Hati-Hati! Jelang Lebaran Onderdil Palsu Marak Beredar

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
onderdil
Spare parts (Morguefile)

OTOmart – Kabar mengenai banyaknya suku cadang palsu yang beredar di pasaran tentunya sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Bahkan beberapa oknum secara sengaja memalsukan produk atau onderdil palsu dengan mengatasnamakan nama brand terkenal yang dipalsukan tersebut.

Hal ini tentunya sangat disesalkan oleh para konsumen, sebab merupakan tindakan yang jelas-jelas merugikan. Apalagi bagi orang awam yang tidak mampu membedakan secara nyata antara onderdil palsu dengan yang asli.

Baca Juga: Inilah Cara Membedakan Suku Cadang Asli Atau Bajakan!

Didi Ahadi, Head Dealer Technical Support Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan bahwa untuk dapat membedakan antara onderdil palsu dengan onderdil asli, maka para konsumen harus secara jeli dan teliti memperhatikannya. Sebab, secara kasat mata, sangat sulit untuk membedakan antara keduanya.

“Secara awam memang sangat sulit untuk membedakannya, tapi kelihatan pada tingkat kualitasnya. Jika secara kasat mata tidak berbeda, namun Anda harus benar-benar jeli. Sebab, kedua onderdil ini sangat sulit untuk dibedakan, karena perlu dibandingkan dengan yang asli,” ucap Didi, seperti dilansir laman Cnn Indonesia, Kamis (17/5) lalu.

Sebagai solusinya, dirinya sangat menyarankan agar para konsumen dapat lebih waspada ketika hendak mengganti suku cadang kendaraan Anda. Apalagi, menjelang mudik Lebaran seperti sekarang ini, tentunya peredaran onderdil palsu akan semakin marak.

“Untuk antisipasinya, saya sangat menyarankan agar para masyarakat dapat membelinya di bengkel resmi. Misalnya saja bagi para pengemudi dapat langsung ke Toyota saja,” ucapnya lagi.

Selain memberikan solusi, didi juga menyampaikan beberapa efek samping serta kerugian dari kendaraan yang telah dipasangi dengan onderdil palsu.

Baca Juga: Cari Onderdil Mobil Wuling? Berikut Daftar Harganya

“Sebagai contoh filter oli, kalau non-genuine jadi tidak bisa memfilter (menyaring) beberapa partikel yang seharusnya disaring sehingga dapat merusak mesin. Atau kanvas rem atau brake pad, dimana hasilnya kurang pakem sehingga mengakibatkan piringan rem jadi rusak,” terangnya.

Didi juga menerangkan mengapa perlunya membeli suku cadang di bengkel resmi, terkait dengan garansi yang diberikan. “Tentunya kalau beli suku cadang dan dipasang di bengkel resmi punya garansi, mulai dari 1 tahun atau 20 ribu km, tergantung dari mana yang telah tercapai terlebih dahulu,” tambah Didi.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ini Penyakit Pada Honda CRV Bekas Yang Sering Terjadi

OTOmart – Honda CRV bekas kini masih menjadi favorit pilihan masyarakat Indonesia, mengingat statusnya...

Daftar 10 Mobil Terlaris 2019 Berdasarkan Data Gaikindo

OTOmart – Sepanjang tahun 2019 lalu, total penjualan mobil di pasar otomotif Indonesia berhasil...

Kartu Tol Hilang Saat Berada Di Jalan Tol? Ini Cara Penyelesaiannya

OTOmart – Diberlakukannya sistem pembayaran cashless pada pengguna jalan tol, tentunya perlu disadari secara...

Ford Everest Bekas, Tenaga Badak Harga Mulai Rp 70 Jutaan

OTOmart – Meski telah lama hengkang dari pasar otomotif tanah air, beberapa produk dari...

Chevrolet Trax Bekas Kini Harganya Mulai Dari Rp 150 Jutaan

OTOmart – Anda sedang mencari mobil SUV bekas namun tidak ingin agar bodinya tidak...

Resmi Meluncur, Berikut Spesifikasi dan Harga Lengkap KIA Seltos

OTOmart – Di awal tahun 2020, PT Kreta Indo Artha (KIA) melakukan gebrakan dengan...