Jalan Aspal atau Jalan Beton yang Bikin Ban Mobil Cepat Aus?

posted in: Artikel Mobil | 3 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
jalan aspal
Sumber: Vebma

OTOmart – Seperti yang diketahui jalanan di Indonesia bukan hanya dilapisi oleh aspal saja, melainkan juga dilapisi oleh beton. Penggunaan lapisan beton pada jalanan dianggap oleh sebagian orang lebih awet, apalagi ketika memasuki musim penghujan jika dibandingkan dengan jalan aspal.

Namun ternyata jalan yang dilapisi oleh beton mempunyai efek yang kurang bagus terhadap penggunaan ban kendaraan. Lalu benarkah hal itu?

Baca Juga: Kenali Fungsi Pola Tapak Ban Mobil Ini Agar Aman Berkendara

Menanggapi hal ini, Deni Arief Pribadi, Training and Product Evaluation Department Manager PT Bridgestone Tire Indonesia  mengatakan jika pada umumnya jalanan yang dilapisi oleh beton mempunyai permukaan jalan yang lebih kasar jika dibandingkan dengan jalan aspal.

“Kita tahu kalau ban itu terbuat dari karet kan, dan karet itu sangat rentan terhadap gesekan. Jadi, kalau permukaan jalan beton punya permukaan yang kasar daripada aspal, maka tentunya gesekan yang dihasilkan antara ban dan jalan lebih besar. Tentunya imbasnya pada kompon ban,” ucap Deni, seperti dilansir laman Viva News, Selasa (8/5).

Namun sayangnya Deni tidak dapat memberikan data secara spesifik berapa persen perbedaan keausan ban yang digunakan, baik ketika melibas jalanan aspal maupun saat melibas jalanan betom. “Hingga saat ini, kami belum dapat melakukan studi mengenai hal itu,” terangnya lagi.

Namun selain faktor jalan, terdapat hal lainnya yang membuat ban cepat aus. Menurut Deni, ban cepat aus dapat disebabkan oleh gaya berkendara yang dilakukan oleh pengemudi. Jika pengemudi mengemudikan kendaraannya secara agresif serta kecepatan kencang, maka permukaan ban akan cepat terkikis walaupun jalanan yang dilalui oleh mobil tersebut merupakan jalan yang telah dilapisi oleh aspal mulus.

Baca Juga: Kondisi Jalan Macet? Sebaiknya Segera Ganti Oli Mobil Anda

“Jangankan di jalan beton, di jalan aspal aja kalau cara mengemudinya agresif, maka bannya tentu akan cepat habis karena ban dengan mudah bergesekan dengan aspal,” terang Deni.

Faktor lain yang menyebabkan ban cepat aus yaitu kurangnya tekanan angin sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Sebab, jika tekanan angin kurang, maka gesekan antara permukaan ban dengan jalan semakin kuat. Hal ini tentu akan membuat tapak ban menjadi cepat menipis.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...