Hasil Uji Tabrak Suzuki Ignis Memuaskan!

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Jakarta – Suzuki Ignis merupakan city car yang mulai naik daun di pasar otomotif tanah air. Hal ini terbukti dari terus meningkatnya jumlah pesanan akan city car bergaya SUV ini dari minggu ke minggu. Belum genap dua minggu dari masa peluncurannya, Suzuki Ignis sudah berhasil mengantongi pesanan hingga 2000 unit. Lantas berapa jumlah pesanannya hingga saat ini? Kabarnya jumlah pesanan hampir menembus angka 5000 unit. Keren!

Mobil satu ini memang cukup menggoda dengan segala fitur terbaik juga desain yang lebih sporty. Selain itu, harganya yang terbilang terjangkau mampu menarik minat konsumen untuk segera memilikinya.

Baca juga: Sienta, Sigra, Calya Lolos Tes Uji Tabrak

Lalu, bukan hanya dari harga yang setara dengan mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC), tapi dari sistim keamanannya dinilai lengkap. Sayangnya, Suzuki Ignis yang dipasarkan di tanah air ini bukan buatan asli Indonesia, melainkan didatangkan langsung dari India. Meski begitu, Suzuki Ignis buatan India ini sudah mampu meraih bintang di beberapa tes uji tabrak yang dilakukan oleh beberapa lembaga.

hasil-uji-tabrak-suzuki-ignis-memuaskan
http://otomotif.kompas.com/

Dilansir dari Indianautosblog, ternyata Ignis sudah melewati uji tabrak yang dilakukan oleh European New Car Assessment Programme (Euro NCAP) tahun 2016 lalu. Hasilnya cukup baik, dari keseluruhan pengujian yang dijalani, Ignis mendapat lima bintang.

Namun, itu merupakan model Ignis yang dijual dengan spesifikasi Eropa, yang sudah dilengkapi dengan airbag samping. Untuk pengujian adult occupant atau pengendara mendapat nilai 87 persen, child occupant 79 persen, pedestrian atau pejalan kaki 77 persen, dan safety assist sebesar 60 persen.

Sedangkan untuk model Ignis versi India tanpa keberadaan airbag samping, dan fitur seperti lane departure warning, dual camera brake support, serta speed limiter, ternyata mendapat nilai tiga bintang, model ini serupa dengan yang dipasarkan di Indonesia. Meski dianggap cukup memuaskan, namun beberapa sektor tetap ada kelemahan.

Dalam pengujian tabrakan frontal dengan Ignis yang memiliki bobot 820 kilogram dan mesin 1.2L dalam kecepatan 64 kpj, perlindungan terhadap area dada pengemudi masih lemah. Nilai adult occupant 79 persen, child occupant 79 persen, pedestrian 67 persen, dan safety assist hanya 25 persen.

Namun untuk perlindungan lutut serta area kritis lainnya dinilai masih bagus, baik untuk baris pertama dan kedua. Bahkan kompartemen penumpang Ignis dinilai tetap stabil saat terjadi benturan keras dari depan.

Baca juga: Indonesia Seharusnya Punya Tes Uji Tabrak Sendiri

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Spesifikasi dan Harga Mobil Avanza Bekas Juli 2018

OTOmart – Tidak dapat dipungkiri lagi jika mobil Avanza merupakan salah satu mobil buatan...

Jaga Persaingan, Mitsubishi Luncurkan Pajero 2019 di Cina

OTOmart – Guna menjaga pasar agar tetap kondusif hingga munculnya model terbaru, membuat Mitsubishi...

Perbedaan Mesin Avanza dan Mesin Xenia yang Perlu Diketahui

OTOmart – Ketika Anda berkendara di jalanan, tentu Anda tidak akan asing lagi dengan...

Mau Beli Mobil? Sebaiknya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Dulu

Otomart – Pengaturan sistem keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah mudah, semua membutuhkan pengalaman...

Waspada! Bahaya Menaruh Botol Plastik Dalam Kabin Mobil

OTOmart – Jika Anda seringkali meninggalkan air minum dalam kemasan botol plastik di dalam...

5 Etika Pemasangan Lampu Kabut Yang Wajib Dipenuhi

OTOmart – Lampu kabut (fog lamp) merupakan salah satu komponen tambahan (aksesori) yang biasanya...