Rupiah Melemah, Bikin Pedagang Aksesori Mobil Menjerit

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
aksesori mobil
Rupiah melemah bikin pedagang aksesori mobil menjerit (rahmad offroad aksesoris)

OTOmart – Penjualan kendaraan roda empat yang sepanjang tahun ini mengalami pertumbuhan rupanya tidak berimbas positif kepada bisnis aftermarket-nya. Hal tersebut dialami oleh para pedagang yang berada di kawasan sentra aksesori mobil Mall MGK Kemayoran.

Baca Juga: Cari Aksesori Resmi Mitsubishi Xpander? Ini Daftar Harganya

Curhatan ini diawali oleh salah seorang pemilik toko aksesori di MGK Kemayoran yang mengatakan jika bisnis yang digelutinya saat ini turun cukup jauh jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan dirinya menyebutkan penurunan yang terjadi hingga 50 persen.

“Kalau dibandingkan tahun lalu itu penurunannya bisa sampai 50 persen. Sekarang saja konsumen yang datang rata-rata per minggunya hanya 20-an,” ucap salah seorang pemilik toko di MGK Kemayoran, Suryanto, seperti dilansir laman Kompas.com.

Suryanto menilai jika kondisi ini terjadi akibat kondisi perekonomian Indonesia yang kini dalam kondisi yang tidak menentu. Selain itu, para pemilik kendaraan juga sudah tidak terlalu royal untuk membelanjakan uangnya demi aksesori di mobilnya.

“Dahulu konsumen sekali datang dapat membeli serta memasang dua hingga tiga aksesori tambahan pada mobilnya. Saat ini mereka sangat sulit dibujuk, jadi datang kemari hanya untuk memasang aksesori yang telah diniatkan saja dari rumah,” terang Suryanto.

Selain Suryanto, para pemilik toko lainnya, Tina juga mengungkapkan hal yang sama. Tina menuturkan jika penjualan aksesori mobil di tokonya saat ini sedang tidak bergairah. Namun, dirinya tidak berani mengatakan seberapa besar penurunan angka pembeli dalam beberapa tahun ini. Akan tetapi dirinya hanya mengatakan jika kondisi toko saat ini tidak sedang bergairah.

“Kurang lebih samalah, per minggunya paling hanya ada sekitar 20-an konsumen saja yang datang dan melakukan pembelian aksesori saat ini. Apalagi bulan ini cukup berasa banget,” ucap Tina.

Baca Juga: Lampu Mobil Anda Redup? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Menanggapi hal tersebut, Ronny Martinus, Event & Promotion Manager Mall MGK Kemayoran juga mengatakan hal yang sama dengan para tenant yang ada di tempatnya saat ini. Walau begitu, pihaknya akan terus berupaya untuk memancing para pengguna mobil untuk datang ke tempatnya demi mendorong transaksi jual-beli.

“Guna mendorong transaksi jual-beli, kami akan tetap rutin dalam mengundang konsumen potensial untuk ke MGK, yaitu para komunitas otomotif. Sebab, satu member komunitas tentu akan melakukan komunikasi dengan komunitas lainnya, sehingga diharapkan dapat merangsang pembelian di toko aksesori otomotif yang berada di MGK,” ucap Ronny.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Harga Mobil Bekas di Semarang Dan Sekitarnya

OTOmart – Semarang merupakan salah satu kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta,...

Selama Februari-Maret, Beli Xpander Bisa Dapat Untung Besar

OTOmart – Hingga kini Mitsubishi Xpander tetap menguntit penjualan dari Toyota Avanza dengan selisih...

Honda Umumkan Harga Jual Mobilio Facelift 2019 Tidak Naik

OTOmart – Sepertinya tren untuk tidak menaikkan harga jual mobil baru saat ini dilakukan...

Honda Mobilio 2019 Dirilis, Ini Perbedaan Masing-Masing Variannya

OTOmart – Setelah mendapatkan banyak gempuran dari para rival-rivalnya pada awal tahun ini, akhirnya...

Grand Livina Terbaru 2019 Resmi Meluncur, Cicilannya Cuma Rp3 Juta

OTOmart – Setelah menunggu sekian lama, akhirnya produk hasil dari aliansi yang dilakukan Nissan...

Honda Mobilio Terbaru 2019 Dirilis Hari Ini, Ini Perkiraan Harganya

OTOmart – Digempur oleh para rivalnya dengan peluncuran produk baru di awal tahun ini,...