Kaca Mobil Alami Goresan? Begini Cara Mengatasinya Tanpa Ke Salon

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

goresan

OTOmart – Bagi sebagian pemilik mobil, mengalami lecet atau baret pada bagian bodi merupakan hal yang lumrah dan sering terjadi, apalagi jika mengendarainya di tengah kemacetan ibu kota. Namun, ternyata selain bodi, goresan juga dapat terjadi pada bagian kaca mobil.

Nah, jika hal ini terjadi pada kaca mobil Anda, maka tentunya dapat mengganggu visibilitas para pengemudi maupun para penumpang yang berada di dalam mobil. Adapun penyebabnya pun cukup beragam. Jika terjadi pada bagian kaca depan, maka hal itu bisa saja akibat dari karet wiper yang telah mengeras.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda selalu rajin dan memperhatikan wiper mobil Anda, apakah sudah mulai mengeras atau bagian karetnya telah pecah sehingga ketika menyapu air tidak bersih. Jika hal itu terjadi, maka segeralah ganti karet wiper Anda.

Baca Juga: Tips Merawat Kaca Mobil Agar Tetap Terlihat Mengilap

Selain itu, usai mencuci mobil sebaiknya menggunakan lap atau lap sintetis yang telah dicuci terlebih dahulu hingga bersih. Melakukan pengecekan karet wiper dapat dilakukan selama tiga bulan sekali. Tidak hanya itu, hindarilah agar karet wiper tidak terpapar sinar matahari langsung.

Adapun cara yang tepat dalam mengatasi goresan pada kaca mobil, antara lain yaitu:

Menggunakan Pasta Gigi

Untuk menghilangkan goresan pada kaca mobil dengan menggunakan pasta gigi cukup mudah. Langkah pertama adalah mengambil pasta gigi secukupnya, namun sebaiknya gunakan pasta gigi yang mengandung pemutih agar proses penghilangan baret menjadi semakin lebih mudah.

Kemudian, oleskan pasta gigi tersebut pada bagian yang tergores, lalu oleskan secukupnya menggunakan handuk kering atau jari tangan.

Selanjutnya bersihkan olesan pasta gigi tersebut menggunakan air. Jika goresan tersebut belum juga hilang, maka sebaiknya Anda mengulangi cara ini hingga baret yang terdapat pada bagian kaca mobil benar-benar telah hilang dan biarkan kaca mobil mengering dengan sendirinya.

Namun, yang perlu dicatat adalah penggunaan pasta gigi sangat disarankan untuk menghilangkan goresan ringan pada kaca mobil, seperti yang disebabkan oleh wiper.

Menggunakan Cairan Amonia

Cara kedua yaitu menggunakan cairan amonia. Cairan ini dapat Anda temukan pada apotek atau toko-toko yang menjual berbagai bahan kimia. Setelah itu, campurkan 15 ml cairan amonia ke dalam setengah liter air dan aduk hingga cairan amonia bercampur rata dengan air.

Baca Juga: Cara Merawat Wiper Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Kemudian, ambillah kain bersih dengan berbahan katun, dan celupkan ke dalam cairan tersebut, lalu gosokkan kain pada bagian kaca mobil yang tergores.

Sebaiknya dalam menggosok goresan tersebut secara lembut dan perlahan. Jangan sampai goresan melukai kaca mobil, dan diamkan hingga beberapa saat sampai cairan amonia menyerap. Setelah itu, bersihkan kaca mobil secara menyeluruh. Jika goresan belum juga hilang, maka sebaiknya Anda mengulangi hal tersebut sampai goresan benar-benar menghilang.

Sedikit catatan, cairan amonia merupakan sejenis cairan kimia. Karena itu, alangkah baiknya digunakan secukupnya saja. Sebab, penggunaan yang terlalu banyak justru akan malah membuat kaca mobil Anda menjadi semakin berbaret dan gelap. Karena itu, berhati-hatilah dalam menggunakan cairan amonia tersebut, jangan sampai mengenai pada bagian lain mobil Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Lakukan 5 Hal Ini Agar Transmisi Mobil Matic Anda Tidak Cepat Rusak

OTOmart – Mobil matik saat ini tengah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan...

Mobil Matik Nekat Terjang Genangan Air, Begini Trik Amannya

OTOmart – Di musim hujan saat ini, pada umumnya di beberapa ruas jalan akan...

Begini Cara Mengecek Kondisi Mobil Anda Dengan Metode POWDER

OTOmart – Saat ini Indonesia tengah memasuki musim penghujan. Ini berarti kondisi mobil perlu...

Tips Jaga Jarak Aman Kendaraan dan Cara Mengukurnya

OTOmart – Saat Anda mengemudikan mobil, maka hal penting yang perlu dan penting untuk...

Baru Punya SIM? Ikuti 10 Tips Bagi Para Pengendara Pemula Ini

OTOmart – Dengan mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM) bukan berarti Anda dapat langsung bebas...

Musim Penghujan Datang, Perhatikan 8 Bagian Mobil Ini

OTOmart – Memasuki musim penghujan, sebagai pengendara tentu membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih...