Sepanjang Tahun 2017 Honda Kuasai Semua Segmen Pasar Otomotif

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
segmen
Sumber: Kabar Oto

OTOmart – Produk-produk Honda sepanjang tahun 2017 kemarin berhasil menguasai penjualan pada beberapa segmen terbesar di pasar otomotif Indonesia. Beberapa segmen tersebut antara lain yaitu, segmen SUV, Hatchback dan City Car+ LCGC 5 penumpang. Sedangkan produk Honda Brio Satya, tahun 2017 kemarin kembali menjadi produk terlaris Honda sekaligus mencatatkan peningkatan penjualan dibanding tahun 2016 lalu.

Di produk SUV sepanjang tahun 2017 kemarin, Honda mengukuhkan dirinya berada di posisi teratas dari berbagai penjualan produk SUV lainnya, melalui produk andalannya, Honda HR-V, BR-V dan CR-V. Jika ditotal, ketiga produk tersebut berhasil mengumpulkan penjualan sebesar 76.918 unit atau sebesar 46,2% dari total penjualan SUV (segmen SUV + SUV) di Indonesia.

Seperti yang diketahui, Honda HR-V 1,5 liter mempunyai market leader untuk kelas LSUV dengan jumlah penjualan sebesar 33.386 unit dan pangsa pasarnya sebesar 36% di kelasnya. Di kelas yang sama, BR-V berhasil menyumbangkan total penjualan sebanyak 21.932 unit dengan pangsa pasar sebesar 24%. Sementara itu, Honda CR-V berhasil mencatatkan jumlah penjualan sebanyak 15.905 unit dengan pangsa pasar sebesar 22% untuk kelas SUV dan HR-V 1.8 liter berhasil mengumpulkan total penjualan sebanyak 5.695 unit dengan pangsa pasar sebesar 8% untuk kelas yang sama.

Baca Juga: Akhirnya Honda Rilis City, Amaze dan Honda WRV Terbaru di India

Untuk segmen Hatchback, Honda menampilkan produk andalannya, yaitu Jazz dan Civic. Kedua produk tersebut berhasil mencatatkan penjualan tertinggi dengan total penjualan sebanyak 17.574 unit atau sekitar 52% dari seluruh penjualan Hatchback sepanjang tahun 2017. Di segmen ini, Jazz menjadi market leader di segmen ini dengan total penjualan sebanyak 16.100 unit dengan pangsa pasar sebesar 48%. Sementara itu, Honda Civic Hatchback berhasil meraih penjualan sebanyak 1.474 unit dengan pangsa pasar sebesar 4% untuk kelas yang sama.

Untuk segmen City Car, keluarga Honda Brio masih menjadi penyumbang penjualan tertinggi bagi Honda, sekaligus menjadi penguasa pasar mobil City Car + LCGC dengan 5 penumpang di tahun 2017. Jika di total secara keseluruhan, Honda Brio Satya dan Honda Brio RS berhasil mengumpulkan penjualan sebesar 53.958 unit atau sebesar 39,2% dari total penjualan City Car + LCGC dengan 5 penumpang di Indonesia sepanjang tahun 2017 kemarin.

Selain itu, Honda Brio Satya ternyata juga tercatat sebagai produk paling laris dari Honda pada tahun 2017 dengan total penjualan sebesar 43.378 unit dengan pangsa pasar sebesar 18% untuk kelasnya. Tidak hanya itu, penjualan mobil ini juga meningkat sebanyak 19% jika dibandingkan total penjualan pada tahun sebelumnya. Sedangkan di Kelas City Car, Honda Brio RS berhasil menyumbangkan total penjualan sebanyak 10.580 unit dengan pangsa pasar sebesar 33% di kelasnya.

Baca Juga: Honda Akan Rilis Produk Honda Insight Tahun 2018 Mendatang

MPV Honda juga berhasil meraih hasil penjualan yang baik di sepanjang tahun 2017, di mana Honda Mobilio berhasil meraih penjualan sebanyak 35.430 unit dengan pangsa pasar sebesar 14% di kelas LMPV. Sedangkan Odyssey menambahkan penjualan tersebut sebanyak 282 unit dengan pangsa pasar sebesar 4% untuk kelas Upper MPV. Di kelas Sedan, City menjadi raja dengan total penjualan sebanyak 1.024 unit dengan pangsa pasar sebesar 57% di kelas Mini Sedan.

Posisi sebagai pimpinan juga diraih produk Honda lainnya yaitu Civic di kelas Small Sedan dengan total penjualan sebanyak 1.321 unit dengan pangsa pasar sebesar 65%. Sedangkan salah satu produk Honda lainnya, Honda Accord berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 300 unit dengan pangsa pasar untuk kelas Medium Sedan sebanyak 10%, sedangkan untuk Honda Civic Type R berhasil menambah penjualan produk Honda sebanyak 52 unit dengan pangsa pasar sebesar 34% untuk kelas Sport.

Jika di total secara keseluruhan sepanjang tahun 2017, Honda berhasil menjual semua produknya sebanyak 186.859 unit dengan total pangsa pasar sebesar 17,3% dari total pasar otomotif yang ada di Indonesia.

Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy mengatakan “Jika dilihat secara keseluruhan, pasar otomotif di tahun 2017 mengalami sedikit pertumbuhan, hal ini dikarenakan adanya kenaikan penjualan di segmen komersial. Sedangkan penurunan terjadi di segmen mobil penumpang, sehingga mempengaruhi semua penjualan berbagai produk Honda yang ada di segmen ini,” ucap Jonfis seperti dilansir laman oto.co.id.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Spesifikasi dan Harga Mobil Toyota Rush Bekas April 2018 OTR Jakarta

OTOmart – Toyota Rush adalah sebuah mini SUV yang berbagi desain dengan Daihatsu Terios....

3 Mobil Suzuki dengan Penjualan Tertinggi Selama GIIAS 2018

OTOmart – Gelaran pameran otomotif terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)...

Tanpa Produk Baru, PT Toyota Astra Motor Dapatkan Banyak SPK

OTOmart – Sepanjang gelaran pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 berlangsung di...

Daftar Harga Toyota Sienta Bekas Agustus 2018

OTOmart – Toyota dikenal sebagai pabrikan otomotif yang mempunyai banyak pilihan model mobil, mulai...

Toyota Berikan Diskon Besar Bagi Avanza di GIIAS 2018

OTOmart – Momen pameran otomotif GIIAS 2018 tidak disia-siakan oleh para pabrikan otomotif untuk...

Siapa Sangka Ternyata Hawa Udara Pemicu Bodi Mobil Berkarat

OTOmart – Karat atau korosi yang terjadi pada mobil merupakan salah satu masalah yang...