Pemerintah Hentikan Impor Mobil Mewah di Indonesia

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

Semakin melemahnya nilai tukar rupiah menyebabkan pemerintah akhirnya mengambil keputusan yang serius terhadap kondisi pasar otomotif. Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, mengatakan, pihaknya memutuskan untuk menghentikan impor mobil mewah di Indonesia di atas 3.000 cc dengan kategori complete built-up utility (CBU).

“Sekarang itu pembatasannya untuk yang mewah benar-benar kita hentikan. Kalau sekarang benar-benar diberhentikan, yang 3.000 cc ke atas. Berlakunya itu mulai dari rupiah terkoreksi. Sudah dua bulan yang lalu jadi dikendalikan dulu, kalau 3.000cc ke atas memang distop,” ujar Putu, seperti dilansir Kompas.com, Rabu (5/9/2018).

Baca Juga: Usai Asian Games Kebijakan Ganjil Genap Tetap Berlanjut

Keputusan ini terpaksa diambil dengan alasan bahwa mobil mewah di Indonesia bukan merupakan prioritas di tengah kondisi ekonomi yang sedang menurun. Putu pun menghimbau kepada masyarakat untuk mengutamakan mobil lokal terlebih dahulu.

“Keadaan ekonomi sekarang, mobil itu, kan, bukan kebutuhan pokok, cobalah kalau perlu transportasi coba pakai produk dalam negeri dulu dengan keadaan yang seperti ini,” ujar Putu.

Tidak hanya mobil mewah di Indonesia, Putu juga mengungkapkan bahwa impor mobil yang tidak dikategorikan mewah juga kemungkinan akan diawasi juga oleh pemerintah sebelum masuk ke dalam negeri.

“Ya sebenarnya semua, yang distop itu 3.000 cc yang lain dipertimbangkan sesuai dengan balance trade-nya mereka. Berapa banyak dia ekspor dan impor,” ujar Putu.

Mobil Mewah di Indonesia Terlanjur Inden

Kebijakan penghentian impor mobil mewah di Indonesia ini memang diungkapkan baru-baru ini. Lalu, bagaimana jika mobil mewah impor sudah terlanjur dibeli dengan sistem inden?

Mengenai hal ini, Putu mengatakan, jika konsumen terlanjur memesan kendaraan berkategori mewah dengan sistem inden, pembelian ini akan ditinjau kembali.

“Kemarin memang kami coba lihat dokumen Pemberitahuan Impor Barang (PIB)-nya bahwa barang tersebut sudah ada. Sekarang baru kami imbau agar sampaikan surat itu saja,” kata Putu, seperti dikutip Antara.

Putu mengatakan, jika impor mobil mewah tersebut sudah terlanjur ada di Indonesia, Kemenperin kemungkinan akan mempertimbangkannya untuk tetap dimiliki oleh konsumen.

Baca Juga: Tiga Produsen Dengan Tingkat Kepuasan Tertinggi di Indonesia

“Kita lihat saja, kami pertimbangkan karena perlu persetujuan pimpinan. Pimpinan itu dirjen dan menteri,” ujarnya.

Di tengah pelemahan rupiah saat ini, Putu lanjut mengungkapkan, kebijakan ini sebenarnya dilandasi oleh kekhawatiran pemerintah mengenai pembelanjaan impor mobil mewah di Indonesia yang digunakan dengan dolar, sehingga tentu memengaruhi kondisi perekonomian nasional.

“Kami mengkhawatirkan buyer berbelanja menggunakan dolar karena impor kan pakai dolar, ini semua bayarkan dari luar negeri kan dolar, concernnya itu, karena ini sangat sensitif,” ungkapnya.

Untuk meresmikan kebijakan penghentian impor mobil mewah di Indonesia, Putu menyampaikan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) di Indonesia.

Baca Juga: Avanza Jadi Mobil Terlaris Nomor 3 di Asia Tenggara

“Kemarin yang datang kepada saya, saya sampaikan importir dalam kondisi ekonomi ini dia juga sulit untuk menjual, sudah ada komunikasi, penurunan inipun dulu kami sampaikan agar dikurangi, dari kirim 10 jadi 1 kurang,” ungkap Putu.

Sementara itu, Putu belum bisa memastikan sampai kapan impor mobil mewah ini dihentikan. Namun menurutnya, masa penghentian ini akan disesuaikan dengan kondisi perekonomian nasional.

“Belum tahu sampai kapan, kami melihat kondisi perekonomian di dalam negeri,” ujarnya.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sebelum Perjalanan Mudik, Perhatikan Kampas Rem Mobil Anda

OTOmart – Sebelum melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, pastikan jika kendaraan Anda berada...

Cara Menghitung Bobot Bawaan di Mobil Sebelum Mudik

OTOmart – Hingga saat ini, mudik menggunakan mobil pribadi masih menjadi salah satu kendaraan...

Mudik Melalui Jalan Tol, Berikut Daftar Tarif Tol Trans Jawa 2019

OTOmart – Menjelang berakhirnya Ramadan 1440 H, banyak masyarakat yang ada di perantauan tengah...

Jelang Lebaran, Harga Jual Mobil Bekas Mengalami Peningkatan

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, permintaan terhadap mobil bekas semakin meningkat. Hal...

3 Asuransi Yang Perlu Disiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik

OTOmart – Sebelum melakukan mudik, tedapat beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Salah satunya...

Kakorlantas Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran H-3 Hari Raya

OTOmart – Pada mudik Lebaran tahun ini sepertinya pengalaman mudik ke kampung halaman akan...