Ini Hasil Perbandingan Akselerasi Avanza Bekas Manual Vs Matik

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
avanza bekas manual
Toyota Avanza 1.3 G

OTOmart – Sejak kemunculannya di akhir tahun 2003 lalu, Toyota Avanza sendiri mempunyai dua pilihan sistem transmisi, yaitu manual dan matik. Lalu bagaimanakah komparasi antara Avanza bekas manual dengan Avanza matik?

Seperti diketahui, Toyota Avanza dan saudara kembarnya Daihatsu Xenia banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia karena mempunyai durability yang baik serta mempunyai tingkat konsumsi bahan bakar yang tergolong irit untuk mobil kelas Low MPV.

Baca Juga: Selama Oktober 2019, Harga Mobil Avanza Terbaru Masih Stabil

Bukan hanya untuk mobil baru saja, Toyota Avanza juga berhasil merajai pasar mobil bekas dalam beberapa bulan terakhir. Bahkan pada awal tahun ini Toyota menghadirkan mobil ini dalam model yang berbeda dibandingkan model sebelumnya.

Sebelumnya melakukan perubahan pada awal tahun 2019 ini, Toyota telah melakukan beberapa perubahan pada Avanza di tahun 2011. Pada saat itu, Toyota Avanza tipe S dihilangkan dan diubah namanya menjadi Toyota Avanza Veloz.

Perubahan yang dilakukan pada Toyota Avanza Veloz ini mulai dari tampilan desain yang dibuat lebih sporty serta pada bagian suspensinya yang dibuat menjadi lebih nyaman dibandingkan model sebelumnya.

Komparasi Toyota Avanza Bekas Manual dan Matik

Di pasar mobil bekas, mobil matik seringkali banyak dipilih oleh masyarakat karena pengendara tidak perlu repot-repot lagi menginjak pedal kopling. Meski begitu, bukan berarti mobil bertransmisi manual jelek dan performanya kurang baik.

Dilansir laman Otoseken.com, untuk pengujian akselerasi menggunakan Toyota Avanza bekas manual, diraih angka 13,1 detik untuk akselerasi mulai dari 0 hingga 100 km/jam. Sedangkan untuk Avanza bekas matik, hasilnya lebih lambat, yaitu 15,1 detik.

Setelah itu, pengetesan dilakukan pada kecepatan 40 hingga 80 km/jam. Pada kecepatan ini, Avanza manual mendapatkan angka 5,6 detik. Angka ini jauh lebih cepat ketimbang varian matiknya yang hanya berhasil meraih angka 6,2 detik.

Baca Juga: Biaya Perbaikan Kaki-Kaki Mobil Avanza Bekas Resmi dan Umum

Pengujian selanjutnya dilakukan pada kecepatan 0 hingga 402 meter. Pada kecepatan ini, Avanza bekas manual masih lebih unggul dengan mencatatkan angka 18,8 detik. Sedangkan untuk model matiknya hanya berhasil mencatatkan angka 19,5 detik saja.

Lalu bagaimana dengan tingkat konsumsi bahan bakarnya?

Untuk tingkat konsumsi bahan bakarnya, Avanza manual mempunyai tingkat konsumsi paling irit dengan mencatatkan angka 10,5 Km/liter, dibandingkan dengan Avanza bekas matik yang mencatatkan angka 9,8 km/liter untuk pemakaian dalam kota.

Namun untuk pemakaian luar kota, Avanza bekas matik jauh lebih unggul dengan meraih angka 12,3 km/liter, sedangkan untuk manualnya berada di angka 11,5 km/liter saja.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Nissan Terrano, SUV Bekas Nan Tangguh Dibanderol Mulai Rp80 Juta

OTOmart – Ketika pertama kali meluncur pada tahun 1995 lalu, Nissan Terrano langsung membuat...

Kaca Depan Mobil Anda Mengalami Baret? Ternyata Ini Penyebabnya!

OTOmart – Ketika musim hujan tiba, visibilitas kaca depan mobil sangatlah penting untuk dapat...

Ignis Facelift Meluncur Di India, Ini Spesifikasi Lengkapnya

OTOmart – Pada awal tahun 2020 ini, beberapa produsen mobil kenamaan mulai menampilkan produk...

Ertiga GL, Mobil Bekas Suzuki Dengan Interior Termewah!

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Suzuki Ertiga GL bertransmisi manual lansiran tahun 2014...

Daihatsu Rocky Segera Meluncur, Indonesia Belum Bisa Masuk

OTOmart – Pada ajang Tokyo Motor Show (TMS) tahun 2019 lalu, Daihatsu telah membangkitkan...

Seltos X-Line Meluncur Di India, Berikut Spesifikasinya!

OTOmart – KIA Seltos merupakan salah satu dari beberapa mobil terbaru yang meluncur di...