalan Simpang Tomang Raya hingga ke simpang Jalan KS Tubun), Jalan Gatot Subroto, Jalan MT Haryono, Jalan Ahmad Yani, Jalan HR Rasuna Said serta Jalan DI Panjaitan.

“Untuk kebijakan ganjil genap akan diberlakukan dua kali setiap harinya, yaitu mulai dari pukul 06.00 hingga 10.00 WIB, kemudian mulai dari pukul 16.00 hingga pukul 20.00 WIB,” ucap Sigit, seperti dilansir laman Liputan6 News, Minggu (14/10/2018).

Sigit juga menambahkan jika kebijakan ini nantinya tidak akan berlaku ketika akhir pekan atau Sabtu dan Minggu serta hari-hari libur nasional lainnya. Sistem lalu lintas ganjil genap tersebut tidak akan berlaku bagi kendaraan pimpinan lembaga tertinggi negara, seperti Presiden dan Wakil Presiden, ketua DPR, ketua DPD, ketua MPR, ketua MA, ketua MK dan ketua BPK.

Baca Juga: Tilang Elektronik Mulai Diuji Coba di Jakarta Oktober Mendatang

Selain itu, kebijakan ini juga tidak berlaku bagi kendaraan tamu negara, pejabat negara asing, kendaraan berpelat TNI dan Polri, damkar, ambulans serta angkutan umum yang telah berpelat kuning. Kendaraan Pertamina, kendaraan pengangkut penyandang disabilitas serta kendaraan-kendaraan yang telah melalui berbagai pertimbangan Polri.

“Secara umum, kebijakan ini nantinya akan terus kita evaluasi secara periodik,” terang Sigit.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Gunakan Per All New Rush, Modifikasi Avanza Ini Justru Lebih Elegan

OTOmart – Toyota Avanza hingga saat ini masih menjadi salah satu kendaraan yang paling...

Sambut HUT RI Ke-74, Auto2000 Gelar Promo Mobil Toyota

OTOmart – Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Auto2000 yang merupakan diler resmi untuk...

Aplikasi e-Uji Emisi, Tampilkan Lokasi Resmi Uji Emisi Kendaraan

OTOmart – Setelah mengeluarkan instruksi gubernur beberapa hari yang lalu mengenai uji emisi kendaraan...

Mau Lulus Uji Emisi Kendaraan? Coba Lakukan Tips Ini

OTOmart – Setelah DKI Jakarta masuk ke dalam kota dengan kualitas udara terburuk di...

Auto2000 Usulkan Toyota HiAce Jadi Kendaraan Pengganti Angkot

OTOmart – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mulai mensosialisasikan perluasan sistem ganjil genap...

Ini Keuntungan Menggunakan Garansi Mobil Bekas

OTOmart – Hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah mengenai perbedaan antara...