Ini Hasil Perbandingan Akselerasi Avanza Bekas Manual Vs Matik

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
avanza bekas manual
Toyota Avanza 1.3 G

OTOmart – Sejak kemunculannya di akhir tahun 2003 lalu, Toyota Avanza sendiri mempunyai dua pilihan sistem transmisi, yaitu manual dan matik. Lalu bagaimanakah komparasi antara Avanza bekas manual dengan Avanza matik?

Seperti diketahui, Toyota Avanza dan saudara kembarnya Daihatsu Xenia banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia karena mempunyai durability yang baik serta mempunyai tingkat konsumsi bahan bakar yang tergolong irit untuk mobil kelas Low MPV.

Baca Juga: Selama Oktober 2019, Harga Mobil Avanza Terbaru Masih Stabil

Bukan hanya untuk mobil baru saja, Toyota Avanza juga berhasil merajai pasar mobil bekas dalam beberapa bulan terakhir. Bahkan pada awal tahun ini Toyota menghadirkan mobil ini dalam model yang berbeda dibandingkan model sebelumnya.

Sebelumnya melakukan perubahan pada awal tahun 2019 ini, Toyota telah melakukan beberapa perubahan pada Avanza di tahun 2011. Pada saat itu, Toyota Avanza tipe S dihilangkan dan diubah namanya menjadi Toyota Avanza Veloz.

Perubahan yang dilakukan pada Toyota Avanza Veloz ini mulai dari tampilan desain yang dibuat lebih sporty serta pada bagian suspensinya yang dibuat menjadi lebih nyaman dibandingkan model sebelumnya.

Komparasi Toyota Avanza Bekas Manual dan Matik

Di pasar mobil bekas, mobil matik seringkali banyak dipilih oleh masyarakat karena pengendara tidak perlu repot-repot lagi menginjak pedal kopling. Meski begitu, bukan berarti mobil bertransmisi manual jelek dan performanya kurang baik.

Dilansir laman Otoseken.com, untuk pengujian akselerasi menggunakan Toyota Avanza bekas manual, diraih angka 13,1 detik untuk akselerasi mulai dari 0 hingga 100 km/jam. Sedangkan untuk Avanza bekas matik, hasilnya lebih lambat, yaitu 15,1 detik.

Setelah itu, pengetesan dilakukan pada kecepatan 40 hingga 80 km/jam. Pada kecepatan ini, Avanza manual mendapatkan angka 5,6 detik. Angka ini jauh lebih cepat ketimbang varian matiknya yang hanya berhasil meraih angka 6,2 detik.

Baca Juga: Biaya Perbaikan Kaki-Kaki Mobil Avanza Bekas Resmi dan Umum

Pengujian selanjutnya dilakukan pada kecepatan 0 hingga 402 meter. Pada kecepatan ini, Avanza bekas manual masih lebih unggul dengan mencatatkan angka 18,8 detik. Sedangkan untuk model matiknya hanya berhasil mencatatkan angka 19,5 detik saja.

Lalu bagaimana dengan tingkat konsumsi bahan bakarnya?

Untuk tingkat konsumsi bahan bakarnya, Avanza manual mempunyai tingkat konsumsi paling irit dengan mencatatkan angka 10,5 Km/liter, dibandingkan dengan Avanza bekas matik yang mencatatkan angka 9,8 km/liter untuk pemakaian dalam kota.

Namun untuk pemakaian luar kota, Avanza bekas matik jauh lebih unggul dengan meraih angka 12,3 km/liter, sedangkan untuk manualnya berada di angka 11,5 km/liter saja.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Harga Nissan X-Trail Bekas Kini Mulai Dari Rp70 juta

OTOmart – Menjelang libur akhir tahun 2019, banyak masyarakat yang mulai berburu mobil bekas....

Tips Merawat Mesin Isuzu Panther Diesel Agar Performa Tetap Stabil

OTOmart – Sejak awal kemunculannya, Isuzu Panther yang tergolong ke dalam jenis mobil MPV...

Tips Memilih Kaca Film Mobil Murah Namun Berkualitas

OTOmart – Salah satu aksesoris yang sering dicari dan banyak beredar di pasaran adalah...

Ternyata Ini Alasan Mengapa Kijang LGX Banyak Dicari!

OTOmart – Di antara banyak varian model Kijang yang beredar di pasar mobil bekas...

Banyak Dicari, Segini Harga Hyundai Santa Fe Sekarang!

OTOmart – Jika Anda ingin memiliki mobil SUV bekas dengan tampilan yang gagah, mempunyai...

Cari Honda Mobilio Bekas 2018? Ini Harga Bekasnya Sekarang!

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Honda Mobilio bekas 2018 adalah yang paling banyak...