Honda Tak Perlu Repot Uji Kualitas Mesin

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Jakarta – Rabu, 30 September 2015, Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan sebuah fasilitas baru di pabrik kedua yang terletak di Jalan Mitra Utara II, Kawasan Industri Karawang Mitra (KIM), Karawang Timur, Jawa Barat. Fasilitas baru tersebut dijuluki Engine Test Bench, dan diharapkan dapat menekan biaya produksi, lantaran fasilitas ini memungkinkan proses pengujian mesin untuk dilakukan di pabrik yang berada di Indonesia, berbeda dengan sebelumnya yang harus dilakukan di luar negeri.

Walaupun harus menanamkan investasi hingga Rp 500 miliar, tapi hal ini dirasa sepadan dengan keuntungan yang bisa didapatkan dan lebih efektif dari sisi waktu produksi. Seiring dengan naiknya kurs dolar, dan belum memperlihatkan adanya penurunan mata uang secara signifikan, terutama di sektor otomotif, penambahan fasilitas baru ini dinilai dapat mempertahankan nilai jual kendaraan agar tidak melonjak tinggi.

Tomoki Uchida, President Director HPM mengungkapkan bahwa pendirian fasilitas ini merupakan bagian dari suplai investasi baru senilai Rp 500 miliar. Selain Engine Test Bench, HPM juga menyiapkan dua fasilitas baru, yaitu untuk produksi crankshaft (poros engkol) pada 2016 dan connecting rod (batang piston) pada 2018. Kedua fasilitas baru itu juga beroperasi di Karawang.

Saat ini baru fasilitas Engine Test Bench yang diresmikan dan akan beroperasi, sementara crankshaft dan connecting rod masih dalam tahap pembangunan. Jika semuanya selesai, maka proses produksi kendaraan oleh Honda Prospect Motor (HPM) akan lebih efektif dibandingkan dengan yang lain.

Hidekazu Tsunemi, Vice President Director HPM menambahkan, Engine Test Bench menambah efisiensi produksi dan mengurangi biaya tambahan. Selama ini HPM mengirimkan mesin untuk diuji ke Thailand, Jepang, atau India untuk mesin 1.2L sampai 2.4L.

Adanya fasilitas baru ini juga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produksi menjadi lebih unggul dibandingkan dengan pesaingnya. Semoga kedepannya, akan ada inovasi kembali dari Honda Prospect Motor.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

MPV dan SUV Bekas Diprediksi Tetap Jadi Idola Hingga Akhir Tahun

OTOmart – Mobil bekas bergenre MPV dan SUV diprediksi oleh beberapa pemain mobil bekas...

Rupiah Melemah, Bikin Pedagang Aksesori Mobil Menjerit

OTOmart – Penjualan kendaraan roda empat yang sepanjang tahun ini mengalami pertumbuhan rupanya tidak...

Oktober Mendatang, Registrasi Kendaraan Wajib Cantumkan Nomor HP

OTOmart – Mulai bulan Oktober 2018 nanti, masyarakat yang akan membeli kendaraan baru wajib...

Mitsubishi Bocorkan Desain Mitsubishi Triton Terbaru

OTOmart – Demi menjaga persaingan serta membuat para konsumen tidak cepat bosan dengan model...

5 Produk Daihatsu Terlaris Periode Januari-Agustus 2018

OTOmart – Hingga Agustus 2018 kemarin, Daihatsu berhasil mencatatkan angka penjualan produk Daihatsu yang...

Tilang Elektronik Mulai Diuji Coba di Jakarta Oktober Mendatang

OTOmart – Setelah tahun lalu sempat menjadi wacana, maka Oktober mendatang, tilang elektronik atau...