Pemerintah Siapkan Jalur Alternatif Mudik dari Banten ke Surabaya

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
jalur alternatif
Jalur alternatif mudik (Touring Rider)

OTOmart – Selain melewati jalan Tol Trans Jawa, para pemudik yang menggunakan mobil pribadi ternyata juga dapat memilih jalur alternatif yang telah disiapkan oleh pemerintah para musim mudik Lebaran 2018 kali ini mulai dari Jakarta hingga ke Jawa Timur.

Jalur alternatif tentunya sangat membantu untuk mengantisipasi berbagai kemacetan yang terjadi di beberapa ruas jalan utama terutama jalan tol yang dalam beberapa tahun terakhir cukup digemari oleh para pemudik. Meskipun jalan yang dilalui saat menggunakan jalur ini cukup jauh, namun setidaknya membuat Anda terbebas dari kemacetan.

Budi Setiadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan bahwa saat ini telah banyak jalur alternatif yang disiapkan oleh kementeriannya yang dapat dilalui oleh para pemudik, mulai dari Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga ke wilayah Jawa Timur.

Baca Juga: Hati-Hati! Melintas di Tol Fungsional Kecepatan Maksimal 40 KM/Jam

“Seperti misalnya untuk di Jawa Barat, Purwakarta yang akan menuju ke Subang atau ke arah Bandung Selatan dapat melalui jalan Saga belok kiri lalu menuju Sumedang kemudian masuk ke Majalengka,” ucap Budi, seperti dilansir laman CNN Indonesia.

Jika Anda tidak ingin terjebak kemacetan di kawasan Pantura, maka para pemudik disarankan saat keluar Tol Cikampek, lalu menuju ke arah Purwakarta dan dapat melintasi jalan sebelum melakukan perjalanan menuju Subang dan mengikuti jalan tersebut langsung menuju ke daerah Indramayu.

Lalu para pemudik yang berasal dari arah Slawi, jika ingin melalui Bumiayu, Anda dapat mengarahkan kendaraan Anda menuju Pejagan, lalu menuju Comal dan keluar di Banjarnegara. Para pemudik juga dapat keluar menuju di Pemalang, lalu mengarahkan kendaraan Anda menuju ke Comal dan Purbalingga.

jalur alternatif
Jalur alternatif mudik (Buzz Berita)

“Itu juga jalur alternatif, namun masyarakat hanya tahu jika jalannya kecil. Namun pemandangannya cukup bagus apalagi kalau lewat sana juga harus berhati-hati sebab melalui pinggiran gunung,” terangnya lagi.

Bagi para pemudik yang ingin menghindari macet yang berada di wilayah Jawa Barat, seperti misalnya dari arah Nagrek, Anda dapat mengarahkan kendaraan Anda ke Garut untuk menuju Singaparna. Akan tetapi menurutnya, jalur tersebut sudah seperti jalan regular sebab kondisinya sudah ramai. Para pengendara juga harus mengantisipasi jadwal keberangkatan agar tidak dapat terjebak kemacetan.

Baca Juga: 3 Tips Mudik Aman Lewat Jalan Tol Jakarta – Surabaya

Jika para pemudik berasal dari arah Salatiga, para pemudik dapat memasuki tol fungsional menuju arah Ngawi.

“Akan tetapi, kalau tidak mau lewat tol jalur alternatif, Anda tidak usah dari Salatiga ke Kartosuro lalu Solo hingga sampai ke Sragen. Nah jalur ini dapat melalui Gemplong, jadi sebelum ke terminal Tingkir dapat langsung keluar di Sragen, sebab lebih dekat,” terangnya lagi.

Selain itu, dirinya juga mengatakan bahwa jalur mudik Lebaran yang dapat Anda lalui selanjutnya adalah Pantai Selatan Jawa atau Pansela. Jalur ini mempunyai panjang sekitar 1.400 km yang berasal dari Banten ke wilayah Jawa Timur.

Budi juga menjelaskan bahwa jalur alternatif yang digunakan untuk arus mudik Lebaran di jalur Pantura setidaknya dapat membantu para pemudik yang tidak ingin melalui jalur mudik lintas tengah.

“Pokoknya hingga wilayah Jawa Timur itu panjang jaraknya hingga 1.400 km dan jalur tersebut sudah dapat dilalui dengan pemandangannya yang cukup indah. Walaupun terdapat jalan yang belum bagus. Selain itu, pak Menteri PUPR juga telah menjamin kalau Pansela sudah siap untuk dilalui para pemudik,” ucapnya lagi.

Baca Juga: Titik Mudik Ini Bisa Akibatkan Kejadian di Tol Brebes Terulang

Dirinya juga memastikan bahwa terdapat banyak jalur-jalur alternatif lain yang sudah dapat dilalui oleh para pemudik. Dirinya pun menyarankan kepada para pemudik yang akan melewati jalan alternatif untuk dapat menggunakan peta google agar tidak tersesat selama melakukan perjalanan mudik.

“Sebetulnya masih banyak, sekarang tinggal para pemudik dimana Anda bisa melihat peta internet juga bisa,” tutur Budi lagi.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Banyak Model Terbaru, Harga Avanza Bekas Tetap Stabil

OTOmart – Ketika banyak mobil-mobil generasi terbaru ditawarkan dan dimunculkan bukan malah membuat Toyota...

MPV dan SUV Bekas Diprediksi Tetap Jadi Idola Hingga Akhir Tahun

OTOmart – Mobil bekas bergenre MPV dan SUV diprediksi oleh beberapa pemain mobil bekas...

Rupiah Melemah, Bikin Pedagang Aksesori Mobil Menjerit

OTOmart – Penjualan kendaraan roda empat yang sepanjang tahun ini mengalami pertumbuhan rupanya tidak...

Oktober Mendatang, Registrasi Kendaraan Wajib Cantumkan Nomor HP

OTOmart – Mulai bulan Oktober 2018 nanti, masyarakat yang akan membeli kendaraan baru wajib...

Mitsubishi Bocorkan Desain Mitsubishi Triton Terbaru

OTOmart – Demi menjaga persaingan serta membuat para konsumen tidak cepat bosan dengan model...

5 Produk Daihatsu Terlaris Periode Januari-Agustus 2018

OTOmart – Hingga Agustus 2018 kemarin, Daihatsu berhasil mencatatkan angka penjualan produk Daihatsu yang...