Hati-Hati! Melintas di Tol Fungsional Kecepatan Maksimal 40 KM/Jam

posted in: Berita Mobil | 3 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
fungsional
Tol fungsional Salatiga-Colomadu sedang dalam proses pengerjaan (aktual)

OTOmart – Mudik tahun ini nampaknya akan sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab, pada arus mudik 2018 saat ini, Anda dapat melintasi tol tanpa putus mulai dari Merak ke Jakarta bahkan hingga ke Surabaya. Pada arus mudik saat ini, tol operasional yang telah beroperasi antara lain yaitu Tol Merak-Jakarta-Cikampek, Cikampek-Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan.

Sedangkan untuk tol Pejagan-Pemalang masih menjadi tol fungsional tapi konstruksinya telah rampung sebanyak 99 persen dan telah siap untuk dioperasikan. Lalu ada tol Pemalang-Batang yang juga masih menjadi tol fungsional dimana sebagian ruas tolnya telah dilapisi aspal dan sebagian lagi masih berlapis beton rigid pavement dan lane concrete (lapisan beton tipis).

Baca Juga: 3 Tips Mudik Aman Lewat Jalan Tol Jakarta – Surabaya

Untuk tol fungsional Batang-Semarang, kondisinya serupa, dimana masih berupa lapisan beton, telah ada yang rigid favement namun saat ini lebih banyak ruas tol yang baru dilapisi dengan lane concrete.

Untuk tol Semarang-Salatiga, saat ini telah menjadi tol operasional bahkan tanpa hambatan sama sekali. Sedangkan untuk rute Salatiga-Boyolali-Colomadu tolnya masih fungsional dan hanya dapat dilalui satu lajur saja, dimana konstruksi jalan tol ini sebagiannya masih berupa rigid pavement dan lace concrete.

Hudja Arafuddin, Staf SDMU Bidang Humas PT Jasamarga Solo Ngawi menghimbau kepada para pemudik agar selalu berhati-hati ketika melintas di tol fungsional, apalagi jika konstruksi jalan masih berupa rigid pavement dan lane concrate.

Hal ini dikarenakan kontur jalan pada rute tersebut masih belum rata dan justru cenderung bergelombang. “Karena itu selalu waspada dan berhati-hati dengan menggunakan kecepatan maksimal 40 kilometer per jam,” ucap Hudja, seperti dilansir laman Tempo, Senin (4/6) kemarin.

Untuk ruas tol Solo-Kertosono seksi Colomadu-Ngawi sepanjang 90,35 kilometer dan Ngawi-Kertosono sejauh 88,36 kilometer telah dapat dikategorikan sebagai tol operasional tanpa beban biaya alias gratis selama arus mudik 2018.

Baca Juga: Inilah Daftar Jalan Tol Non-Tunai Milik Jasa Marga

Tol ini telah mampu beroperasi dengan 2 lajur selama 24 jam. Selain itu, kendaraan yang melintas di jalur ini juga dimanjakan, karena dapat memacu kendaraannya dengan kecepatan 80-100 kilometer per jam. “Namun tetap disarankan untuk tidak melebihi batas kecepatan maksimal yang disarankan (100 kilometer per jam) demi keamanan para pemudik,” terangnya lagi.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Toyota Tawarkan Layanan Servis Mesin dan Spooring Pasca Mudik

OTOmart – Setelah berakhirnya masa mudik Lebaran dan digantikan dengan musim arus balik untuk...

Usai Lebaran, Toyota Avanza G Menguasai Penjualan Produk Toyota

OTOmart – Toyota Avanza 2019 saat ini terus menjadi market leader Toyota selama tahun...

Usai Lebaran, Harga Hatchback Honda dan Mazda Mengalami Kenaikan

OTOmart – Usai libur Lebaran, beberapa produsen mobil di Indonesia mulai merevisi harga mobil...

Jangan Lupa Cek 4 Cairan Ini di Mobil Anda Pasca Mudik

OTOmart – Setelah melakukan perjalanan jauh untuk mudik ke kampung halaman, kini saatnya Anda...

Usai Mudik, Sebaiknya Cek Komponen Mobil Ini Biar Performa Tetap Optimal

OTOmart – Setelah melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, kini saatnya Anda kembali menjalani...

Arus Balik Kendaraan di Pelabuhan Bakauheni Capai Belasan Km

OTOmart – Arus balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan mulai memasuki puncaknya. Hal...