Ini Dia Cara Agar Kredit Mobil Lebih Cepat Disetujui!

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Jakarta – Saat ini, agen pembiayaan kendaraan yang siap membiayai mobil dengan sistim kredit semakin menjamur. Namun tentu saja anda diharuskan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Hadirnya program pembelian mobil secara kredit membuat proses pembelian menjadi lebih mudah. Anda tidak perlu menyiapkan uang banyak terlebih dahulu, namun sudah bisa membawa pulang mobil ke rumah.

Namun, proses untuk mendapatkan kredit memerlukan waktu yang cukup panjang. Adapula yang harus mengajukan berkali-kali, sebelum akhirnya mendapat persetujuan kredit.

Lantas, bagaimana cara mengajukan kredit mobil agar cepat disetujui oleh pihak pembiayaan?

Dilansir dari Viva.co.id, Regional Manager MPM Finance area Jabodetabek, Betty Anjarini, memberikan beberapa tips yang harus diperhatikan, agar pengajuan kredit kendaraan tidak ditolak oleh pihak leasing.

“Pertama, klien atau pemohon kredit tidak pernah masuk daftar hitam APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia) dan BI (Bank Indonesia) checking,” katanya di Jakarta Selatan, Selasa 28 Februari 2017.

Kedua, dokumen serta persyaratan harus lengkap dan sesuai dengan kondisi sebenarnya. Sebab, kelengkapan data administrasi merupakan bagian yang sangat penting dalam proses pengajuan kredit.

“Data-data yang harus dimiliki sebelum mengajukan kredit adalah Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, slip gaji, rekening tabungan, rekening listrik, dan dokumen penunjang lainnya, sesuai persyaratan di lembaga pembiayaan,” ujarnya.

Ketiga, yang terpenting yaitu menentukan besaran angsuran yang diambil, sesuai dengan kapasitas finansial pemohon kredit. Sebab, setiap kredit pasti memunculkan risiko untuk rencana keuangan, terutama jika periode cicilan kredit yang diambil lebih dari satu tahun.

“Makanya, pastikan sebelum menentukan atau membuat persetujuan besarnya cicilan yang diajukan, pemohon telah mengetahui sampai batas mana kemampuan untuk membayar cicilan,” tuturnya.

Keempat, yang harus diperhatikan yaitu pemohon harus memenuhi minimum syarat uang muka yang diajukan oleh pihak leasing.

“Dan terakhir, pemohon memiliki tempat tinggal tetap yang jelas. Dan jadilah calon konsumen yang kooperatif dalam memberikan jawaban ketika proses survei,” katanya.

Sebagai catatan, jangan sampai pemohon tergiur iming-iming uang muka murah. Sebab, jika gagal membayar cicilan dan kendaraan harus ditarik oleh pihak leasing, maka hal itu akan menjadi catatan buruk bagi konsumen itu sendiri.

Sebab, nama Anda akan masuk dalam daftar mereka yang pernah bermasalah dengan urusan pembiayaan. Hal itu akan memengaruhi saat Anda hendak mengajukan kredit selanjutnya.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Begini Cara Mencegah Radiator Rusak Usai Kredit Mobil Lunas

Otomart – Saat ini telah banyak diler yang memberikan kredit mobil bagi para para konsumennya. Hal ini tentu sangat membantu para konsumen untuk mendapatkan mobil yang diinginkannya. Pada umumnya diler akan memberikan kredit kepada para konsumen selama 5-7 tahun. Namun, … Lihat Selengkapnya

Ingin Beli Mobil Bekas Jakarta, Sebaiknya Lakukan Tips Ini

Otomart – Bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah, membeli mobil bekas merupakan pilihan terbaik jika dibandingkan dengan membeli mobil baru. Apalagi dengan kondisi jalanan Jakarta yang terkenal macet, tentu akan membuat Anda berpikir untuk membeli mobil bekas saja yang murah … Lihat Selengkapnya

Mau Beli Mobil? Sebaiknya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Dulu

Otomart – Pengaturan sistem keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah mudah, semua membutuhkan pengalaman dan pembelajaran. Apalagi jika kita melakukan pembelian beberapa barang mewah, seperti rumah, motor, mobil atau barang bernilai tinggi lainnya. Khusus untuk mobil, Anda dapat mengantisipasi rasa … Lihat Selengkapnya