Isuzu dan Toyota Resmi Putus Hubungan Kerjasama, Ini Alasannya

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
isuzu
Isuzu dan Toyota putus hubungan kerjasama (Qerja)

OTOmart – Ketika pasar otomotif sedang riuh dengan di gelarnya beberapa pameran otomotif pada awal Agustus 2018 kemarin, ternyata di saat yang bersamaan muncul kabar yang cukup menggemparkan dunia otomotif Internasional. Dimana Toyota Motor Corporation (Toyota) dan Isuzu Motors Limited (Isuzu) telah mengumumkan pemutusan hubungan pada tanggal 3 Agustus kemarin. Keduanya sepakat untuk memutus ikatan modal bersama, dimana Toyota mempunyai saham di Isuzu sebesar Rp50 juta. Sedangkan untuk tingkat partisipasi ekuitasnya mencapai angka 5,89%. Angka ini diambil dari proporsi saham yang telah dimiliki terhadap total jumlah saham yang telah diterbitkan.

Baca Juga: Kalah Bersaing, Isuzu Siapkan Pesaing Xpander

Selain itu, Toyota juga berencana untuk menjual seluruh kepemilikan saham mereka yang terdapat di Isuzu yang mencapai hampir 6% tersebut. Meskipun telah memutuskan hubungan kerja sama, namun keduanya tetap berkomitmen untuk terus melakukan hubungan dengan tetap terbuka untuk berkolaborasi dalam membesut serta mengembangkan teknologi yang dimiliki secara bersama-sama.

Kedua produsen mobil asal Jepang ini sebelumnya membentuk aliansi pada November 2006 demi pengembangan mesin diesel berukuran kecil sebagai jantung mekanis bagi mobil penumpang milik keduanya. Atas dasar hal itulah sehingga membuat keduanya akhirnya membuat perjanjian dasar untuk memanfaatkan sumber daya operasional masing-masing demi tujuan bersama.

Kenyataannya yang terjadi pada pusat riset (R&D) terbilang cukup menjanjikan, dimana kedua produsen mobil tersebut sama-sama memberikan bantuan teknis serta timbal balik sehingga menciptakan kerangka kerja dan memberikan efek sinergis kepada keduanya. Selain itu, keduanya pun turut bergandengan dan saling memeriksa kelayakan proyek kolaboratif yang dilakukan secara bersama-sama. Melihat hal itu membuat Toyota akhirnya setuju untuk membeli saham Isuzu.

Baca Juga: Isuzu Traga, Mobil Pikap Terbaru dari Isuzu. Ini Spesifikasinya

Namun krisis keuangan yang menghantam ekonomi global di tahun 2008 membuat terjadinya perubahan lingkungan pasar, dimana memaksa keduanya untuk menangguhkan beberapa proyek kerjasama yang sebelumnya telah dilakukan sembari menunggu kondisi perekonomian global membaik. Namun ternyata kondisi tersebut justru semakin berlarut dan hanya sedikit saja kemajuan spesifik yang telah dicapai dalam upaya kolaboratif yang dilakukan oleh keduanya. Hal tersebut membuat kedua belah pihak akhirnya sepakat untuk menengok kembali hubungan modal yang telah mereka lakukan sebelumnya mengingat situasi bisnis yang tengah berlangsung saat ini.

Sebab, semenjak terjadinya krisis keuangan global, membuat terjadinya perubahan yang cukup besar di industri otomotif sehingga membuat Isuzu dan Toyota berniat untuk sesegera mungking mempercepat upaya mereka dalam meningkatkan daya saing mereka di pasar kendaraan penumpang dan komersial secara individu. Itulah alasan utama mengapa keduanya sepakat untuk memutuskan kolaborasi diantara mereka karena dianggap kurang mempunyai dampak yang signifikan.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Gunakan Per All New Rush, Modifikasi Avanza Ini Justru Lebih Elegan

OTOmart – Toyota Avanza hingga saat ini masih menjadi salah satu kendaraan yang paling...

Sambut HUT RI Ke-74, Auto2000 Gelar Promo Mobil Toyota

OTOmart – Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Auto2000 yang merupakan diler resmi untuk...

Aplikasi e-Uji Emisi, Tampilkan Lokasi Resmi Uji Emisi Kendaraan

OTOmart – Setelah mengeluarkan instruksi gubernur beberapa hari yang lalu mengenai uji emisi kendaraan...

Mau Lulus Uji Emisi Kendaraan? Coba Lakukan Tips Ini

OTOmart – Setelah DKI Jakarta masuk ke dalam kota dengan kualitas udara terburuk di...

Auto2000 Usulkan Toyota HiAce Jadi Kendaraan Pengganti Angkot

OTOmart – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mulai mensosialisasikan perluasan sistem ganjil genap...

Ini Keuntungan Menggunakan Garansi Mobil Bekas

OTOmart – Hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah mengenai perbedaan antara...