Honda Luncurkan CR-V Diesel Terbarunya di India, Indonesia Kapan?

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
cr-v
Honda CR-V (Youtube)

OTOmart – Pasar SUV di Indonesia ternyata cukup menjanjikan. Dimana pada paruh tahun ini saja, salah satu pabrikan otomotif asal Jepang, Honda telah berhasil menjual 5.360 unit kendaraan SUV-nya, yaitu Honda CR-V (berdasarkan data Gaikindo wholesales). Begitu juga dengan penjualannya yang cukup menjanjikan di pasar global. Karena itu, jangan heran jika sudah mengenalkan CR-V dengan spek Euro, Honda dikabarkan akan merilis Honda CR-V bermesin diesel yang akan dirilis pada Oktober 2018 mendarang di Indonesia. lalu bagaimana dengan di Indonesia?

Seperti yang diketahui, PT Honda Prospect Motor (HPM) belum pernah membawa jantung mekanis diesel di Indonesia. bahkan Marketing & After Sales Service Director HPM, Jonfis Fandy mengatakan jika belum ada rencana untuk mendatangkan mobil Honda dengan spesifikasi diesel hingga saat ini.

Baca Juga: Honda Luncurkan CR-V dan Civic Dengan Mesin Diesel di India

Berbagai faktor yang membuat HPM enggan memboyong mobil ini dengan mesin diesel ke Indonesia adalah mengenai infrastruktur bahan bakar yang disinyalir belum merata di berbagai wilayah sehingga menurutnya kurang menguntungkan bagi konsumen.

“Di Indonesia, peredaran bahan bakar diesel kurang merata. Hingga saat ini masih Jawa saja yang mempunyai kualitas baik (Pertamina Dex, Red). Sedangkan untuk wilayah lainnya masih belum,” terang Jonfis, seperti dilansir laman oto.com, Jumat (13/7) lalu.

Faktor lainnya adalah mengenai biaya perawatan yang cukup mahal. “Untuk mesin diesel perawatan dan servisnya lumayan mahal. Hal ini tentu kurang menguntungkan bagi para konsumen. Semuanya mahal sebab, spare part mesinnya harganya lebih mahal,” terangg Jonfis lagi.

Spesifikasi CR-V Diesel

Di pasar India, mesin diesel Honda CR-V berkubikasi 1.6 liter. Namun ternyata hanya menggunakan turbo tunggal bertenaga rendah, dimana daya yang mampu dihasilkannya hanya sebesar 120 hp, lebih rendah dari versi twin turbo dengan daya sebesar 160 hp. Honda melakukan ini disinyalir untuk menjaga nilai jual kendaraan ini menjadi lebih kompetitif.

Baca Juga: Fitur Keselamatan CR-V Turbo Raih Skor Tertinggi

Meskipun mempunyai daya yang rendah, namun torsi yang dimiliki kendaraan ini terbilang cukup tinggi. Hal ini terlihat dari spesifikasi yang tertulis, dimana Honda CR-V diesel ini mampu menghasilkan torsi sebesar 300 Nm. Sedangkan pada versi twin turbo mampu menghasilkan torsi yang sedikit lebih besar, yaitu 350 Nm. Gearbox otomatis pun dipertahankan Honda dengan sembilan percepatan, dimana pada dasarnya mobil ini menggunakan transmisi yang sama namun dengan varian yang jauh lebih kuat.

Hal ini sengaja dilakukan Honda agar membuat daya menjadi lebih mudah untuk diakses saat pengemudi membutuhkan akselerasi yang cukup cepat. Inilah faktor utama mengapa CR-V dilengkapi dengan rasio gigi yang lebih pendek dibanding produk lainnya. Selain itu, CR-V diesel turbo tunggal juga mampu untuk melakukan sprint mulai dari 0-100 Km/jam hanya dalam waktu 11,2 detik. Suatu angka yang terbilang lumayan bagi SUV berukuran besar dan bobot yang cukup berat.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Jangan Sepelekan Krikil Pada Ban Mobil, Bisa Bahaya!

OTOmart – Meski terbuat dari karet dan berbentuk bundar. Akan tetapi, ban mempunyai peranan...

Spesifikasi dan Harga Mobil Toyota Rush Bekas April 2018 OTR Jakarta

OTOmart – Toyota Rush adalah sebuah mini SUV yang berbagi desain dengan Daihatsu Terios....

3 Mobil Suzuki dengan Penjualan Tertinggi Selama GIIAS 2018

OTOmart – Gelaran pameran otomotif terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)...

Tanpa Produk Baru, PT Toyota Astra Motor Dapatkan Banyak SPK

OTOmart – Sepanjang gelaran pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 berlangsung di...

Daftar Harga Toyota Sienta Bekas Agustus 2018

OTOmart – Toyota dikenal sebagai pabrikan otomotif yang mempunyai banyak pilihan model mobil, mulai...

Toyota Berikan Diskon Besar Bagi Avanza di GIIAS 2018

OTOmart – Momen pameran otomotif GIIAS 2018 tidak disia-siakan oleh para pabrikan otomotif untuk...