Bikin Aki Tekor Sebaiknya Hindari Kebiasaan Berikut Ini

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
aki tekor
Kebiasaan ini bikin aki cepat tekor (istock)

OTOmart – Pemakaian yang terlalu sering pada mobil Anda tentunya juga akan berpengaruh pada kemampuan aki yang merupakan sumber utama kelistrikan mobil Anda. Hal yang paling berpengaruh adalah berkurangnya kinerja aki akibat dari terjadinya proses kimiawi yang berlangsung. Meski mempunyai batasan masa pakai, Anda sebagai pemilik mobil juga dapat melakukan penghematan dengan melakukan cara-cara yang cukup sederhana agar tidak bikin aki tekor.

Ricky Humisar, Kepala Perencanaan Produk Sokonindo Automobile mengungkapkan bahwa pada dasarnya adalah mengubah kebiasaan seseorang saat berkendara sehingga menyebabkan aki tekor. Salah satu kebiasaan pengemudi yang kurang baik adalah lupa mematikan perangkat elektronik ketika mesin telah dimatikan.

Baca Juga: Tips Mudah Mengetahui Kondisi Aki Soak Atau Tidak

Yang seringkali terlupakan adalah mematikan AC serta headunit saat parkir. Hal ini menurut Ricky merupakan kondisi yang paling banyak menyedot energi aki. sebab, ketika selesai parkir dan ingin menyalakan mesin, maka kerja motor starter akan semakin berat, terutama ketika posisi AC dan head unit masih dalam keadaan menyala.

“Biasanya yang seperti itu bisa bikin aki tekor, memang sih tidak secara langsung tapi malah akumulatif,” terang Ricky lagi, seperti dilansir laman CNN Indonesia, Jumat (24/8) lalu.

Salah satu kebiasaan lainnya yang seringkali menjadi faktor penyebab aki tekor adalah sering tergesa-gesa dalam menyalakan mesin. Pada umumnya, seseorang yang akan menyalakan mesin akan melakukan dua tahap, yang pertama adalah dengan memutar kunci ke posisi on, lalu yang kedua adalah kunci diputar ke posisi starter untuk langsung menyalakan mesin.

Ricky menuturkan bahwa sebaiknya dua tahapan tersebut tidak dilakukan seketika. Sebab, ketika kunci berada di posisi on, maka sistem bekerja untuk selanjutnya menganalisa status mobil, mulai dari kondisi aki, mesin serta berbagai fitur-fitur yang telah disematkan lainnya. Proses ini membutuhkan waktu dan energi yang berasal dari aki hanya beberapa detik saja.

Karena itu sangat disarankan agar pemilik kendaraan memberikan jeda sebelum kunci diputar dari posisi on ke posisi starter sehingga memudahkan kerja dari motor starter dan meringankan suplai energi aki.

Baca Juga: Lakukan Cara Merawat Mesin Mobil Ini Agar Performa Tetap Stabil

Kebutuhan listrik suatu mobil tentunya telah diperhitungkan secara baik oleh para produsen kendaraan sehingga dapat disesuaikan dengan spesifikasi aki. Karena itu, jika Anda ingin menambahkan perangkat elektronik ke dalam komponen mobil Anda seperti aksesori audio, maka alangkah baiknya Anda mengkonsultasikan hal ini dengan pihak bengkel.

Hal ini bertujuan agar energi aki yang keluar dapat sesuai dengan kebutuhan. Sebab, jika Anda memberikan tugas tambahan dari seluruh fungsi utama yang ada justru akan memperpendek usia pakai aki tersebut. Biasanya para pabrikan merekomendasikan kepada pemilik kendaraan untuk mengganti aki setidaknya dalam kurun waktu satu atau satu setengah tahun guna mencegah aki tekor yang tentunya akan menghambat aktifitas Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...

Sering Lupa Ganti Oli? Siap-Siap Transmisi Matik Sering Nyangkut

OTOmart – Salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh pembeli mobil bekas adalah...

Tips Mencegah Warna Putih Pada Cat Mobil Berubah Menguning

OTOmart – Pernahkah Anda mengalami atau melihat mobil yang dulunya berwarna putih namun kini...