Info Mudik Lebaran Melalui Jalur Alternatif di Pulau Jawa

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mudik lebaran
Jalur alternatif mudik lebaran 2018 telah disiapkan demi kelancaran arus mudik tahun ini (Banyumas News)

OTOmart – Menjelang Lebaran, seluruh umat islam di Indonesia pada beberapa hari ini tengah mengadakan ritual mudik Lebaran 2018. Bahkan kini berbagai alat transportasi pun telah berseliweran di berbagai jalur mudik yang telah tersedia. Salah satu transportasi yang sering digunakan adalah mobil pribadi.

Jika mengendarai mobil pribadi, Anda dapat memanfaatkan Tol Trans Jawa yang telah dibuat oleh Pemerintah yang tersambung mulai dari Jakarta hingga Surabaya.

Baca Juga: Tips Untuk Hemat Bahan Bakar Saat Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

Akan tetapi, bagi para pemudik yang enggan menikmati jalan tol tersebut, Anda dapat menggunakan jalur alternatif melalui Pantai Utara (Pantura) dengan ruas jalur mudik sepanjang 1.341 km dan Pantai Selatan (Pansela) dengan rute sepanjang 1.405 km.

Dua jalur yang telah disiapkan Pemerintah tersebut merupakan Jalan Lintas Selatan dan Jalan Lintas Utara. Selain kedua jalur tersebut, para pemudik juga dapat memanfaatkan jalur lintas tengah dengan rute sepanjang 1.197 km.

Bahkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga telah memetakan beberapa ruas jalan yang dapat dilalui oleh para pemudik, sebab berpotensi menimbulkan kemacetan, mulai dari Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Berdasarkan keterangan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiadi, para pemudik harus mengantisipasi kemacetan yang diprediksi akan terjadi pada jalur tol Jakarta menuju Cikampek.

Selain ruas jalur mudik tersebut, Budi juga menjelaskan bahwa kepadatan kendaraan juga tetap akan terasa di Tol Brebes menuju Tegal ketika akan keluar di pintu tol Brexit. Kepadatan yang terjadi di kawasan tersebut dapat mengular hingga ke daerah Pemalang.

“Lalu ada juga Pekalongan, terutama jalur itu juga harus diantisipasi,” ucap Budi, seperti dilansir laman CNN Indonesia.

mudik lebaran
Pemerintah siapkan jalan alternatif untuk bantu pemudik menuju kampung halaman (good news from indonesia)

Kepadatan volume kendaraan juga diprediksi akan terjadi di Tonjong hingga Bumiayu sebab pada rute tersebut terdapat perlintasan kereta api. Selain itu, jalur kendaraan pada rute tersebut juga mengalami penyempitan karena terdapat pekerjaan infrastruktur yang tengah dihentikan akibat telah dimulainya musim mudik Lebaran 2018.

Baca Juga: 3 Poin Penting Saat Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

“Karena itulah, para pengendara tentunya akan memelankan laju kendaraannya. Apalagi volume mobil pada saat itu sedang dalam kondisi yang padat,” terangnya lagi.

Di jalur selatan, potensi kemacetan juga akan terjadi pada jalur Nagrek. Sebab, terdapat Pasar Limbangan serta kendaraan yang bergerak menuju arah Bandung ke Nagrek atau dari arah Bandung menuju ke Tasikmalaya.

“Bagi pemudik yang mau ke Tasikmalaya, lalu terhambat dari banyaknya ‘konflik’ atau orang yang nyeberang menuju pasat. Nah kejadian ini efeknya bisa ke Nagrek,” terangnya.

Dirinya juga menjelaskan, jika kemacetan sudah sangat panjang, maka dari Limbangan biasanya dapat dialihkan ke Garut meskipun kondisi di sana juga mempunyai potensi kemacetan yang sama sebab adanya pasar dan mengecilnya jalan mulai dari Garut hingga ke Singaparna.

Peta kemacetan juga diprediksi akan terjadi pada rute mudik Lebaran yang berada di jalur Temanggung menuju Secang atau pun sebaliknya dari Secang menuju Magelang. Serta dari arah sebaliknya mulai dari arah Semarang maupun Magelang menuju ke daerah Yogyakarta.

“Akan tetapi saya rasa kemacetannya tidak akan separah dari arah jalur lain,” ucapnya lagi.

Baca Juga: Titik Mudik Ini Bisa Akibatkan Kejadian di Tol Brebes Terulang

Sedangkan untuk para pemudik yang memasuki wilayah Jawa Timur, saat ini telah terdapat Tol Jombang hingga ke wilayah Nganjuk sehingga kemacetan yang berasal dari arah Kertosono dapat segera terurai.

“Kalau tidak ada jalan tol kemungkinan dapat terjadi kemacetan. Akan tetapi, saat ini saya pikir dapat teratasi sebab, sebagian kendaraan dapat dialihkan menuju ke jalan tol fungsional,” tutup Budi.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sosialisasi Jadi Alasan Tol JORR Batal Naik

OTOmart – Rencana kenaikan tarif tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) yang sedianya akan...

Tes Psikologi SIM Bakal Dilakukan di Seluruh Indonesia

OTOmart – Tes psikologi bagi para pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) sudah mulai disosialisasikan...

Tes Psikologi Dalam Pembuatan SIM Diragukan Ciptakan Keselamatan

OTOmart – Mendengar kabar bahwa pembuatan SIM harus melalui tes psikologi terlebih dahulu agar...

Mulai Besok Tol JORR Dikenakan Single Tarif Rp 15 Ribu

OTOmart – Jasa Marga besok, Rabu (20/6) akan menerapkan integrase transaksi untuk Tol Jakarta...

Sekarang Bikin SIM Harus Ikut Tes Psikologi

OTOmart – Bagi InaAnda yang ingin membuat Surat Izin Mengemudi sebaiknya segera mempersiapkan diri...

Singapura Jadi Negara Dengan Harga Jual Mobil Tertinggi di Asia

OTOmart – Seperti yang diketahui, Singapura terkenal sebagai negara dengan berbagai jenis mobil berharga...