Mobil Kena Tsunami? Ini Langkah-Langkah Yang Perlu Dilakukan

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
tsunami
Tsunami yang menerjang palu menyebabkan banyak kendaraan yang terendam air laut (Liputan 6)

OTOmart – Gempa bermagnitudo 7,4 skala richter yang terjadi di Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018) kemarin mendatangkan gulungan ombak besar yang disebut dengan tsunami di wilayah Palu, Donggala serta Mamuju dengan ketinggian 1,5 hingga 2 meter sehingga membuat banyak kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang terendam air laut akibat tsunami tersebut.

Lalu bagaimana cara memperbaiki kendaraan yang terendam air laut akibat tsunami?

Baca Juga: Ingat! Ini Yang Harus Dilakukan Pengemudi Saat Gempa Terjadi

Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi mengatakan bahwa tindakan pertama yang perlu dilakukan saat kendaraan Anda terendam air laut adalah tidak berusaha menghidupkannya, sebaiknya segera kendaraan Anda tersebut ke bengkel resmi terdekat.

“Sebaiknya jangan dihidupkan dahulu, namun harus langsung diperiksa dan dibersihkan pada bagian mesinnya,” ucap Anjar, seperti dilansir laman Kompas.com, Jumat (28/9).

Anjar juga menyarankan jika mesin mobil Anda terendam air laut, maka sebaiknya dilakukan overhaul dan dibersihkan segera. Setelah itu, pacu jantung kendaraan tersebut agar dapat berfungsi normal seperti sedia kala.

“Yang paling penting saat kendaraan terendam adalah jangan menghidupkan mesinnya. Sebab, kalau dihidupkan akan menimbulkan masalah yang semakin berkepanjangan,” terang Anjar.

Senada dengan Anjar, General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM), Dadi Hendriadi mengungkapkan jika air laut akibat tsunami tersebut telah masuk ke ruang pembakaran atau ruang mesin, maka sebaiknya Anda membawa mobil Anda ke bengkel. Sebab, dimungkinkan water hammer atau oli kendaraan yang Anda gunakan telah tercampur dengan air laut.

“Yang ditakutkan itu kalau mesinnya dinyalakan, air laut akan masuk ke mesin bahkan ke sistem transmisi juga. Ini yang ditakutkan,” ucap Dadi.

Baca Juga: Alasan Pentingnya Asuransi Mobil Bagi Mobil Impian Anda

Selain itu, Dadi juga menyarankan kepada pemilik mobil, jika di bawa ke bengkel sebaiknya digendong menggunakan mobil khusus, daripada ditarik. Sebab, oli transmisi dan differential yang tercampur dengan air laut dapat membuat kerusakan komponen.

“Kalau mobil berjalan, maka secara otomatis roda akan berputar karena ditarik. Karena itu, sebaiknya mobil yang terendam air laut digendong saja, demi keamanan mobil itu sendiri,” terang Dadi lagi.

Dadi juga menjelaskan jika air laut mempunyai sifat korosif yang mampu menimbulkan karat pada bagian atau komponen mobil yang terbuat dari besi.

“Namun kalau begitu terendam langsung dibersihkan dengan tuntas, maka dapat mencegah kerusakan atau justru karat itu sendiri,” ucap Dadi.

Jika Anda ingin cari mobil bekas yang berkualitas dengan harga yang murah, OTOmart siap melayani Anda. Kunjungi OTOmart sekarang juga untuk mendapatkan mobil impian Anda sekarang.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

GIIAS 2019 Sebentar Lagi, 3 Mobil Baru 2019 Ini Sudah Siap Tampil

OTOmart – Menjelang digelarnya pameran otomotif terbesar di Indonesia, yakni Gaikindo Indonesia International Auto...

Nissan X-Trail Facelift Siap Meluncur di GIIAS 2019

OTOmart – Nissan X-Trail Facelift akhirnya akan segera dirilis oleh PT Nissan Motor Indonesia...

Harga Nissan Grand Livina 2019 Usai Lebaran Masih Rp 200 Jutaan

OTOmart – Nissan Grand Livina merupakan salah satu produk keluaran PT Nissan Motor Indonesia...

Panduan Cari Avanza 2004 Biar Tidak Tertipu Oknum Nakal

OTOmart – Toyota Avanza 2004 merupakan generasi pertama dari seri Avanza yang pertama kali...

Baru Meluncur, Suzuki New Carry Jadi Tulang Punggung Penjualan Suzuki

OTOmart – Suzuki New Carry merupakan produk unggulan dari PT Suzuki Indomobil Sales yang...

Tips dan Panduan Mendapatkan Suzuki Ertiga Bekas Terbaik

OTOmart – Sejak pertama kali meluncur pada tahun 2012 lalu, Suzuki Ertiga hingga kini...