Honda Belum Mau Naikkan Harga Jual Kendaraan Miliknya

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
harga jual
Honda belum mau naikkan harga jual kendaraannya (Pemerintahan.id)

OTOmart – Dengan belum stabilnya kondisi nilai tukar rupiah rupanya turut mempengaruhi pasar otomotif Tanah Air, khususnya mengenai harga jual kendaraan roda empat di beberapa produsen dalam negeri yang juga turut melakukan pengoreksian harga jual beberapa produknya.

Sebelumnya, Suzuki Indonesia telah mengevaluasi harga beberapa produknya terkait semakin melemahnya nilai rupiah terhadap dolar Amerika. Meski begitu, tidak semua produsen langsung tancap gas dan mengikuti jejak Suzuki dengan mengevaluasi harga produk kendaraan mereka.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Mobil Honda Jazz September 2018 OTR Jakarta

Salah satu yang produsen yang hingga saat ini belum melakukan perubahan harga terkait kondisi rupiah yang terus melemah adalah PT Honda Prospect Motor. Sebagai agen tunggal pemegang merek mobil Honda di Indonesia, pihak HPM mengaku bahwa hingga saat ini belum berencana untuk menaikkan harga jual berbagai produknya terkait pelemahan rupiah.

Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual HPM mengatakan terkait naik turunnya nilai tukar rupiah yang tengah dialami, menurutnya bukanlah kondisi yang baru dan telah dialami oleh agen resmi mobil Honda tersebut sejak bertahun-tahun lamanya.

“Kami terus terang belum dapat menjawab mengenai kenaikan harga ini. Bahkan sampai saat ini pun kami belum tahu hingga kapan harga saat ini akan bertahan, sebab kami harus melihat kondisinya terlebih dahulu,” ucap Jonfis, seperti dilansir laman Viva News, Rabu (12/9).

Dirinya juga menjelaskan bahwa untuk melakukan pengaturan harga, biasanya terdapat banyak faktor yang harus dicermati, seperti perubahan model, nilai tukar rupiah hingga inflasi. Semua faktor tersebut juga telah dilakukan pada harga mobil All New Honda Brio yang baru saja ditetapkan.

Meski begitu, Jonfis mengatakan bahwa kenaikan harga harga mobil berdasarkan nilai tukar rupiah biasanya paling cepat dilakukan para produk-produk mobil yang diimpor secara utuh atau biasa disebut completely built up (CBU), dan Honda pun melakukan hal ini terhadap produk-produk mereka yang impor dan dijual di pasar tanah air.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Honda BR-V Terbaru Agustus 2018

“Hingga kini kami masih memantau dan mudah-mudahan saja bisa cepat membaik. Kami juga tidak ingin membuat keputusan dengan tergesa-gesa, kecuali untuk CBU karena merupakan kendaraan impor dan di direct secara langsung. Kami telah menaikkan harga mobil CBU, dimana besarannya mencapai satu persen,” terang Jonfis lagi.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ini Alasan Daihatsu Sigra Lebih Laris Dibanding Calya

OTOmart – Daihatsu Sigra dan Toyota Calya facelift telah secara resmi meluncur pada awal...

Mau Membeli Mobil Bekas? Begini Cek Kondisi Airbagnya

OTOmart – Salah satu fitur keselamatan penting yang harus dimiliki oleh mobil modern saat...

5 Perbedaan Daihatsu Sigra Facelift Vs Calya Facelift

OTOmart – Setelah tiga tahun meluncur, mobil hasil kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu, yaitu...

Cari Harga Mobil Bekas di Bawah Rp 80 Juta? Ini Daftarnya!

OTOmart – Punya dana Rp 80 jutaan dan mempunyai keinginan membeli mobil bekas? Mungkin...

Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Dan Harga New Sigra Facelift 2019

OTOmart – Setelah 3 tahun lamanya tidak diberikan perubahan, kini mobil andalan PT Astra...

Siap Dirilis, Ini Spesifikasi New Sigra dan New Calya Facelift 2019

OTOmart – Setelah lama tidak mendapatkan pembaruan, dua produk kembar milik Toyota dan Daihatsu,...