Inilah Cara Membedakan Suku Cadang Asli Atau Bajakan!

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Jakarta – Di tengah banyaknya suku cadang yang beredar di pasaran, tentu saja membuat konsumen kebingungan mencari mana suku cadang yang asli atau tidak. Apalagi dengan berbagai iming-iming menarik yang ditawarkan untuk menjerat calon konsumen untuk membeli suku cadang palsu, membuat konsumen harus ekstra lebih hati-hati memilih mana yang orisinil. Karena suku cadang yang belum terjamin keasliannya bisa jadi akan memperburuk kondisi kendaraan yang dimiliki. Oleh karenanya, inilah cara membedakan mana suku cadang asli atau bajakan!

inilah-cara-membedakan-suku-cadang-asli-atau-bajakan

1. Harga

Tidak bisa dielakan lagi bahwa harga merupakan alasan konsumen memilih suku cadang tertentu. Namun Anda perlu teiti lagi, jangan tergoda dengan iming-iming harga murah karena bisa jadi suku cadang tersebut bajakan. Terlebih lagi jika penjual memberikan harga yang tidak terlalu sigifikan dengan harga suku cadang asli, konsumen patut mempertanyakan dan mencoba membandingkan dengan toko lain misalnya.

2. Kemasan

Bungkus atau kemasan juga hal yang perlu diperhatikan. Cek kemasan dari segi warna dan bentuk. Biasanya untuk suku cadang palsu memiliki warna yang pudar dan warna yang terlalu terang, kemasannya pun tidak sebaik suku cadang asli.

Baca juga: Tips&Trik Ala Astra Antisipasi Kondisi Mobil di Musim Hujan

3. Bahan Komponen suku cadang

Setelah Anda membuka kemasan, Anda baru tahu bagaimana wujud dari suku cadang tersebut. Di sini Anda wajib mengecek bahan yang digunakan, untuk suku cadang palsu menggunakan bahan dengan kualitas yang tidak sebaik suku cadang asli. Jika anda belum terlalu paham akan mana saja bahan komponen yang asli atau tidak, silakan lakukan penggantian suku cadang ke bengkel resmi untuk menjamin keasliannya.

4. Garansi

Perhatikan garansi yang diberikan oleh penjual, jika suku cadang yang asli maka penjual akan memberikan garansi langsung dari produsen yang bersangkutan. Namun jika hanya memberikan garansi distributor atau garansi toko maka bisa dipastikan suku cadang tersebut palsu.

5. Lakukan servis di bengkel resmi

Hal ini merupakan tidakan paling aman yang bisa dilakukan. Jika Anda melakukan servis di bengkel resmi maka bisa dipastikan suku cadang yang digunakannya pun asli. Jika beberapa hari setelah Anda servis terdapat hal – hal yang dirasa belum sesuai maka Anda bisa kembali ke bengkel tersebut, karena bengkel resmi pasti akan memberikan garansi.

Baca juga: Semua Merek Mobil Bisa Servis Di Bengkel Ini

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ingin Beli Mobil Bekas Jakarta, Sebaiknya Lakukan Tips Ini

Otomart – Bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah, membeli mobil bekas merupakan pilihan terbaik jika dibandingkan dengan membeli mobil baru. Apalagi dengan kondisi jalanan Jakarta yang terkenal macet, tentu akan membuat Anda berpikir untuk membeli mobil bekas saja yang murah … Lihat Selengkapnya

Mau Beli Mobil? Sebaiknya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Dulu

Otomart – Pengaturan sistem keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah mudah, semua membutuhkan pengalaman dan pembelajaran. Apalagi jika kita melakukan pembelian beberapa barang mewah, seperti rumah, motor, mobil atau barang bernilai tinggi lainnya. Khusus untuk mobil, Anda dapat mengantisipasi rasa … Lihat Selengkapnya

Di Situs Jual Beli Mobil Bekas, Mobil Avanza Masih Merajai

Otomart – Meskipun saat gelaran GIIAS 2017, Mitsubishi dengan Xpandernya menjadi mobil yang paling diminati oleh para konsumen. Namun, berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-Juli 2017, mobil Avanza masih menjadi LMPV terlaris di Tanah Air. … Lihat Selengkapnya