Isuzu Pastikan Isuzu Panther Terbaru Gagal Meluncur

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
isuzu panther
Sumber: Otomotif Zone

OTOmart – Bagi Anda penggemar mobil Isuzu Panther sepertinya harus memendam impian Anda untuk melihat kemunculan mobil Panther terbaru. Hal ini dipastikan setelah Division Head of Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Attias Asril mengatakannya kepada para wartawan saat menjadi pembicara dalam acara Workshop Wartawan Industri, Rabu (6/12).

Mobil yang lekat dengan tagline ‘Rajanya Diesel’ ini sebelumnya direncanakan akan muncul dengan produk terbarunya pada tahun 2018 nanti. Namun, hingga saat ini finalisasi mengenai mobil terbaru ini masih belum selesai.

“Untuk produk baru Isuzu Panther direncanakan ada di tahun depan, akan tetapi hanya di area komersial saja. Panther memang direncanakan mengeluarkan produk terbarunya, namun pembicaraannya masih cukup alot terutama dalam hal principal, sehingga kemungkinan tidak akan meluncur di tahun 2018,” ucap Attias Asril, Division Head of Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Baca Juga: Perkenalkan Isuzu Pickup Pengganti Panther Pickup

Panther yang merupakan legenda hidup di dunia otomotif tanah air mulai dipasarkan sejak 1991. Saat itu, mobil ini merupakan pesaing utama dari Toyota Kijang serta Mitsubishi Kuda di segmen Mulit Purpose Vehicle (MPV). Mobil ini sempat beberapa kali mengalami penyegaran di tahun 2000 dan terakhir kali pada 2004. Namun, hingga saat ini belum ada lagi pembaruan yang berarti.

Ulasan Isuzu Panther

Saat ini, Panther dijual dalam empat varian, yaitu Smart, LV, LS dan Grand Touring. Keempat mobil ini telah dibekali dengan mesin diesel berkapasitas 2.499 cc yang performanya terbilang sangat lemah. Hal ini terlihat dari torsi puncaknya yang hanya mencapai 191 Nm pada kecepatan 1.800 rpm, tenaga yang mampu dihasilkannya pun hanya sebesar 80 Ps pada kecepatan 3.500 rpm.

Jika dibandingkan dengan mobil MPV lain yang juga menggunakan mesin diesel, seperti Suzuki Ertiga yang menggunakan mesin berkapasitas 1.248 cc. Meskipun kapasitasnya lebih kecil, namun jantung mekanis yang disematkan pada mobil ini mampu menghasilkan torsi puncak hingga 200 Nm pada kecepatan 1.750 rpm, tenaga yang dihasilkan pun cukup besar jika dibandingkan dengan Panther, yaitu sebesar 89 PS pada kecepatan 4.000 rpm.

Baca Juga: Kenali Fitur serta Harga Panther Touring Sebelum Membelinya

Untuk fitur hiburan Isuzu Panther pun masih sangat terbatas, dimana pada varian tertinggi, Grand Touring hanya mendapatkan head unit tanpa layar LCD sama sekali dan hanya sanggup untuk memutar CD, MP3 dan DVD tanpa bisa terkoneksi langsung dengan smartphone layaknya mobil modern.

Selain fitur hiburan yang terbatas, ternyata fitur keselamatan yang disematkan pada mobil ini pun tidak mumpuni, dimana tidak adanya anti-lock braking system (ABS) yang dapat mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman mendadak. Selain itu kantung udara yang merupakan fitur standar keselamatan pada mobil MPV pun tidak disematkan pada mobil ini. Padahal harga jual Panther terbilang cukup tinggi, yaitu mencapai harga Rp 313,5 juta (OTR Jakarta) untuk varian Grand Touring.

Karena beberapa faktor tersebut itulah mengapa Panther benar-benar perlu memberikan perubahan besar-besaran pada produknya agar dapat bersaing dengan produk-produk lainnya di segmen yang sama untuk pasar Indonesia.

Namun, bagi Anda yang ingin mendapatkan mobil Panther dengan harga yang terjangkau, Anda dapat mengetahuinya melalui situs OTOmart.id yang merupakan situs jual beli mobil bekas dengan kualitas terbaik dari berbagai showroom yang terdapat di seluruh Indonesia. Untuk melihat harga mobil bekas Panther, silahkan klik di sini.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Mobil Matik Nekat Terjang Genangan Air, Begini Trik Amannya

OTOmart – Di musim hujan saat ini, pada umumnya di beberapa ruas jalan akan...

Begini Cara Mengecek Kondisi Mobil Anda Dengan Metode POWDER

OTOmart – Saat ini Indonesia tengah memasuki musim penghujan. Ini berarti kondisi mobil perlu...

Tips Jaga Jarak Aman Kendaraan dan Cara Mengukurnya

OTOmart – Saat Anda mengemudikan mobil, maka hal penting yang perlu dan penting untuk...

Baru Punya SIM? Ikuti 10 Tips Bagi Para Pengendara Pemula Ini

OTOmart – Dengan mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM) bukan berarti Anda dapat langsung bebas...

Musim Penghujan Datang, Perhatikan 8 Bagian Mobil Ini

OTOmart – Memasuki musim penghujan, sebagai pengendara tentu membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih...

Begini Cara Merawat Pintu Bagasi Agar Hidrolik Tidak Melemah

OTOmart – Dalam beberapa tahun belakangan ini, kebanyakan pintu mobil bagian belakang dibuka mengarah...