Jeep Wrangler Rubicon dan Sahara Generasi Terbaru Resmi Dirilis

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
jeep wrangler rubicon
Sumber: Fortune

OTOmart – Setelah banyaknya bocoran mengenai penampilan salah satu mobil off-road legendaris, Jeep Wrangler yang bertebaran di dunia maya, akhirnya generasi terbaru mobil ini pun resmi dirilis pada ajang Los Angeles Auto Show. Setelah berbagai pengembangan yang dilakukan, Jeep Wrangler akhirnya meluncurkan mobil Jeep Wrangler Rubicon dan Sahara dengan beberapa perubahan.

Jeep merupakan salah satu pabrikan yang sangat mengerti tentang arti dari sebuah tradisi kesuksesan, daripada harus membuat ramuan baru yang belum tentu jelas hasilnya, Jeep tetap mempertahankan resep tradisional dengan mempertahankan konsep dasar namun hanya menambahkan elemen baru yang sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.

Eksterior dan Interior Jeep Wrangler Generasi Terbaru

jeep wrangler rubicon
Sumber: Cnet

Seperti yang terjadi pada Jeep Wrangler Rubicon dan Sahara generasi terbaru dimana sasis ladder frame dan suspense solid axle masih tetap dipertahankan. Namun, sasis agak sedikit dilebarkan dengan tambahan material baja kuat. Dengan penambahan sasis tentu akan mempengaruhi bobotnya, dimana bobotnya bertambah menjadi 45 Kg, dengan wheelbase yang memanjang sebanyak 3,6 cm untuk Wrangler dengan dua pintu dan 6,1 cm untuk yang unlimited. Akan tetapi keuntungan yang didapatkan yaitu ruang kaki di kabin bagian belakang menjadi lebih lapang.

Bodi yang diletakkan di atas sasis membuat penampilannya nampak seperti Wrangler sejati. Total desain yang ada saat ini mungkin merupakan desain abadai yang sulit untuk diubah, sehingga membutuhkan perhatian yang lebih teliti untuk mencari apa saja perbedaan antara Wrangler JL dan JK. Selain lampu LED yang sudah menjadi standar untuk tipe Sahara dan Rubicon, Jeep juga bermain dalam penggunaan bahan-bahan material lainnya, seperti kap mesin, pintu dan frame kaca depan yang menggunakan bahan aluminium karena lebih ringan daripada baja biasa, bahkan pintu belakang telah menggunakan bahan magnesium.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Jeep Terbaru Oktober 2017

Material plastic digunakan oleh Jeep di bagian fender sehingga tidak terlalu sayang jika terkena bebatuan. Meskipun sasis yang dimiliki oleh Jeep Wrangler generasi terbaru ini lebih berat, namun bobot keseluruhan dapat dipangkas sebesar 91 Kg dari Wrangler tipe JK. Sport bar atau roll bar. Bagian yang paling menonjol dari mobil generasi terbaru ini adalah ketika bagian atap Wrangler terbuka, didesain ulang serta kini dicat dengan warna yang sama dengan bodi.

Interior juga dibuat menjadi semakin modern dengan nuansa retro yang tangguh. Desainer Jeep mengungkapkan bahwa diperlukan ongkos yang lebih besar jika Jeep generasi terbaru ini menggunakan bahan material karet dan besi asli untuk berbagai tombol fungsi sehingga nampak semakin keren dan tetap waterproof. Semua varian pada jeep terbaru ini telah memakai tombol engine start/stop serta instrument cluster berupa layar monitor video full-colour. Di bagian tengahnya pun terdapat dashboard yang berfungsi sebagai pusat hiburan berupa layar sentuh Uconnect berukuran 8,4 inci. Di bagian bawah, terdapat Media Center yang berfungsi sebagai pusat koneksi USB 2.0 dan port Micro USB.

