Harga Xpander Naik, Banten Jadi Yang Paling Tinggi Kenaikannya

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
harga xpander
Mitsubishi Xpander

OTOmart – Salah satu kendaraan unggulan Mitsubishi di kelas LMPV dipastikan akan mengalami kenaikan, yaitu Mitsubishi Xpander. Namun kenaikan harga Xpander kali ini terkait dengan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) yang telah disesuaikan mulai dari tanggal 11 Maret 2019. Kenaikan harga berdasarkan BBN ini memang tidak bisa dihindari lagi dan biasanya memang terjadi pada kuartal pertama.

Baca Juga: Penjualan Mobil Avanza Terbaru 2019 Kalah Dari Xpander

“Namun faktor yang paling cepat itu untuk kenaikan harga selain makro ekonomi, nilai tukar dan lain-lainnya, salah satunya adalah mengenai tarif BBN. Pada umumnya memang hal ini terjadi pada kuartal pertama antara bulan Februari hingga Maret, dan itu yang menyebabkan terjadinya penyesuaian harga Xpander yang memang terjadi hampir di setiap daerah karena memang mulai mengeluarkan tarif pajak baru,” ucap Head of Sales Marketing Region 1 MMKSI, Budi Dermawan Daulay, seperti dilansir laman Oto.com.

Menurutnya, dengan terjadinya perubahan pajak tersebut, maka secara otomatis membuat harga jual kendaraan mengalami kenaikan. Karena itulah, pihak MMKSI harus melakukan revisi harga Xpander untuk menyesuaikan tarif pada wilayah edarnya.

Sejumlah wilayah juga sudah menetapkan pajaknya. Bahkan Banten telah menjadi sorotan akan hal ini lantaran kenaikan pajak yang cukup signifikan. Secara otomatis tentu kenaikan harganya menjadi lebih lebih tinggi daripada wilayah lainnya. Meski begitu, pajak BBNKB di wilayah Banten juga mengalami kenaikan sebesar 12,5 persen dari tahun sebelumnya.

“Kami telah mencoba menghitung per wilayah, kebetulan yang cukup besar kenaikan pajaknya itu di wilayah Banten. Untuk Jakarta mungkin saja tidak terlalu besar, padahal mulai dari awalnya 10 persen menjadi 12,5 persen,” terangnya lagi.

Budi pun mengatakan jika kenaikan harga Xpander kali ini juga terjadi pada Mitsubishi Pajero, serta pada semua merek yang tentunya juga terkena penyesuaian dari tarif ini.

“Jadi kalau Anda lihat STNK, total angka kenaikannya itu dikali 25 persen. Jadi besaran 12,5 persen itu sama dengan naik 25 persen dari nilai yang terdapat di STNK. Nah, kalau di STNK BBN besarannya 10 juta, maka naik 2,5 juta. Sedangkan kalau besarannya 20 juta, maka naik jadi 5 juta. Hal ini juga berlaku semua untuk semua brand,” ucap Budi lagi.

Menanggapi hal ini, direktur PT Srikandi Diamond Motors, Osman, tidak terlalu khawatir mengenai kenaikan harga Xpander dan Pajero. Walau begitu, dirinya mengakui jika kondisi ini dapat mempengaruhi penjualan. Dirinya pun optimis kalau konsumen dapat mengerti mengenai kenaikan harga yang terjadi akibat naiknya tarif pajak dari pemerintah.

Baca Juga: Di Pasar Mobil Bekas, Harga Jual Avanza-Xenia Dikalahkan Xpander

“Pada setiap awal tahun kami selalu mengatakan kepada para konsumen jika biaya BBN tidak mengikat. Beberapa konsumen kami ada yang mengerti dan sebagian lain belum kami berikan penjelasan. Berikut STNK yang 2018 itu berapa pajaknya, 2019 berapa dan itu masuknya ke kas negara. Dimana dengan hal itu konsumen dapat memahami dan memakluminya,” terang Osman.

Pada awal tahun ini saja, Mitsubishi telah dapat mengerek harga Xpander dan Pajero Sport. Alasannya berasal dari banyak faktor, seperti ongkos produksi, belum kena pajak BBNKB. Sedangkan untuk Pajero Sport angka kenaikannya di awal tahun sekitar Rp 5 juta, sedangkan untuk Xpander sekitar Rp 2 jutaan.

Jika Anda ingin mencari mobil bekas berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau, maka Otomart siap membantu Anda mewujudkan impian Anda tersebut. Selain itu, Otomart juga menyediakan kredit mobil bekas demi membantu Anda mendapatkan kendaraan yang selalu Anda impikan. Segera kunjungi Otomart.id sekarang juga!

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sambut HUT RI Ke-74, Auto2000 Gelar Promo Mobil Toyota

OTOmart – Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Auto2000 yang merupakan diler resmi untuk...

Aplikasi e-Uji Emisi, Tampilkan Lokasi Resmi Uji Emisi Kendaraan

OTOmart – Setelah mengeluarkan instruksi gubernur beberapa hari yang lalu mengenai uji emisi kendaraan...

Mau Lulus Uji Emisi Kendaraan? Coba Lakukan Tips Ini

OTOmart – Setelah DKI Jakarta masuk ke dalam kota dengan kualitas udara terburuk di...

Auto2000 Usulkan Toyota HiAce Jadi Kendaraan Pengganti Angkot

OTOmart – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mulai mensosialisasikan perluasan sistem ganjil genap...

Ini Keuntungan Menggunakan Garansi Mobil Bekas

OTOmart – Hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah mengenai perbedaan antara...

Dalam Proses Pengembangan, Toyota Luncurkan Innova Hybrid 2021

OTOmart – Kijang Innova merupakan salah satu kendaraan unggulan Toyota berjenis medium MPV yang...