Selain Pedal Rem, Ini Beberapa Jenis Rem Yang Perlu Anda Tahu!

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
pedal rem
Jenis-jenis rem selain pedal rem yang perlu diketahui (Autoglim.ru)

OTOmart – Seperti rem pada umumnya, rem tangan atau sering disebut juga dengan rem parkir (parking brake) berfungsi untuk memastikan bahwa posisi mobil tetap dalam keadaan diam. Namun, yang membedakan antara rem tangan dengan rem biasa atau pedal rem adalah rem tangan digunakan saat posisi mobil dalam keadaan parkir.

Rem tangan sendiri mempunyai desain yang mudah untuk digenggam. Cukup dengan menarik tuas yang biasanya terletak pada sisi sebelah kiri pengemudi sebagai jembatan antara pengemudi dengan penumpang yang duduk di bangku bagian depan. Rem tangan ini berfungsi untuk menahan roda-roda belakang mobil agar tetap stabil saat posisi diam.

Baca Juga: Rem Mobil Blong Saat Berkendara? Coba Lakukan Tips Berikut Ini

Pada umumnya, rem ini menggunakan rem tromol yang dapat dioperasikan menggunakan tuas atau tombol. Jadi saat tuas ditarik, maka secara otomatis juga menarik kawat yang berada pada mount yang terletak di bagian bawah tuas rem.

Namun, tahukah Anda jika rem tangan terdiri dari berbagai jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis rem tangan yang perlu Anda ketahui, antara lain yaitu:

Rem Stik

Rem ini merupakan salah satu jenis rem parkir yang perlu Anda ketahui. Rem stik mempunyai bentuk seperti tuas dan cara mengaktifkannya adalah dengan menariknya menggunakan tangan kiri.

Pedal Rem

Rem pedal merupakan rem yang terletak di bagian bawah, tepatnya di sebelah pedal gas. Cara mengaktifkannya dengan menginjak pedal rem. Namun, jika Anda menginjak pedal rem lebih dalam dari biasanya, maka hal tersebut secara otomatis akan mengaktifkan parking brake. Jika Anda ingin menonaktifkannya, maka injaklah pedal rem tersebut lebih dalam lagi sehingga pedal akan rilis. Pada umumnya cara ini digunakan pada mobil bertransmisi otomatis.

Rem Tombol

Dari ketiga jenis rem yang saat ini digunakan, mungkin rem ini adalah rem yang paling praktis bagi Anda. Sebab, untuk mengaktifkannya Anda hanya perlu menekan satu tombol saja, maka secara otomatis tuas rem akan naik. Rem ini sering disebut juga dengan electric parking brake.

Baca Juga: Rem Mobil Anda Berdecit? Begini Loh Cara Membersihkannya

Rem sebagai komponen penting dalam sebuah kendaraan perlu dirawat dengan baik agar tidak terjadi kendala yang dapat mengakibatkan terjadinya kondisi yang tidak diinginkan. Nah, berikut ini adalah 3 tips aman untuk menjaga agar rem tangan bekerja dengan baik, antara lain yaitu:

  • Jangan pernah mengendarai mobil saat rem parkir/ rem tangan Anda belum dilepas. Sebab, jika hal ini dilakukan, maka kampas rem bisa haus dan habis sehingga membuat temperatur mesin naik sehingga menyebabkan sistem pengereman terganggu. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus dapat membuat ban mobil Anda botak.
  • Saat parkir di jalan yang menurun atau menanjak, pastikan Anda telah memberikan pengganjal pada roda mobil Anda, ganjalan tersebut dapat berupa batu atau balok tebal agar rem tidak cepat haus saat menerima beban yang terlalu berat dalam jangka waktu yang cukup lama. Sebab, jika tidak dilakukan hal tersebut dapat membuat mobil Anda terjun bebas tanpa terkendali.
  • Lakukan perawatan rutin. Hal ini bertujuan untuk menjaga sistem keselamatan dan keamanan pada mobil Anda dapat terus terjaga dengan cara mengganti komponen-komponen yang sudah tidak optimal serta menyetel ulang.

Jika Anda ingin mencari mobil bekas berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau, maka Otomart siap membantu Anda mewujudkan impian Anda tersebut. Selain itu, Otomart juga menyediakan kredit mobil bekas demi membantu Anda mendapatkan kendaraan yang selalu Anda impikan. Segera kunjungi Otomart.id sekarang juga!

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Mobil Matik Nekat Terjang Genangan Air, Begini Trik Amannya

OTOmart – Di musim hujan saat ini, pada umumnya di beberapa ruas jalan akan...

Begini Cara Mengecek Kondisi Mobil Anda Dengan Metode POWDER

OTOmart – Saat ini Indonesia tengah memasuki musim penghujan. Ini berarti kondisi mobil perlu...

Tips Jaga Jarak Aman Kendaraan dan Cara Mengukurnya

OTOmart – Saat Anda mengemudikan mobil, maka hal penting yang perlu dan penting untuk...

Baru Punya SIM? Ikuti 10 Tips Bagi Para Pengendara Pemula Ini

OTOmart – Dengan mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM) bukan berarti Anda dapat langsung bebas...

Musim Penghujan Datang, Perhatikan 8 Bagian Mobil Ini

OTOmart – Memasuki musim penghujan, sebagai pengendara tentu membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih...

Begini Cara Merawat Pintu Bagasi Agar Hidrolik Tidak Melemah

OTOmart – Dalam beberapa tahun belakangan ini, kebanyakan pintu mobil bagian belakang dibuka mengarah...