Tetapkan Euro VI, Honda Accord dan Lainnya Siap Keluar dari Singapura

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
honda accord
Sumber: Liputan 6

Otomart, Jakarta – Mulai tanggal 1 September 2017, Singapura secara resmi telah menetapkan standar emisi Euro VI bagi mesin bensin kendaraan di negara tersebut, kemudian direncanakan akan disusul dengan mesin diesel pada Januari 2018 mendatang. Honda Accord dan beberapa merek mobil lainnya yang belum memenuhi standar emisi baru tersebut terancam akan dikeluarkan dari pasar Singapura.

Dilansir laman Paultan, Sabtu (2/9) pengimplementasian aturan baru ini akan sedikit banyak berpengaruh pada jumlah model mobil yang masuk ke negara tersebut. Saat ini, ada setidaknya lebih dari selusin model yang telah dijual di negara tersebut, namun tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan dan terancam akan dikeluarkan dari pasar.

Saat ini, ada beberapa model kendaraan yang terkena dampak peraturan baru ini, antara lain yaitu Honda Accord, Nissan Teana dan Toyota Camry. Lalu di segmen entry level terdapat mobil Toyota Vios dan Nissa Almera. Selanjutnya ada Suzuki Swift, S-Cross, Honda Mobilio, Hyundai Veloster serta seluruh produk mobil Chevrolet yang dijual di pasar Singapura yang telah gagal memenuhi standar emisi baru tersebut.

Berdasarkan keterangan agen resmi dan pengimpor mobil ke Singapura, beberapa model yang gagal memenuhi standar emisi terbaru itu akan kembali datang ke Singapura dengan versi Euro VI. Namun, ada juga yang benar-benar akan keluar dari pasar Singapura dan disinyalir tidak akan kembali lagi untuk dipasarkan, seperti Honda Accord, Nissan Teana dan Honda Mobilio.

Singapura merupakan satu-satunya negara yang telah mengadopsi standar emisi terbaru di deretan negara kawasan ASEAN. Sementara Indonesia masih menuju transisi untuk menuju Euro VI pada 2018 nanti.

Untuk mendukun regulasi Euro VI yang akan berlaku pada bulan Januari 2018 nanti. Saat ini Pemerintah Indonesia masih akan mengatur skema emisi lainnya. Para ahli berpendapat, jika pemerintah akan melakukan regulasi Euro VI, maka akan mempengaruhi industry otomotif tanah air secara signifikan.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Toyota Avanza Bekas Rajai Pasar Mobil Bekas di Indonesia

OTOmart – Selama periode Oktober 2019, Toyota Avanza bekas masih mengukuhkan dirinya sebagai mobil...

Harga Nissan X-Trail Bekas Kini Mulai Dari Rp70 juta

OTOmart – Menjelang libur akhir tahun 2019, banyak masyarakat yang mulai berburu mobil bekas....

Tips Merawat Mesin Isuzu Panther Diesel Agar Performa Tetap Stabil

OTOmart – Sejak awal kemunculannya, Isuzu Panther yang tergolong ke dalam jenis mobil MPV...

Tips Memilih Kaca Film Mobil Murah Namun Berkualitas

OTOmart – Salah satu aksesoris yang sering dicari dan banyak beredar di pasaran adalah...

Ternyata Ini Alasan Mengapa Kijang LGX Banyak Dicari!

OTOmart – Di antara banyak varian model Kijang yang beredar di pasar mobil bekas...

Banyak Dicari, Segini Harga Hyundai Santa Fe Sekarang!

OTOmart – Jika Anda ingin memiliki mobil SUV bekas dengan tampilan yang gagah, mempunyai...