Mau Jalanan Lancar? Sebaiknya Jangan Lakukan Tailgating

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
tailgating
Sumber: Mister Aladin

OTOmart – Terkadang sebagai seorang pengemudi tanpa sadar melakukan kebiasaan atau perilaku buruk yang dapat membahayakan diri dan penumpangnya. Salah satu kebiasaan buruk yang seringkali tanpa sadar dilakukan adalah melakukan tailgating atau mengikuti mobil yang berada di depan dalam jarak dekat. Perilaku ini seringkali ditemui di lalu lintas Indonesia.

Pengetahuan yang sangat rendah tentang tertib berlalu lintas, ditambah dengan tidak adanya kesantunan serta kesabaran dalam mengemudi membuat para pengemudi menjadi tidak mau mengalah. Hal inilah yang justru menyebabkan kemacetan berlalu lintas.

Para pengguna jalan justru banyak menyalahkan pemerintah karena ketidakbecusannya dalam mengurai kemacetan yang ada. Padahal, cara berkendara dirinyalah yang justru menjadi sumber kemacetan. Tentu saja hal ini amat disayangkan dan cukup miris.

Tailgating pada umumnya banyak ditemui di jalanan Indonesia. Biasanya ciri orang yang melakukan tailgating adalah tidak sabaran dan ingin selalu menyusul mobil yang berada di depannya serta mengebut di jalanan umum, meskipun kondisi jalanan tersebut sangat ramai sekalipun.

Baca Juga: Tips Optimalkan Fitur Kenyamanan Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Sumber kemacetan lainnya bisa terjadi karena mobil melaju sangat lamban di lajur kanan meskipun jalan yang ada di depannya kosong tidak ada mobil lain, padahal jalur tersebut diperuntukkan untuk kendaraan yang ingin mendahului. Hal ini tentu membuat pengemudi yang berada di belakangnya menjadi tidak sabar sehingga mendekatkan mobilnya seperti memberikan isyarat untuk mempercepat laju kendaraan.

Kebiasaan buruk ini hampir tidak akan Anda temui di Eropa. Sebab perilaku ini sangatlah mengganggu dan menyebalkan. Biasanya pengemudi yang dikuntit akan langsung memberikan jalan kepada pengemudi tersebut.

Para pengemudi beralasan tailgating dilakukan dengan alasan untuk lebih memperlancar arus kendaraan, mereka beranggapan bahwa dengan “menyodok” secara halus mobil yang berada di bagian depan, maka kecepatan dapat meningkat sehingga tidak menghambat arus lalu lintas. Namun ternyata perilaku ini justru tidak membantu sama sekali. Bahkan berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh Computer Science and Artifical Intelligence Laboratory Massachusetts Institute of Technology (MIT) menunjukkan bahwa perilaku tailgating justru malah memperburuk keadaan.

Baca Juga: Tips Berkendara Saat Hujan Yang Perlu Diketahui Pengemudi

Ini artinya perilaku tailgating justru menjadi penyebab kemacetan dan membuat arus lalu lintas bergerak sangat lambat. Bahkan perilaku ini menjadi penyebab nomor satu terjadinya tabrakan beruntun, karena setiap pengemudi mempunyai insting tersendiri untuk mengenai sebuah tanda bahaya ataupun gangguan yang datang meskipun sedang berkendara di jalan raya yang mulus ataupun lengang sekalipun.

Gangguan yang seringkali muncul saat berkendara sangat beragam, mulai dari hewan yang menyebarang, terdapat lubang di jalan, dan paling sering adalah mobil depan yang tiba-tiba melakukan pengereman mendadak. Jika pengemudi terlalu dekat dengan mobil di depannya, justru perlambatan kecepatan akan terjadi dan akan berimbas kepada semua kendaraan di bagian belakang. Jika ini terjadi tentu arus kendaraan yang berada jauh di belakang akan tersumbat dan berhenti.

Karena itu, cobalah jaga jarak kendaraan sewajar mungkin dengan mobil di depannya agar kendaraan serta arus lalu lintas dapat berjalan dengan lancar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...

Sering Lupa Ganti Oli? Siap-Siap Transmisi Matik Sering Nyangkut

OTOmart – Salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh pembeli mobil bekas adalah...

Tips Mencegah Warna Putih Pada Cat Mobil Berubah Menguning

OTOmart – Pernahkah Anda mengalami atau melihat mobil yang dulunya berwarna putih namun kini...

Tips Memilih Cairan Carbon Cleaner Yang Bagus Untuk Mesin Anda

OTOmart – Dalam membersihkan jeroan mesin, seorang teknisi pada umumnya menggunakan cairan pembersih yang...