Perbedaan Pelapis Jok Berbahan Kulit Sintetis dan Asli

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

jok berbahan kulit

Otomart, Jakarta – Bagian interior merupakan salah satu bagian yang menjadi daya tarik para konsumen otomotif, terutama bagian jok mobil. Pelapis jok mobil merupakan salah satu aksesoris yang dipasang di bagian interior dalam mobil untuk dapat menambah kenyamanan dalam berkendara. Material pelapis jok mobil pun bermacam-macam, mulai dari kain atau fabric hingga kulit. Berikut ini adalah perbedaan antara jok berbahan kulit asli dengan jok berbahan kulit sintetis.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Kabin Tetap Kinclong Tanpa Ke Salon Mobil

Untuk pelapis jok yang menggunakan kulit, saat ini banyak sekali pelapis kulit sintetis yang beredar luas. Pelapis jok berbahan kulit sintetis ini tidak kalah bagusnya dengan kulit asli. Hal ini dikarenakan harganya yang murah serta perawatannya yang terbilang cukup mudah.

“Kulit sintetis termasuk kategori low maintenance jika dibandingkan dengan kulit aslinya. Harganya pun jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kulit asli. Kulit asli pada umumnya dijual dengan harga di atas Rp. 10 hingga Rp. 20 juta,” ucap Thjie Tjie Fie, Assistant Marketing Manager Accura.

Untuk membersihkan kulit sintetis, hanya diperlukan air biasa saja. Hal ini karena kulit sintetis mempunyai permukaan bahan yang tidak menyerap. Berbeda dengan kulit asli yang akan menyerap air, sehingga akan membuat permukaan kulit menjadi keras.

Selain menggunakan air, pelapis jok menggunakan kulit sintetis juga dapat dibersihkan dengan menggunakan body lotion. Menurut Thjie Tjie, merawat jok berkulit sintetis menggunakan body lotion lebih bagus daripada menggunakan air biasa.

“Jangan memakai deterjen saat membersihkan kulit jok, sebab kalau terlalu sering akan membuat permukaan menjadi keras dan mengalami keretakan. Membersihkan menggunakan air untuk sesekali boleh namun jangan terlalu sering,” ucap Thji Tjie.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Kabin Mobil

Meskipun begitu, kulit sintetis juga harus dijaga dari noda pulpen. Sebab tinta pulpen adalah musuh dari pelapis kulit sintetis karena sifat cairannya yang sangat sulit untuk dibersihkan. “Noda yang paling sulit dibersihkan pada permukaan jok berbahan kulit sintetis adalah tinta pulpen. Sebisa mungkin jika terkena noda pulpen sebaiknya langsung dibersihkan dan jangan dibiarkan terlalu lama, sebab akan menyerap dan akan semakin susah dibersihkan,” tambahnya lagi.

Itulah kelebihan dari pelapis jok berbahan kulit sintetis dibandingkan dengan kulit asli. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ini Spesifikasi dan Harga Mobil CRV Bekas Maret 2020

OTOmart – Sejak dirilis pada tahun 2000 lalu, Honda CRV berhasil menarik perhatian para...

Update Terbaru Harga Avanza Bekas Desember 2019

OTOmart – Hingga saat ini, Toyota Avanza masih menjadi salah satu mobil bekas yang...

Harga Mitsubishi Xpander Bekas Mulai Dari Rp 200 Jutaan

OTOmart – Dibandingkan versi terbarunya, harga jual Mitsubishi Xpander bekas justru lebih menarik. Di...

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....