Hyundai Motor Tanda Tangani MoU Dengan Pemerintah Indonesia

posted in: Berita Mobil | 2 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mou
Hyundai Motor Company dan Pemerintah Indonesia tanda tangani MoU di sela kunjungan kenegaraan Jokowi ke Korsel (wsau)

OTOmart – Awal pekan lalu Presiden Joko Widodo melakukan lawatan ke Korea Selatan. Salah satu hasil dari lawatan tersebut adalah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara salah satu pabrikan otomotif terkenal asal Korea, Hyundai Motor Company (HMC) dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Walaupun MoU telah dapat dipastikan, namun informasi mengenai nilai invenstasi yang akan digelontorkan serta tujuan pemakaian dari nilai investasi tersebut belum diungkapkan.

Baca Juga: Ini Spesifikasi Hyundai Santa Fe Generasi Terbaru

Hyundai Mobil Indonesia yang merupakan distributor resmi mobil Hyundai di Indonesia pun memastikan bahwa yang bertemu dengan Jokowi benar merupakan pihak HMC.

“Tadi saya lihat HMC hadir di meeting tersebut, bahkan foto vice chairman HMC juga ada saat bertemu Jokowi. Kalau HMC hadir, maka besar kemungkinan yang dibicarakan adalah otomotif,” ucap Hendrik Wijaya, Deputi Direktur Pemasaran Hyundai Mobil Indonesia, seperti dilansir laman CNN Indonesia, Rabu (12/9).

Perusahaan konglomerat asal Korea Selatan tersebut rupanya bukan hanya berbisnis otomotif saja, melainkan juga berbisnis berbagai macam hal, mulai dari konstruksi, elektronik, jasa keuangan, alat berat dan kimia.

Meskipun telah adanya MoU antara Hyundai Motor Company (HMC) dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan tetapi pihak Hyundai Mobil Indonesia sampai dengan saat ini belum memegang detail dari MoU tersebut. Namun berdasarkan kabar yang beredar menyebutkan jika isi dari MoU tersebut adalah mengenai investasi pabrik baru serta menjadikan Indonesia menjadi basis produksi berbagai produk Hyundai.

Jongkie Sugiarto, Chairman of Korea Committee of Kamar Dagang dan Industri Indonesia yang turut serta dalam kunjungan kenegaraan Jokowi pada tanggal 10-11 September kemarin juga memastikan bahwa telah terjadinya penandatanganan MoU meskipun dirinya belum mau mengungkapkan isi dari MoU tersebut.

Baca Juga: Kia dan Hyundai Dikeluarkan dari Keanggotaan Gaikindo

“Intinya sih mereka mau berinvestasi di Indonesia, namun untuk detailnya belum bisa saya ungkapkan,” ucap Jongkie, seperti dilansir laman CNN Indonesia.

Berdasarkan kabar yang beredar, kunjungan kenegaraan Jokowi tersebut berhasil membawa pulang kesepakatan bisnis dengan nilai yang cukup fantastis, yaitu US$6,2 miliar (Rp81,7 triliun kurs APBN 2018, Rp 13.400 per dolar AS). Semua nilai tersebut berasal dari 15 proyek yang terjadi antara pelaku usaha Korea Selatan dengan Indonesia.

Selain MoU atau nota kesepahaman, hasil dari kunjungan kerja tersebut juga berhasil mendapatkan enam komitmen investasi business to business yang terjadi antara pihak swasta Indonesia dengan Korea Selatan.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Model Mobil Ini Harganya Anjlok Tapi Banyak Peminat

OTOmart – Sejumlah model mobil baik MPV ataupun SUV yang berasal dari berbagai merek...

Ini Perubahan Yang Dilakukan Suzuki Pada All New Ertiga 2020

OTOmart – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di awal tahun 2020 melakukan gebrakan dengan...

Tips Agar Performa Turbo Kijang Innova Diesel Meningkat

OTOmart – Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa mesin Toyota...

Ketahui Ciri-Ciri Mobil Yang Terendam Banjir Dengan Trik Ini

OTOmart – Di hari pertama tahun 2020, banjir melanda sebagian besar wilayah di Jakarta...

Mau Campur Angin Nitrogen Dengan Angin Biasa? Ini Penjelasannya

OTOmart – Anda biasa mengisi tekanan ban mobil Anda dengan angin nitrogen dan ingin...

Interior Mobil Anda Rusak Akibat Banjir, Segini Biaya Perbaikannya

OTOmart – Salah satu mimpi buruk para pemilik mobil yang terendam banjir adalah kotoran...