Mesin Jeep Wrangler Rubicon dan Sahara Generasi Terbaru

jeep wrangler rubicon
Sumber: OTO.com

Mesin Jeep Wrangler terbaru masih berupa mesin standar Pentastar V6 3,6-lier yang di dalamnya telah dibenahi sehingga menjadi lebih irit. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 285 hp dengan torsi maksimal sebesar 353 Nm. Jeep generasi terbaru ini juga mempunyai berbagai macam pilihan transmisi, antara lain transmisi otomatis dengan 8 percepatan garapan Fiat Chrysler dan transmisi manual dengan 6 percepatan yang merupakan garapan Aisin. Opsi lainnya adalah mesin EcoDiesel V6 3,0-liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 240 hp dengan torsi maksimal sebesar 599 Nm. Mesin mobil ini hanya tersedia untuk transmisi matik serta di varian 4-pintu Unlimited saja.

Baca Juga: 4 Mobil Jeep Offroad Paling Dicari Tahun 2017

Yang paling menarik untuk Jeep generasi terbaru ini adalah mesin barunya yang berkapasitas 2,0-liter turbocharger dengan 4-silinder. Mesin mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 270 hp yang lebih kecil dari V6, namun torsinya jauh lebih unggul, yaitu pada kecepatan 400 Nm. Jeep tidak secara langsung mengungkapkan basis mesin ini, namun yang pasti mesin yang digunakan berasal dari jajaran mesin DOHC Alfa Romeo terbaru. Namun amat disayangkan jika mesin ini hanya terdapat pada pilihan transmisi otomatis saja.

Untuk kapabilitas off-road dari mobil ini tidak perlu diragukan lagi, sebab hal ini sudah menjadi bagian terbesar dari sejarah kelegendarisan Jeep Wrangler. Dan saat ini, untuk pertama kalinya dalam sejarah Wrangler, sistem 4WD full-time dan rasio low-gear 2,72:1 disematkan pada trim Sahara. Dimana sistem Selec-Trac terbaru lebih pintar dalam membagi torsi ke bagian roda depan atau belakang. sistem 4×4 Command-Trac juga telah dilengkapi dengan 2-Speed transfer case dengan rasio 2,72:1 dan gardan solid dengan rasio 3,45. Sementara pada Wrangler Rubicon, sistem 4×4 Rock-Trac telah dilengkapi dengan gardan heavy duty Dana 44 dengan rasio 4LO 4:1. Rasio gardan depan dan belakang standar berukuran 4,10 yang dilengkapi dengan locking differential Tru-Lok.

Jeep Wrangler Rubicon telah dikenal luas dengan kemampuan off-roadnya yang mumpuni, dimana artikulasi suspensinya lebih panjang jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya serta mendapat bantuan electronic sway-bar. Pilihan transmisi manual yang disematkan padanya juga mempunyai crawl rasio yang terbilang impresif, 84,2:1. Sedangkan untuk transmisi otomatisnya sebesar 77,2:1 sehingga sangat mudah untuk merayapi berbagai rintangan serta medan yang akan dilewatinya.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ini Tampilan dan Fitur Terbaru Pada Honda Jazz 2020

OTOmart – Anda ingin memiliki Honda Jazz? Sebaiknya bersabar terlebih dahulu. Sebab, Honda kini...

Tips Tingkatkan Performa dan Kenyamanan Daihatsu Ayla 1.2

OTOmart – Duo kembar Toyota Agya dan Daihatsu Ayla dikenal sebagai mobil dengan performa...

Mau Beli Nissan Grand Livina 2013 Ultimate, Ini Tips Mengeceknya!

OTOmart – Ketika membeli mobil bekas, jangan hanya tergiur dengan penampilan luarnya saja. Namun...

Ini Jenis Makanan Yang Mampu Meningkatkan Konsentrasi Pengemudi

OTOmart – Ketika mengemudi, hal yang paling penting untuk diperhatikan oleh pengemudi adalah konsentrasi...

Mau Modifikasi Calya? Sebaiknya Ikuti Panduan Berikut Ini!

OTOmart – Anda ingin melakukan modifikasi Calya atau hanya ingin mengubah tampilannya agar terlihat...

Selama Oktober 2019, Harga Mobil Avanza Terbaru Masih Stabil

OTOmart – Sejak pertama kali diluncurkan pada awal tahun 2019, Toyota New Avanza semakin...