Honda India Stop Produksi Mobilio Selama 10 Bulan

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, New Delhi – Berhembus kabar jika Honda Cars India Ltd (HCIL) akan memberhentikan produksi MPV Honda Mobilio. Alasannya karena Honda Mobilio mengalami penurunan pasar, yang berimbas pada penurunan jumlah permintaan. Apakah rating buruk yang didapat Mobilio dari hasil uji tabrak menjadi salah satu faktor penyebabnya?

honda-india-stop-produksi-mobilio-selama-10-bulan

Jnaneswar Sen, marketing and sales HCIL, sebagaimana dilansir dari Indianautosblog, Senin (10/10/2016), membantah rumor tersebut, namun membenarkan Honda sedang menyetop produksi Mobilio. “Ingin menghabiskan stok lama terlebih dulu,” katanya.

Dilaporkan pula, berdasarkan data Society of Indian Automobile Manufacturers terungkap bahwa Honda Mobilio terakhir diproduksi di India menjelang akhir November 2015. Tapi, Mobilio belum dihapus dari pasaran karena sebagian besar diler menawarkan diskon mulai Rs 50 ribu atau sekitar Rp 9,7 juta sampai Rs 100 ribu atau sekira Rp 19,5 juta.

Pada awal kemunculannya, Honda Mobilio mendapat sambutan yang positif dari konsumen. Penjualannya pada 2014 lebih dari 5.400 unit perbulan. Sekarang penjualan Mobilio rata-rata 200 – 300 unit saja. Bahkan pada September 2016 Mobilio hanya menyumbang penjualan sebanyak 261 unit, atau ada penurunan sebesar 59 persen bila dibandingkan dengan penjualan September 2015.

Padahal dulu di masa jayanya Mobilio sempat bersaing ketat dengan Suzuki Ertiga. Salah satu buktinya pada Agustus 2014, sebanyak 5,530 Mobilio terjual, sedangkan di bulan yang sama Ertiga hanya mampu menjual 4,658 unit. Sekarang justru berbalik, Mobilio terpuruk sementara Ertiga meraih penjualan yang sangat besar. Berdasarkan data penjualan pada September 2016 Ertiga terjual sebanyak 6.438 unit.

Salah seorang juru bicara HCIL menyatakan bahwa penurunan penjualan Mobilio dikarenakan Honda hanya menjualnya untuk segmen pribadi, bukan segmen komersial. Rivalnya seperti Ertiga, Chevrolet Enjoy, Toyota Innova dan lainnya tidak hanya dipasarkan untuk segmen pribadi saja tapi juga komersial ke perusahaan taksi.

Pasar lain seperti Indonesia dan Thailand sudah menerima Mobilio terbaru tahun ini dengan interior baru yang dipinjam dari Honda BR-V. Pembaruan ini diharapkan bisa ditawarkan di India dalam beberapa bulan mendatang.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Update Terbaru Harga Avanza Bekas Desember 2019

OTOmart – Hingga saat ini, Toyota Avanza masih menjadi salah satu mobil bekas yang...

Harga Mitsubishi Xpander Bekas Mulai Dari Rp 200 Jutaan

OTOmart – Dibandingkan versi terbarunya, harga jual Mitsubishi Xpander bekas justru lebih menarik. Di...

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...